21 May 2015

Tentang Komentar, Jawaban dan Blog Walking

Bismillahirrahmanirrahim...

Sore kemarin saya membaca pertanyaan Bunda Yati di grup KEB, sebenarnya itu pertanyaan yang hampir sama dengan yang ada di benak saya dalam dunia blogging, sejak lama (nyari standar dalam dunia blogging ceritanya :D).

Komentar
Komentar sejatinya adalah tanggapan atas atas apa yang telah kita baca, bisa berisi pertanyaan maupun pernyataan. Kenapa harus dibaca dulu? Agar jika mengajukan pertanyaan tidak mengajukan pertanyaan yang sudah ada jawabannya di dalam tulisan, kalau sudah kejadian begitu ya..harap maklum kalau penulisnya (atau bahkan pembaca yang lain) tahu bahwa anda hanya sekedar menaruh komentar saja.

Kemudian untuk komentar berisi pernyataan... membaca terlebih dahulu perlu agar pernyataan yang kita berikan "nyambung" dengan tulisan yang sudah disajikan. Komentar berisi pernyataan cenderung memberi saran, persetujuan bahkan pernyataan keberatan yang menurut saya sah-sah saja selama tidak menjelek-jelekkan sara dan juga tidak mengandung unsur saru (porno).

Pernah komentar tanpa baca artikel sampai tuntas?
Jawabannya pernah (tapi jarang sekali), kalau isinya serius tralala dan panjang trilili.. Umumnya tulisan seperti ini dibagi dalam beberapa bagian, saya baca habis di bagian yang kira-kira saya tertarik dan punya pengalaman di bagian itu.

Pernah jadi silent reader?
Sering, kalau baca berita..hehe..
Tapi kalau misalnya baca artikel punya teman, ga bisa komentar dan punya akses ke medsosnya, saya usahakan untuk kontak, komen di postingan FBnya (Mis: KEB, WB), taruh komentar di situ atau sekedar kasih tahu bahwa saya sudah baca tapi gak bisa meninggalkan komentar (umumnya kompasiana nih.. gak punya akun sih :D). Kenapa perlu? Agar penulisnya tahu kalau misalnya ada masalah di platformnya dan yang paling utama mengapresiasi tulisan teman :)

Jawaban Atas Komentar Yang ditinggalkan
Nah, yang menjadi pertanyaan bunda Yati tuh ini
"Selamat siang MakMinS and EmakS yang ca-em, sekedar bertanya: Seringkali bunda BW ke blog EmakS tapi koq banyak komentar yng gak di response, ya. Emang, gpp? Makasih."

Jawaban saya:

"Saya usahakan selalu balas bunda, masalah mereka akan balik lagi terserah pengunjung, kalau penting dan gak lupa, kemungkinan besar mereka balik lagi. Saya kadang kunjungan ulang untuk sekedar membaca tanggapan penulisnya terhadap komentar saya lho..hihi..

Pengalaman nih bunda, salah 1 tulisan saya direply kayak lagi chatting oleh pengunjung yang bertanya dan saya jawab, dikunjungi berkali-kali tulisan saya itu, bahkan ngasih perkembangan terhadap masalah yang sedang dia hadapi dan saya senang bisa membantu melalui jawaban-jawaban yang saya kasih dan selalu berusaha untuk kunjungan balik^^"

Panjang ya? Saya tambahin aja lagi deh masalah menjawab komentar di blog ini, namanya juga opini ya? Hehe.. Jadi menurut saya komentar juga bisa berupa informasi tambahan yang diberikan oleh pengunjung atau bisa juga berupa informasi atas jawaban pertanyaan yang diajukan, bisa saja ada hal yang terlewat saat kita menulis, saat BW saya seringkali baca komentar dan jawaban penulis artikel, kenapa? Karena informasi yang kita butuhkan kadang ada di komentar dan jawaban dari komentar pengunjung, interaksi antar pengunjung dan penulis juga bisa untuk lihat sedikit karakter penulisnya, suka becandakah? seriuskah? Menurut saya sih^^

Jawaban yang muncul atas pertanyaan bunda Yati tentu beragam, sesuai dengan pengalaman dan opini masing-masing, untuk masalah jawab komentar ini latar belakangnya pasti banyak, mulai dari banyaknya jumlah komentar, kuota, apalagi waktu :)

Blog Walking
Blog Wakling atau yang sering disingkat BW adalah salah satu aktifitas yang ampuh untuk meningkatkan jumlah kunjungan di blog kita, logikanya kita kunjungan ke blog orang dan sebagai balasannya blog kita akan dikunjungi balik, bahasa kerennya silaturrahim... saling bertamu gitu. :D

Walaupun tidak selamanya rumah (blog) kita akan dikunjungi balik, jangan patah semangat..main terus ke rumahnya, kalau yang punya rumah tetap malas kerumah kita tapi lihat dia meninggalkan komentar di rumah teman lain, tetap khuznudzon, berprasangka baik. Mungkin sudah main hanya belum sempat meninggalkan komentar, karna listrik padam misalnya (saya sering begitu, tapi Insya Allah selalu mengusahakan kunjungan balik).

"Tapi kalau tidak dikunjungi balik ada perasaan diabaikan yang muncul, gimana dong?"
Ya sudah.. main aja ke blog lain yang ramah dan ikhlas.. ramah sapa dan ikhlas kuota :D. Alhamdulillah selama ini teman-teman ramah dan ikhlas . Sebaiknya No hurt feeling aja kalo BW, walaupun ga dapat kunjungan balik kan dapat pengetahuan baru, syukur-syukur kalau bisa dapat ide untuk ditulis nanti^^

===
Well, aktifitas berkomentar, menjawab komentar dan Blog Walking adalah hak masing-masing orang, saya share pendapat dan kebiasaan saya saja. Kalau teman-teman bagaimana?

75 comments:

  1. Kalo postinganya greget saya paling suka komentar mba,,.
    Intinya si,, do what you love, love what you do ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... yeslahh.. do what you love, love what you do *jempol

      Delete
  2. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Kalo di postingan aku, aku usahain bales Mak Irly, karena kan ada notif dr email ya. Trus juga berusaha BW ke yg udah komen. Tapi, aku pribadi kalo komen ke blog orang ga suka mikir harus dibales siy hehehe! Kecuali kalo komenku berisi pertanyaan, aku balik lagi next time ke situ.
    Eniwei, nice post sista ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..tengkyuh sista..
      Saya ngeceknya langsung ke blogspot, soalnya malah lebih jarang buka email..hihi

      Delete
  4. kalau saya selalu usahakan kunjungan balik kalau ada komentar tapii klo yg cuma komentar. "thanks infonya gan" "kunjungan balik gan" enggak dikunjung balik hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu.. komentar kayak gitu hampir ada di setiap blog post.. saya juga gak kunjungin balik kalau obat-obatan :D

      Delete
  5. Replies
    1. Sama-sama..artikelnya bagus, sayang kalau gak dikomentari ;)

      Terima kasih sudah berkunjung^^

      Delete
  6. Aku sih ngeblog untuk have fun, dikomentari atau gak, dikunjungi balik atau gak, gak masalah. Soalnya aku sendiri suka random kalau lagi jalan-jalan, hehehe. Btw, aku juga suka baca komentar-komentar dari sebuah blog post, kadang malah nemu blog keren dari kolom komentar itu. Cheers! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mbak Indi, saya suka cari sasaran BW kadang dari komentar juga *Sasaran..kayak begal aja :D

      Delete
  7. Punya blog seperti kita punya rumah di dunia nyata ya, Mbak, bila ada tamu tentu kita sambut dengan baik, bila bertanya ya kita jawab, dan bila ada waktu luang tentu kita akan berkunjung balik. Maka, terjalinlah persahabatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Na'am pak Ustad.. analogi yang pas sekali^^

      Delete
  8. Tergantung juga sih, ada beberapa kriteria yang kebanyakan saya baca semua
    - Isinya bikin penasaran
    - Isinya tentang pembelajaran yang sedang ingin saya pelajari

    Kadang malah baca full, tapi ngga ngasih komentar
    Kadang cuma baca sekilas, tapi ngasih komentar berharap dikunjungi balik :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip.. kalau artikel berita seleksinya umumnya seperti itu, kalau tulisan teman saya usahakan baca sampai habis :)

      Delete
  9. Wii pas banget, aku juga abis nulis ttg BW di blog. ya intinya mah ikhlas aja yaa.. Tujuan BW nya buat silaturahmi, buat seneng2 kita sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah? waah.. Insya Allah secepatnya saya main ke blognya mak Pungki ya^^

      Delete
  10. Buatku sih BW itu penting buat menjalin silaturahim, kalo kita baca postingan temen hanya satu dua kali rasanya susah dpt cemistrinya hahaha... tapi kalo kita sering berkunjung dan membaca secara utuh tulisannya, biasanya kita bisa meraba karakter dan pikiran2 dari temen kita ituhhh... tapi ya kembali ke kita sendiri sih, mau BW atau nggak, tapi kalo ngeblog gak mau BW ya mendingan nulis di buku aja.... Salam dari bukit Ligar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. penulis buku juga masih bikin fanpage sih biasanya buat komunikasi dengan fans^^

      Delete
  11. kalau bewe saya usahakan bewe ke rumah komentator dulu baru ke update blog teman2 yg di dasbor hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak.. utamakan yang sudah duduk di kursi tamu dulu^^

      Delete
  12. Kalau saya jarang mengamati trs baca2 komentar ama jwbn lgsg penulisnya. Kecuali topiknya emg rame/bikin penasaran nih blesan penulisnya baru saya bacain deh ..

    Saya BW sih selain emg pgn ad yg baca blog saya jg suka baca2..apalagi kalau byk wktu luang drpd nonton tv mending BW.

    Kalaupun stlh BW g dpt kunjungan balik ya sdh. Gpp. Hak mereka itu toh kita BW k blognya jg g ad paksaan.

    Cmn alangkah enaknya klw slg BW gtu ya mbak ahahaa :-D

    ReplyDelete
  13. sepakat kak irly....saling berkunjung ke blog kawan blogger menjadikan kita punya pembaca setia hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembaca setia yang saling kenal lebih oke ya?^^

      Delete
  14. emang sih kalau ketika kita posting gak ada yang komen itu rasanya kyk sendirian, tapi not bad kok selama ada yang view hehe..
    dan kalau kita komen di blog orang trus gak dibales dan gak dikunjungi balik rasanya itu gimanaa gitu...tapi ya gpp juga, toh kadangan aku komen emang pengen komen aja tanpa harus si empunya blog wajib bales...yg penting sudah silaturahmi hihi...
    happy blogging mba irly :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. PW semcam kamera CCTV walaupun ga keliahatan jelas siapa yang jadi tamu ya?^^

      Happy Blogging mba Han^^

      Delete
  15. Sebenarnya sih pertanyaannya bunda itu sederhana, apa komen di blog nggak dibalas nggak papa. Dan jawaban sederhananya ya memang nggak papa. Cuman kalau saya pribadi, karena sukaaa banget sama blogger yg ramah, ya saya suka kalau komentar2 di blognya dibalas. Terus terang, suka ilfil kalau liat blogger cuman balas ke orang tertentu, padahal yg lain (sebelum saya) ngasih komen bukan spam (beda kalau nyepam yah). Ada kok yg seperti ini, mbak. Prasangka baik, orangnya sibuk (saya juga kadang kelewatan balas komen), tapi kalau postingannya banyak yg begitu (saya suka ngubek2 blog orang, hehe) ya biasanya saya males balik lagi. Bukan masalah ikhlas nggak ikhlas nih, karena itu nggak bisa diukur. Pertanyaan retorik sederhananya begini, kalau kita suka ada blogger yg balas komen (karena pertanyaan bunda sebenarnya hanya sebatas komen), apakah kemudian yg bilang sebaiknya dibalas dicap nggak ikhlas kalau BW? Duh, miris saya. Bisa2 yg ikutan kontes dicap matre dong, karena tulisannya bukan dari hati, tapi karena pesanan. Padahal kan nggak semua begitu... :(

    Overall, well said, Mbak Irly.. Tulisannya adem. Salam kenal juga yaa.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Wah ini tipe stalker* *benerin posisi duduk* Hehe
      Emang gak enak kalo merasa dibedakan gitu, biar ga ill feel pilih aja tujuan mau bertamu kemana, bukannya menyarankan pilih-pilih, tapi biar luka hati yang ada gak bertambah dalam (drama banget gak sih? :p )

      Terima kasih sudah berkunjung balik^^

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Blogwalking sbnranya nambah wawasan loh kalo menurut saya. Kadang ada yang beberapa hal yang pernah dibahas di blog sendiri tapi dibahas org lain juga, bisa jadi perbandingan mulai dari point of viewnya sampe gaya penulisannya. Seringkali saya meninggalkan jejak komentar yang cukuplah sebenarnya buat dijadikan postingan blog hahahaha.. tapi untuk yang tulisannya kurang menarik bagi saya (bagi saya lohh yahh...), mungkin krn panjangnya kebangetan mau bahas beli cilok di warung sebelah pake nyender di bahu Lee Min Ho dulu atau bakar jagung di puncak gunung misalnya, terus terang saya baca hanya di paragraf awal, satu bagian paragraf tengah dan kesimpulan. Biasanya sih gak pada tahu kalo saya gak baca semuanya karena comment saya cocok-cocok saja dengan tulisannya hahahaha *Maap yahh*
    Ini juga jadi pelajaran banget buat saya dalam menulis, jangan lebih dari 1000 kata. Kasian yang baca.
    *lalu nendang Lee Min Ho karena salah login pake akun buat ngadmin di blog sebelah hahahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah.. yang salah logiiinn :p

      Bener sih.. seperti login akun :p kadang kita tuh gak nyadar udah nulis panjang, kayak postingan saya ini (inipun kayaknya sudah saya diskon 1 paragraf.haha). Baca yang panjang tuh enaknya kalo sekalian disediain camilan dari penulisnya *ini sih gak mungkin banget :D

      Delete
  18. Inilah aktifitas dunia maya para blogger. Silaturahmi dan saling berkomunikasi... Betul...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kita sepaket..eh..sepakat ya? :D

      Terima kasih sudah berkunjung^^

      Delete
  19. setuju, sebaiknya memang no hurt feeling aja kalau gak dapat kunjungan balik atau gak direply. Terus aja blogwalking, nanti juga akan ada yang berkunjung balik, kok :)

    ReplyDelete
  20. Postingan blog saya yang terakhir saya balas komentarnya masih di bulan maret mbak. PR nya masih buanyaak banget. Saya kadang memang suka telat baca komentar. blog walking kadang dari dashboard kadang dari komen. tapi ya itu.. kalo dari komen saya usahakan urut dari postingan sebelumnya. tapi ya masih mandek di bulan maret :))

    setuju mbak. no heart feeling.. enjoy aja yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Take your time aja sih mbak kalau saya.. kan enak kalau postingan dibaca baik-baik trus dikomenin dengan sepenuh hati.. sedep banget ya? hihi^^

      Delete
  21. saya termasuk yg sering telat balas komen mak. kadang dirapel beberapa artikel sekaligus. BW pun masih belum teratur. sesempatnya. paling mudah BW ya ke komunitas.
    ada tuh mak blogger yg rajin berbalas komen macam di facebook. saya jg ada di grup itu tapi ga sehangat mereka kl balas2an komen. biasanya yg pk wordpress tuh mak. saya senang lihat yg hangat begitu. beneran spt keluarga.
    saya ada blog yg rajin saya kunjungi tp ga saya tinggalin komen. lha ga bisa dikomenin karena saya pk hape. itu blog pk wordpress dan udah dot com. ga tau ya dulu juga saya bisa komen di sana tp setelah jd dot com malah buntu. kl mau komen harus ke warnet. padahal yg punya blog rajin komen di blog saya. duh bingung deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..IMHO.. kontak via sosmed aja, beritahukan (sekalian minta maaf) bahwa sebenarnya mbak sering kok main ke blog ybs, hanya terkendala saat hendak meninggalkan komentar, Insya Allah dia akan senang dan sangat memaklumi..oh ya, komennya via sosmed juga bisa kok^^

      Delete
  22. Kalo saya, selalu diusahakan untuk bales komen...meski kalo BW juga dan ninggalin komen kadang nggak dibales. Beda2 sih...cara pandangnya. Kalo saya menyikapi komentator di blog saya ibarat tamu yang sebaiknya di jamu...gitu aja sih..

    ReplyDelete
  23. Nggak jauh beda sih sm dirimu mak irly...
    Bw anggep aja silaturahmi sm berburu ilmu..
    Urusan kunbal itu bonusnya
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..lebih enak lagi kalau ada doorprize ya?*apasih?? hehe

      Delete
  24. Yeee...seneng deh pertanyaan Bunda jadi inspirasi buat Irly untuk bikin postingan. Mudah2an dengan membaca ini sedapat mungkin dan semaksimal mungkin yang kita bisa lakukan, komentar itu ya kita balaslah. Begitchuu...

    ReplyDelete
  25. postingan yang sangat bermanfaat mak...saya sudah lama ngeblog tapi jarang ada yang berkunjung, karena saya ga kontinu dan memang tulisan saya kebanyakan cerita diri dan keluarga (just 4my self) ...tetapi saya tetap suka ngeblog, bahkan buat baru lagi. Jadi kadang saya ngeblog buat kepuasan diri saja.
    Yang mau bertamu monggo klik http://salsa-nely.blogspot.com dan
    https://jendeladuniaku2015.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tujuan dan kepuasan ngeblog orang memang beda-beda, seperti komentar Mas Khairul di atas: "do what you love, love what you do"

      Happy Blogging^^

      Delete
  26. Menurutku BW itu penting banget buat kenalan sama blogger lain + nambah wawasan. Masalah kunbal itu sih untung-untungan. Yang penting ikhlas :)

    ReplyDelete
  27. Kalau saya pribadi, ketika berkunjung ke blog orang lain, sebisa mungkin dan selalu saya usahakan untuk meninggalkan jejak. Entah untuk memberikan apresiasi atas informasi yang telah ia bagikan dalam blognya atau memberikan komentar sesuai dengan isi tulisannya.

    Salam

    ReplyDelete
  28. Kalau aku emang suka BW, terlepas itu mau berkunjung balik atau enggak ya. Aku emang suka baca artikel. Kalau yg mnurutku menarik pasti aku komen dong tapi kalau yg aku gk bisa koment paling jd silent reader doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Onn.. hayuk kita BW sambil ngeteh^^

      Delete
  29. aduh..aduh...gimana ini...
    Aku termasuk yang suka jarang bales komentar di blog...bhuahahaha...
    *tutup muka pake bantal angry bird Fathir*

    Tapi kalo BW mah InsyaAllah selalu bikin kangen, jadi selalu diusahakan untuk dilakukan kalo memang lagi ada waktu.
    *lagi ada waktu dibaca : lagi gak nonton drama hehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih teh, tapi awal BW ke blog teteh kayaknya banyak komen dibalesin, dengan gokil pula, makanya dulu saya suka balik untuk liat teteh komen apa (balesanuntuk orang lain juga saya nikmati).

      Sipp..Teh Erry mah ga diragukan dalam dunia per-BW-an ^^

      Delete
    2. Karena dulu di blog aku ada tombol reply kayak di blogmu ini Lyyy, jadi kalo mau bales komen gampang bisa dari hape...
      Trus kesini2 entah kenapa tombolnya ilang, biasalah detik mah kan suka misterius gitu yah hehehe
      Dan sejak saat itu kalo mau bales komen harus masuk dashboard dari PC, jadi komen nya suka ketumpuk gitu...dan akhirnya bikin males deh...bhahahaha...
      *udah ber argumentasi panjang lebar, ujung2nya tetep males juga sih sebenernya hehe...*

      Delete
    3. Ooh..ternyata gitu, itu juga sih rempongnya kalau harus lewat PC, kalo versi mobile mendukung kan enak buat bales-balesnya ya? Saya juga bakal kerempongan banget kalau harus PC.. Detik..plis dehh.. kamu bukan cowok kan harus misterius-misteriusan gituh?? *Drama Banget

      Delete
  30. Saya cukup sering BW, sebisa mungkin komen untuk postingan yang saya baca meski kadang ada aja yang nggak sampe selesai bacanya.

    niatnya ya memang agar di BW balik, tapi kalo nggak dikujungi balik ya nggak masalah.

    soal jawaban sebisa mungkin aku bales setiap komenan... tjuannya agar blog saya terlihat hidup dengan interaksi antra penulis dan pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)

      oh ya salam kenal...

      baru berkunjung kemari soalnya.

      Delete
    2. Salam kenal balik..

      Iya, semoga bisa lancar saling mengunjunginya ya^^

      Delete
  31. Kadang daku suka nunggu yang komentar banyak, biar sekalian gitu hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..Sama.. Tapi kalau banyak yang komen saya terpaksa kredit eh..nyicil balesnya.. sekalian BW deh^^

      Delete
  32. aku sering BW ke salah satu blog, dan sering ninggalin komen di postingannya, tapi si empunya gak pernah komen di salah satu postinganku, tapi sering liat di komen di postingan blog laen, hehehe ya sudahlah, mungkin beda 'frekuensi' :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeww.. Cita citata ya?Hiks..

      Lupakan yang beda frekuensi..mari kita samakan frekuensi ajah #Eh :D

      Delete
  33. Kalo aku, semua blog yang biasanya kukunjungin ud kumasukin di bloglovin', jadi begitu yang empunya update post dan aku lagi lowong, langsung kubaca. Kalo menarik, aku komen.
    Kalo komen orang di postinganku ya wajib aku BW-in, dong (ini sih aku yang mewajibkan diri, hehehe..). Habis aku BW ke tempatnya, baru aku balas komennya di blog-ku. Sekaligus sebagai penanda sih, jadi kalo tiba-tiba di tengah BW ada kerjaan masuk, aku tau mana yang kemarin udah di-BW in dan mana yang belum. Bisa dilanjut besok. Ya maklum ya pelupa :D
    Aku sedapet mungkin semua komen dibalas, kecuali yang notifnya terlewat, apalagi kalo dia komennya di posting yang udah lama. Aduh, rasanya nyesel gimana gitu kalo ada kejadian gitu. Biasanya langsung BW dan komen balik di sana. Dia udah mau repot ke 'rumah'ku, masa aku nggak mau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh caranya Mbak Della, abis BW n komen dulu baru dibalas komennya sebagai tanda udah di BW-in, saya kadang sekalian gitu, langsung klik blognya yang komen, tapi kadang suka lupa udah apa belum, jadinya main lagi..kalau dapat postinagn baru sih komen lago, tapi kalau post lama jadinya baca-baca komen aja :D


      Bener tuh, komen yang kelewat bikin NZL(sepupunya KZL..hihi..) apalagi kalau dia nanyain info.. *berasa penting ga sih jawabannya?Xixi...

      Delete
  34. Kalo aku Mbak, hampir selalu balas komentar yang masuk ^^ Apalagi kalo yang mengomentari keliatan kalo dia memang baca postingan aku, bukan sekedar nyepam... Kalo BW ke blog serius tapi menarik, aku suka keder Mbak mau komen apa :D takut terlihat bodoh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh..tosss

      Bener tuh, kalo yang serius butuh beberapa kalori buat mikirin komennya.. komentar itu masalah harga diri juga!*Lho??

      Delete
  35. BW itu asik, mengakrabkan kita dengan blogger lain, dapat ilmu, dapat ide baru...:)

    ReplyDelete
  36. termasuk nih, saya berkunjung ke blog mbak, membalas kunjungan mbak ke blog saya.. sesama blogger emang butuh saling berkomunikasi ya mbak, berbagi ilmu dan manfaat. salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess.. bener banget Mbak Eva...

      Salam kenal balik :)

      Delete
  37. keren kak kalo kita blogwalking web jualan saya juga www.jaketmurahbandung.com kebanyakan dari blogwalking, maknyussss...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...