2 Mar 2016

Money Manager, Solusi Pencatat Aktivitas Keuangan di Smartphone


"Mencatat pengeluaran? Ih.. Males banget. Kan capek..repot"

Begitu kata teman saya saat mengetahui saya mencatat segala aktivitas keuangan saya, uang masuk dari mana, berapa, tunai atau langsung masuk ke rekening, pengeluaran tanggal sekian berapa, beli apa saja, bayarnya tunai atau transfer via ATM... Ribet ya? Mudah kok.. itu hanya perasaan kita saja.^^

Beberapa tahun sebelum kemunculan Android, saya buat formatnya di excel lho.. sekarang saya sangat terbantu dengan adanya aplikasi Money Manager di Android. Yuk coba simak dulu, teman-teman yang mungkin kurang tertarik bisa tertarik menggunakan aplikasi dari Realbyte Inc. ini.


Kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini banyak sekali, garis besarnya antara lain:

1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran
Ini basic banget ya, tapi adanya kebebasan untuk menambahkan kategori/nama pada setiap pengeluaran dan pemasukan kita benar-benar membantu. Misalnya nih ya.. Hari ini beli cemilan, kita bisa buat kategorinya, kemudian agar lebih jelas bisa menambahkan nama cemilan tersebut di catatannya.
Tampilan input pemasukan dan pilihan kategorinya


Tampilan input pengeluaran dan pilihan kategorinya

2. Kemudahan Membuat Perencanaan Pengeluaran 
Di aplikasi ini, kita bisa membuat batasan biaya per kategori. Misalnya, kita membatasi dalam sebulan kita hanya boleh mengeluarkan biaya untuk pakaian maksimal Rp. 500.000, maka akan ada tabel di kolom "total" yang akan mengkalkulasi secara otomatis, sudah berapa uang yang kita pakai untuk membeli pakaian dan tinggal berapa uang yang tersedia.

Untuk orang yang boros ini akan bermanfaat membantu mengawasi keuangan, tentunya terlebih dahulu harus dimulai dengan kedisiplinan dan kejujuran kita dalam mengisinya.

3. Kemudahan Membaca Hasil Input.
Ribet membaca pengeluaran per hari? Bisa buka diagram saja agar lebih mudah, memantau keuangan dalam tampilan diagram jelas lebih mengasyikkan, karena kita bisa melihat pengeluaran per kategori. Tampilannya juga bisa diatur sesuai waktu, mau mingguan, bulanan atau tahunan. You choose it! ^^
Tampilan pemasukan/pengeluaran secara haria
Bisa ditambahkan info juga misalnya uang Rp.150.000 itu diberikan ke siapa

 Tampilan Pengeluaran Secara Bulanan

4. Kemudahan Pengaturan.

Di pengaturan, pengguna diberikan banyak pilihan untuk bisa melakukan konfigurasi, menambahkan akun, passcode, melakukan back up/restore (saya sudah mencobanya dan caranya sangat mudah) dan bisa memilih ingin menggunakan warna apa untuk aplikasi ini, tadinya aplikasi ini monoton sekali dengan warna coklat, tapi akhirnya ada tambahan pilihan untuk menyesuaikan sesuai warna kesukaan penggunanya. 

Sukanya warna apa?

Karena kita sama-sama tahu urusan keuangan adalah urusan rahasia, maka jangan takut dengan rahasia keuangan yang mungkin bisa dilihat oleh tangan-tangan jahil. Kita bisa mengaktifkan fitur passcode yang tersedia.

5. Kemudahan Pencarian Ulang Hasil Input
Untuk yang pelupa seperti saya, aplikasi ini tidak hanya membantu saya dalam menyembunyikan mengurangi sifat pelupa saya, harga barang kemarin berapa ya? Belinya tanggal berapa ya? Uang yang dipinjam orang itu sudah dibayar belum ya? Catering kemarin sudah saya bayar belum ya? Kembalian temen yang Rp. 3.000 kemarin sudah saya kasih belum ya? Eh.. di supermarket A barang itu harganya sekian, di supermarket B kemarin harganya berapa ya? Semua bisa terjawab selama kita disiplin mengisinya.

Apalagi untuk pegawai yang harus mengisi LKHAN atau laporan-laporan keuangan lainnya, benar-benar membantu! 

Nilai plus
-Untuk aplikasi gratisan, fiturnya banyak sekali.
-Upgrade bisa dilakukan tidak hanya dengan membayar aplikasi premium tapi juga bisa dengan merekomendasikan aplikasi kepada orang lain.

Nilai minus
-Iklan *pastinya, walaupun tidak begitu mengganggu*
-Tidak ada notifikasi untuk pengaturan keuangan yang sudah mendekati/melampaui batas.

Jadi, berapa nilai yang akan saya berikan? 5 bintang!

Try it..and you'll love it!^^

NB: Input kode 6CBCFA4A0 jika kalian merasa terbantu dengan artikel ini ya teman-teman.. Memasukkan kode itu akan memberi tambahan 1 poin untuk saya dan otomatis 1 poin juga untuk yang memasukkan kode.

Caranya: Buka menu Setting , pilih promote, kemudian klik Code Reg. Di sudut kanan atas lalu masukkan kode diatas. Thank you in advance!^^

39 comments:

  1. praktis ya, semua tercatat jadi lebih teratur

    ReplyDelete
  2. jadi dengan menggunakan aplikasi money manager kita jadi bisa mendeteksi setiap kegiatankeuangan lewat android ya, boleh dicobakan nih, agar keuangan perusahaan jadi lebih dapat terkontrol...langsung di tes ah

    ReplyDelete
  3. Boleh nih dicoba aplikasinya. Kemaren pake aplikasi gratisan lainnya. Iklannya cukup mengganggu.

    ReplyDelete
  4. enak kalok ada aplikasi begini y mbk ir, kalau pakek keetas mah suka ilang2 soalnya, hehe, tengs infonya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. salah satu kemudahan dari kemajuan teknologi nih ^^

      Delete
  5. Pengen coba ah, tapi kadang-kadang suka lupa ngisi, trus jadi males deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah semua kok itu.. yang penting niat dulu.. :)

      Delete
  6. saya juga membuat tabel excel untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran di komputer kantor, tapi kadang suka lupa mencatatnya,apalagi kalo beberapa hari gak masuk kantor pasti gak bakalan tercatat semuapengeluaran dan pemasukan :(

    sepertinya aplikasi ini cukup membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. ini solusinya.. you bring it everywhere...^^

      Delete
  7. aku ada liat di tv nih money manager.. ntar mau nyobain..

    ReplyDelete
  8. Solusi terbaik buat saya. Tapi syang hp sy bukan andro

    ReplyDelete
  9. Dulu sy jg pake excl, modelnya seperti laporan petty cash kantor *saat itu*, cuma bertahan beberapa saat, setelah itu Wassalam, sdh ketebakmi pasti jawabannya adalaaahh, maalaaas. Hahhaah #banggapula :p

    Truuus, setelah nikah malah balik catatnya manual di buku kas gtu, eehh lagi2 kumat (malasnya), jadilah pusing juga klo dompet menipis sementara tgl gajian pak Suami masih butuh brapa hari lagi, wkwkkwk

    Siiips, nanti mau coba ini ahh.. semoga kali ini konsisten.

    ReplyDelete
  10. salam kenal mbak,
    Terima kasih infonya, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik...
      My pleasure Mbak, terima kasih sudah membaca :)

      Delete
  11. Aaaaaak kebetulan banget ini mbak aku lagi puyeng sama pengeluaranku yang lebih besar pasak daripada tiang hiks hiks harus mulai ngatur nih ngawasin pengeluaran supaya nggak membengkak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dipakai... lama-lama membantu lebih bayak dari sekedar urusan lebih besar pasak daripada tiang :)

      Delete
  12. makasih banget infonya mbak, saya suka ga sadar nih duit tiba2 abis hehe

    ReplyDelete
  13. cocok banget nih buat pencatatan bisnis online. secara transaksinya banyak, tapi harganya murah2. jadi, perlu tools buat pencatatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh.. masalah keuangan itu penting banget, apalagi sudah berurusan dengan bisnis.

      Delete
  14. Udah saya masukkan code reg nya mbak. Kok malah saya dapat 1 poin?
    Anyway saya coba ah app nya. Dari reviewnya sih bagua. Dari kemarin sy cari2 app nyatet keuangan. Ga nemu cocok. Ini mudah kayaknya. Makasih ya.
    Ditunggu mampir di blogku ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh.. poinnya dari Mba Heni? Terima kasih ya.. mungkin poinnya itu berupa feedback, semacam 1 gratis 1 gitu.. hehe

      Semoga cocok ya...
      Segera saya BW balik ^^

      Delete
  15. Aaaa... saya juga suka banget dengan adanya smartphone, ngatur keuangan jadi lebih mudah :)) (udah kayak iklan banget). Biarpun dengan kemudahan, masih juga suka males. Emang yang utama itu disiplin, ya.

    Kalau saya pakai Monefy. Tapi intinya sama, memudahkan kita untuk mencatat keuangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah pakai monefy juga, tapi sregnya sama yang ini... apapun namanya tujuan aplikasi-aplikasi ini sebenarnya sama, pilihan di tangan kita.. yang penting catet! Hehe..

      Delete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya.

Untuk teman-teman yang mencari kontak saya tapi membaca melalui HP, silakan klik versi website, bisa dilihat laman kontak, atau menghubungi melalui sosial media yang tertera di sebelah kanan tampilan blog.

Jangan lupa difollow yaa.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...