30 May 2018

Mau Mudik? Perhatikan Ini Sebelum Mudik Lebaran Ya!

Hari raya idul fitri sebentar lagi akan tiba, berbeda dengan cuti bersama tahun lalu, tahun ini cuti bersama yang diberikan kepada pegawai/karyawan relatif lebih menguntungkan.

Bagi teman-teman yang hendak melaksanakan mudik, jauh ataupun dekat, sendiri ataupun bersama keluarga, banyak hal yang harus diperhatikan demi kelancaran mudik.

Untuk itu saya ingin berbagi beberapa tip berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama ini. Mungkin saja sama dengan tip dari teman-teman bloger lainnya, tapi semoga saja ada informasi baru yang bisa saya berikan, minimal jadi pengingat untuk teman-teman yang akan mudik.


1. Pastikan jumlah hari libur mudik
Bagi para pencari nafkah di luar kota, hal ini sangat penting. Karena, selain memanfaatkan libur dari cuti bersama, harus ada "strategi" untuk memanfaatkan cuti bersama yang diperoleh dari kantor, apalagi yang harus menempuh perjalanan sangat jauh, selain menguras waktu juga akan menguras isi dompet. Kita tidak sedang bercerita tentang uang ya, tidak ada yang mengalahkan nikmatnya berkumpul dengan keluarga terlebih bagi perantau. Maka, "strategi" memaksimalkan libur sangatlah penting.

Baca juga: Cerita Lebaran 1438 Hijriah

2. Waktu
Setelah mendapat kepastian jumlah libur untuk mudik, waktu menjadi faktor yang sangat besar pengaruhnya dalam mewujudkan mudik yang efektif dan efisien. Apaan coba? Sisihkan waktu untuk membeli tiket jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

Untuk daerah Sulawesi Tenggara, mungkin tiket kapal laut tidak dapat dibeli jauh hari seperti tiket pesawat, akan tetapi membeli tiket kapal cepat sehari sebelum keberangkatan perlu dilakukan untuk mencegah membludaknya penumpang sehingga sangat besar kemungkinan sepanjang perjalanan pemudik yang tidak mempunyai rencana yang baik akan tersiksa karena harus berdiri sepanjang pelayaran. Dan percayalah, capek! *pengalaman pribadi nih.. Haha

Sedangkan untuk yang mudik menggunakan pesawat udara, ada keuntungan yang bisa diperoleh, yaitu fleksibilitas waktu yang dimiliki untuk memesan tiket jauh hari sebelumnya. Apalagi tiket bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Yang juga sering menjadi perbincangan adalah begitu cepatnya tiket kereta api habis. Booking tiket kereta api juga harus dilakukan sesegera mungkin. Karena sependek pengetahuan saya, tiket kereta api ini termasuk yang sangat diperebutkan oleh pemudik.

Jadi, jangan menunda, dapatkan tiket sebelum kehabisan. *Duh.. Berasa ngiklan saya.. Haha..

3. Periksa
Tiket sudah ada, tinggal menunggu waktunya mudik. Maka ada beberapa hal yang harus diperiksa sebelum mudik, antara lain;

- Periksa dengan teliti, tanggal dan waktu keberangkatan. Tidak jarang, ada pemudik yang harus menjadwalkan ulang bahkan membeli tiket baru untuk keberangkatannya hanya karena salah mengingat tanggal ataupun waktu keberangkatan. Jangan sampai deh ya..

- Periksa keamanan tempat tinggal, terlebih jika tempat tinggal (rumah/kontrakan) ditinggalkan kosong tanpa penghuni atau penjaga. Pastikan api, sambungan listrik, gas atau hal berbahaya lainnya sudah dalam kondisi aman. Selain agar tidak menimbulkan kerugian, dengan melakukan pemeriksaan, perjalanan mudik juga akan lebih nyaman. Jangan lupa menitipkan pesan kepada tetangga yang tidak mudik untuk bantu mengawasi rumah/kontrakan.

- Periksa pulsa dan paket internet.
Hal ini mungkin terdengar remeh, tapi jangan lupa, akan banyak pedagang yang juga menutup usaha penjualan pulsanya karena sibuk mempersiapkan lebaran atau bahkan ikut mudik. Tapi dizaman serba modern seperti ini, saya yakin para pemudik sudah cerdas dan tidak akan bertanya lagi dimana tempat beli pulsa online? Minimal sudah tahu dan punya persiapan paket data yang memadai untuk mengakses dan melakukan transaksi. Kalau zaman dulu jangan ditanya, lumayan susah mencari pulsa disaat para pedagangnya juga libur/mudik. Hihi..

***

Itu tadi beberapat tip dari saya, semoga bisa jadi pengingat bagi teman-teman yang sudah merasakan euforia mudik. Teman-teman mudik tahun ini? Ke mana? Semoga mudiknya aman dan menyenangkan yess.. 😊

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...