21 Dec 2017

Kala Hujan, Yuk Masak Opor Ayam Spesial Menggunakan Sasa Santan Kelapa

Mendengar kata opor ayam pasti sudah tak asing lagi. Seketika otak kita langsung membayangkan betapa lezatnya menu olahan satu ini. Wahh perut jadi terasa lapar dan langsung keroncongan kan. Bayangkan gurihnya betapa gurihnya daging ayam kampung bersama kuahnya yang kental dan kaya akan rempah. Pasti nikmat sekali jika di santap dengan nasi putih yang masih panas. Hmmm yummyyy.


Namun banyak yang malas memasak menu satu ini, karena terkesan ribet dan memakan waktu lama. Salah satunya karena masakan ini membutuhkan waktu yang lama dalam membuatnya. Belum lagi santan yang harus disiapkan. Pastilah sangat ribet. tapi tenang saja, kali ini kita akan menggunakan Sasa santan kelapa yang memiliki kualitas sama dengan santan kelapa yang baru diperas.

Apalagi Sasa Santan Kelapa adalah santan instan yang diolah dan kemas dengan teknologi modern, sehingga menghasilkan santan yang sudah matang dan siap pakai. Jadi tidak akan membuat ibu merasa repot. Soal rasa juga jangan khawatir, pasalnya Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diparut.

Jadi, bisa dipastikan bahwa Sasa Santan Kelapa sangat cocok untuk semua masakan, baik minuman maupun makanan. Apalagi ia juga tanpa pengawet lho. So pasti sehat untuk memasak resep buat opor ayam spesial. Dengan begini, sebenarnya membuat opor ayam spesial gak ribet kan. Apalagi pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memasak opor ayam spesial yang gak ribet lagi karena kelapanya sudah diganti  dengan Sasa Santan Kelapa. ;)

Bagaimana, penasaran?

Oke langsung saja, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan bahan dan bumbunya terlebih dahulu.

Bahan- bahan yang perlu kita siapkan terdiri dari:
1. 4 sdm minyak goreng.
2. 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja, lalu memarkan.
3. 5 lembar daun jeruk purut.
4. 5 lembar daun salam.
5. 2 ekor ayam buras, potong masing-masing menjadi 4 bagian.
6. ½ butir kelapa, parut, kemudian peras santannya menjadi 250 ml santan kental.


Kemudian untuk bumbu yang perlu kita siapkan adalah
- 3 sdt ketumbar butir lalu sangrai
- ½ sdt jintan lalu sangrai
- 2 sdt merica butir
- 6 butir kemiri lalu goreng
- 3 cm kencur
- 3 cm lengkuas
- 100 gram bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 sdt garam
- 2 sdm gula merah sisir

Nah setelah semua bahan dan bumbu siap, kini tiba saatnya kita mulai memasak opor ayam spesial. Here we go..

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk dan daun salam. Aduk hingga tercium aroma harum
2. Kemudian masukkan potongan ayam. Aduk hingga ayam menjadi kaku
3. Setelah itu, masukkan santan encer. Masak diatas api sedang hingga mendidih dan ayam menjadi empuk
4. Terakhir tambahkan sisa santan tadi. Aduk sesekali hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga santan mengeluarkan minyak. Dan opor ayam siap dihidangkan bersama nasi hangat.

Sumber: pixabay.com

Bagaimana masih mau mengatakan kalau memasak opor ayam itu ribet dan membutuhkan waktu lama? Tentunya tidak yess.. Apalagi ketika masakan kita mempunyai cita rasa yang lezat, sehingga semua lelah ketika memasak terbayar sudah.

Nah, itulah resep memasak opor ayam spesial yang dapat kita coba di rumah. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, saat memasak, kreasikan resep masakan yang menggunakan santan dengan sasa santan kelapa. Karena Sasa Santan, Aslinya Santan. :)

2 comments:

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...