8 Feb 2017

Membuat Meja Sederhana Menggunakan Besi Siku

Halo.. Rabu Review kali ini bahasannya mengingatkan kemandirian jaman masih jadi anak kost dulu. Kalau bukan karena tuntutan kebutuhan didorong oleh kurangnya biaya, biasanya kita akan malas berbuat ini-itu. Tapi, kalau sudah butuh, dana mepetpun akan diusahakan. Bahkan untuk menghemat biaya tukangpun yang diinginkan bisa dikerjakan sendiri.

Kali ini kerjaannya lebih ke kerjaan cowok sih, bisa untuk menghemat uang pembelian meja. Kalau jago juga bisa jadi tukang aja.. #Eh.. LOL.

Yaudah sih, simak langkah-langkahnya ya..

Besi siku merupakan material yang paling banyak digunakan untuk keperluan-keperluan konstruksi. Hal ini dikarenakan harga jual besi siku relatif murah. Besi siku sendiri sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai benda, salah satunya meja.


Selain harga jual besi siku yang relatif murah, besi siku juga terkenal kuat dan tahan lama. Sehingga Besi siku dapat digunakan untuk membuat kerangka meja. Apa saja perlatan dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat meja dengan besi siku, berikut penjelasannya.

Peralatan dan Bahan
1.  Besi siku berukuran 40 mm x 40 mm dengan panjang 3 meter perbatangnya.
2. Triplek tebal dengan ukuran 12 mm
3. Tacon Sheet dengan ketebalan 0,3 (opsional, disarankan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.
4. Lem Fox Cair atau Lem Kuning (1 kg cukup / meja)
5. Baut Tambahan (biasanya 1 meja membutuhkan sekitar 50 baut)

Cara Pembuatan
Adapun langkah - langkah membuat meja menggunakan besi siku diantaranya :
1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mendesain dulu ukuran meja yang ingin dibuat. Misalnya meja dengan panjang 1 meter, lebar 0,5 meter, dan tinggi 0,75 meter. Dengan ukuran tersebut, maka dibutuhkan
- 4 potongan besi berukuran 75 cm
- 4 potongan besi berukuran 90 cm
- 4 potongan besi berukuran 40 cm
Jangan lupa untuk menghaluskan bagian ujung dari besi siku. Berhati-hatilah juga saat melakukan proses pemotongan. Terlebih saat menggunakan gerinda.


2.  Setelah memotong besi siku sebagai
kerangka, potong juga triplek dengan ukuran :
- 1 meter x 0,5 meter     1 lembar
- 0,7 meter x 0,4 meter     2 lembar
- 0,9 meter x 0,7 meter     1 lembar
Triplek ini nantinya dipakai sebagai penutup kerangka. Berhati - hatilah juga saat memotong tripek.


3. Setelah besi siku dan triplek di potong, selanjutnya rangkai besi siku, sesuai dengan rangkaian yang di gambar sebelumnya. Gunakan plat siku untuk mengunci kuat bagian - bagian sambungannya. Hal ini berfungsi agar rangka meja menjadi lebih kuat.


 4. Setelah dirangkai, pasang dan bautkan juga tripel yang berukuran 1 meter x 0,5 meter pada bagian atas rangka. Bagian ini yang nantinya menjadi tempat untuk menaruh barang.


5. Setelah triplek terpasang, tempelkan Tacon Sheet ke permukaan triplek dan  Tacon Edging pada bagian samping triplek untuk menghindari sudut-sudut tajam dan berbahaya. Tempelkan keduanya dengan menggunakan lem fox cair. Caranya beri lem pada kedua sisi, sisi Tacon sheet dan meja, dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah di diamkan selama 5 menit, kemudian tempel.


6. Selanjutnya pasang juga triplek-triplek lainya pada bagian kiri dan kanan untuk menutup sisi yang lubang. Setelah semuanya dipasang, meja siap digunakan.


Dalam pembuatan meja ini, semakin baik kualitas besi siku yang dipakai, maka semakin kuat juga meja tersebut. Pilihlah besi siku yang tidak hanya memiliki harga jual besi siku murah, namun pastikan kualitasnya juga baik.

Gimana? Tertarik untuk praktek? Saya pengen juga nih kalau bahannya sudah tersedia di depan mata semua. Menantang diri sendiri *Calon Tukang :D

12 comments:

  1. ckckckck, ngerinya ini tukang pwa! saya kalo buat beginian, menyerah duluan mhe :(

    ReplyDelete
  2. Kayaknya koq gmpang ya mbk, tinggal rakit2 gt, jadi deh, tp gk tau deh kalok dipraktekin, hehe, makasih loh sharenya mbk, buat referensi nih kalok pgn punya meja, :)

    ReplyDelete
  3. mba irlyyy,,beneran ini bikin sendiri mba? eh kok benerankeren yaaa,,,coba ah nanti aku bikin yg sejenis ini

    ReplyDelete
  4. dulu alm.ayah sering bikin lemari rak dan meja pakai besi siku spt ini juga lho mbak, terlihat mudah dan awet dibanding kayu yg gampang kena rayap

    ReplyDelete
  5. Wah tutorialnya bisa banget ni buat modif modif meja sendiri, thx for share kak ir

    ReplyDelete
  6. Perlu banget dicoba nih, kalau aku rencananya buat naruh buku-buku yang udah berantakan abis..

    ReplyDelete
  7. wah perlu dicoba nih. terimakasih tutorialnya sangat jelas

    ReplyDelete
  8. Ih, waw bagus banget mbak jadinya. Warnanya itu lho pas banget

    ReplyDelete
  9. Wuaaa... keren banget. Saya paling nggak telaten bikin beginian. Asyik juga untuk pepotoan produk atau makanan ini :D

    ReplyDelete
  10. Wuhhaaa kayaknya gampang banget deh. COba dulu deh, mudah-mudaha saya berhasil. Lumayan, menghemat anggaran rumah tangga :)

    ReplyDelete
  11. keliatannya mudah, tapi gak tau dah kalau udah praktenya. wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Tutorialnya lengkap dan jelas,
    Makasih banyak mbak,
    Izin mempraktekkan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya.

Untuk teman-teman yang mencari kontak saya tapi membaca melalui HP, silakan klik versi website, bisa dilihat laman kontak, atau menghubungi melalui sosial media yang tertera di sebelah kanan tampilan blog.

Jangan lupa difollow yaa.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...