11 Apr 2016

Saat Mama Tidak Berada di Rumah

Anak,  kalau ditinggal ke luar kota oleh orang tuanya, kemungkinannya hanya 2; merasa senang karena bebas atau sedih karena kangen/harus menghandle pekerjaan rumah, terutama saat yang pergi adalah Mama.

Yang terakhir itulah yang terjadi kepada saya, dan entah kenapa, Mama selalu ke luar kota saat saya juga sedang sibuk, lebih sibuk dari jam kantor biasanya, misalnya ada pelatihan, entah jadi peserta atau panitia, atau ada pekerjaan kantor yang butuh lembur walaupun seharian sudah capek coba diselesaikan.


Semua mungkin akan mudah untuk saya handle, jika selera makan Bapak dan kedua adik saya sama, tapi selera makan Bapak dan adik, terutama adik bungsu saya sangat jauh berbeda. Untunya adik pertama saya masih satu selera dengan saya, gak pilih-pilih, asal jangan yang pahit aja. :D

Jenis makanan kesukaan Bapak adalah makanan rumahan, amat sangat jarang makan di luar rumah (kecuali ada acara kantor atau keluarga), karenanya saat jam istrahat kantor, Bapak selalu pulang untuk makan siang di rumah.

Makanan bapak kalau bukan ikan parende, ikan bakar atau ikan tumis, all about fish, but don't fry or cook it in a strange way.. Untuk sayur bapak suka sayur bening, menjauhi yang bersantan dan bertoleransi pada sayur tumis. Bapak juga suka makan buah-buahan.

Sedangkan jenis makanan kesukaan adik bungsu saya adalah jenis makanan kekinian, mayoritas junk food, sesekali tempe, seringkali mi instan. Untuk sayurpun tertentu dan makannya hanya sedikit, kalau bukan cah kangkung, sayur daun singkong, ya sawi putih tumis saos tiram. Amat jarang mengkonsumsi buah-buahan. Sehat sekali... *fiuhhh
Saya bisa saja cuek terhadap makanan dan urusan gizi mereka, tapi... saya juga punya harga diri.. gak mau dong rumah jadi jomplang banget bedanya saat Mama sedang tidak berada di rumah, kasihan juga kalau adik harus terus-terusan makan makanan yang kurang sehat seperti itu. Terlebih bapak yang sudah amat aware dengan urusan kolesterol dan asam urat.

Hasil olahraga sebelum jam 7 pagi. LOL

Jadilah saya rempong menjelang ke kantor, beruntungnya Kendari ini gak pakai macet, jarak 10 Km bisa ditempuh dalam 15 menit. Jadi saya akan memasak 2 jenis sayur dan lauk, dibawah komando saya adik-adik bisa diajak kerja sama untuk mengurus harta mama (menyiram bunga dan memberi makan ikan), sesekali membuang sampah dan menyapu.

Sstt.. kenapa saya bilang komando? Kalau Mama atau bapak yang nyuruh mereka gak bergeming.. Jadi kedua adik saya ini kalau saya yang memberikan instruksi kebanyakan akan dilaksanakan, walau kadang sambil menggerutu, biarin, yang penting kerjaan saya berkurang. Bhahah...

Jadi kesimpulannya, saya rempong saat Mama sedang tidak di rumah, entah apa sebutannya, merempongkan diri? Haha.. No, i just care to them that much.. just try to be exactly like my responsible Mom. Itung-itung latihan rempong buat keluarga sendiri nanti kan ya..

Oh ya, satu lagi, adik-adik saya jadi rajin, sebutlah saya juga begitu... hihi..
Ternyata bukan hanya anak kecil saja yang tingkahnya berbeda jika ditinggal Emaknya, yang sudah dewasa seperti kamipun juga begitu, lebih mandiri saat tidak ada Mama.. :D

10 comments:

  1. Saya uda ditinggal mamah selamanya dan bener mba menjadi mandiri sendiri hehehe

    ReplyDelete
  2. Banyak macemnya yaaa masaknya, hehee
    Iyah bpk ku jg sukanya sayur bening. Ayam aj maunya ayam kampung mba, dr jaman muda bgituu..

    ReplyDelete
  3. Hmm memang sedih dan susah ya mbak apabila ditidak ada mamah dirumah rasanya capek karena tidak ada yang masakin.

    ReplyDelete
  4. kalo mama gak di rumah memang repot say, tapi dinikmati saja hitung-hitung melatih diri untuk jadi ibu dikemudian hari :D

    wihh, jam 7 pagi sudah siap semua itu masakan, kalo kalo saya kayaknya gak bisa ye soalnya lama kalo saya memasak..

    ReplyDelete
  5. rajin euy, sebelum ngantor udah masak. sekalian bawa bekal buat di kantor?
    saya sih belum pernah ngalamin mesti ngurusin makan orang rumah. kalo di rumah taunya cuma makan, hehehe.

    ReplyDelete
  6. Irly jago banget masak, sebelum jam 7 udah jadi 2 lauk dan sayur.. mulai dr jam berapa tuh, ir? Klo saya, aduh, paling malas belanja dan masak. Mungkin krn selama ini kakak yg handle urusan masak, jd malas banget klo disuruh masak. Mendingan beberes rumah, hehe. Eh tapi dulu waktu merantau mau nggak mau masak sendiri juga sih. Situasi memang bisa mengubah seseorang ya...

    ReplyDelete
  7. jadi biar sering2 ibunay pergi ya, jadi anak2nya pada kerja semua

    ReplyDelete
  8. Eehh btw, coba aja dulu saya itu masak parende dankkk *seriuuusssmelapartengahmalam

    ReplyDelete
  9. rajin,kerjasama antar anggota keluarga terjalin ketika ibu tidak ada haha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya.

Untuk teman-teman yang mencari kontak saya tapi membaca melalui HP, silakan klik versi website, bisa dilihat laman kontak, atau menghubungi melalui sosial media yang tertera di sebelah kanan tampilan blog.

Jangan lupa difollow yaa.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...