31 Oct 2016

5 Cara (Jadul) Murid Sekolah Membunuh Rasa Bosan Saat Jam Pelajaran Berlangsung

Membaca tulisan Ibu Guru Umi di KEB yang berjudul Membunuh Rasa Bosan, mengingatkan saya pada masa-masa sekolah dulu. Pasalnya ibu guru cerita tentang bosannya ia menunggui murid yang sedang ujian. Wajar kan ya? Gak bisa mainan HP, harus merhatiin murid dan itu berlangsung selama berjam-jam. Ibu guru juga bisa bosan ternyata. Hihi..


Sekarang untuk memberikan tanggapan dalam collaborative writing kali ini, saya ingin bercerita dari sudut pandang murid, bagaimana seorang (biasanya sih komplotan) murid mengusir rasa bosannya di sekolah. Tapi karena yang akan saya ceritakan ini rasa bosan saat jam pelajaran berlangsung, maka sebut saja ini kenakalan remaja. Hanya untuk bernostalgila dan jangan ditiru. Ciyuss!

Banyak hal yang biasanya membuat murid bosan saat jam pelajaran:
  • Cara mengajar guru yang membosankan (maaf ya para pengajar)
Saya sadar sekali bahwa mengajar itu tidak mudah, salah satunya adalah bagaimana seorang guru menjadi guru yang "asik" di mata siswa. Ini penting, karena jika cara mengajarnya dapat diterima oleh siswa, pelajaran sulitpun akan gampang dicerna.

Let me say, pelajaran Kimia di SMA kelas 3 dulu menjadi pelajaran favorit karena cara mengajar gurunya yang menyenangkan, mudah dimengerti. (Ini hasil survey guru Bahasa Inggris di Kelas dulu).

  •  Memang Muridnya yang Gak Bisa Tenang
Oke, murid/siswa yang bosanan memang ada, gak bisa tenang sebagus apapun cara gurunya menjelaskan suatu materi. Gak selamanya semua kesalahan guru.

  •  Muridnya Gak Ngerti
Nah, kalau yang ini, memang ada 2 hal sih penyebabnya, memang dari cara mengajar gurunya atau memang yang disampaikan guru itu sudah mental aja, gak bisa masuk ke otak, blas!

  •  Belajar di Jam Rawan
Pada ngerti kan? Siang-siang, gerah, mengantuk, terus belajarnya misalnya Sejarah, Geografi, Fisika, Matematika atau PPKN (Ya ampun, ketahuan angkatannya kalau nyebut mata pelajaran ini mah, apa kabar yang PMP ya? LOL).

Tidak bisa dipungkiri yang saya sebutkan di atas itu termasuk pelajaran yang gurunya harus punya skill tinggi, bukan hanya mampu transfer ilmu tapi juga menarik perhatian siswa. Gak semua pelajaran membosankan lho ya, ini berdasarkan pengalaman saya saja.

Oke, pembelaan saya sudah banyak, sudah saya sampaikan agar kesannya saya masih anak baik-baik *apa sih* Haha..

Jadi, waktu masih jadi murid sekolah dulu, bosan, ngapain?

1. Berbalas pesan lewat kertas
Ini entah ngomongin guru, rencana saat jam istirahat, rencana saat les, PR, apapun! Demi mengusir rasa bosan. Maklum kan jadul nih ceritanya, belum punya HP, kalaupun ada hanya segelintir saja yang punya. Kenapa berbalas pesan lewat kertas? Biar gak kelihatan lagi ngobrol saat jam pelajaran terus kena tegur guru! :D

Jadi kelihatannya cuma nyatet, kemudian memperhatikan (pandangan ke papan tulis) tapi tangan sibuk ngoper ke teman, teman juga sebaliknya gitu. Iya kalau temannya dekat, kalau jauh colek teman lain dulu buat jadi perantara. Hahah

2. Menggambar/Corat-coret.
Ini biasanya sih aktivitasnya murid cowok nih, gambar apa saja yang ada di pikirannya, yang cewek juga sih. Coba saja cari di buku catatan, di halaman belakang, atau tengah itu biasanya ada hasil menggambar atau sekedar coretan abstrak hasil kebosanan. :D

3. Izin Keluar Kelas
Ini kelakuan saya waktu kelas 1 SMA, saat masih "girly-girly-nya". Jadi.. saya izin keluar kelas, jajan di kantin, kalau lagi usil bawa minuman dingin, trus pamerin ke teman-teman di dalam kelas. Saya duduk di taman depan kelas, cari spot yang terlihat oleh teman-teman tapi tidak terlihat oleh guru. Iya, saya provokator. Bikin teman-teman gak konsen belajar. Setelah beberapa menit masuk kelas senyum-senyum, udah fresh lagi, sementara teman-teman udah pengen nampol pakai benda apapun yang ada di depan mereka. *Tutup muka*

4. Usilin Teman
Entah nyembunyiin alat tulis, dorong-dorong kursi atau ngagetin teman. Apa saja yang bisa membuat saya/teman-teman lain tertawa cekikikan. Prinsipnya "Daripada tidur di kelas?!".

5. Main game
Hayoo main game apa? Masih ada gak sih yang bawa tetris ke sekolahan jaman SMA dulu? Kalau saya sih ingatnya 2 permainan saja. Main perang-perangan atau main catur! Girly banget yah mainan saya? Haha..

Jadi kalau main perang-perangan itu mainnya pakai kertas, gambar orang-orangan dan saling bom juga lewat gambar. Cuma modal 1 lembar kertas, pulpen dan jangan ketahuan guru! LOL

Sumber: aliexpress.com

Kalau main catur gimana? Pakai catur mini! Itu lho yang magnetik, kelas 2 saya hobi banget main catur ini di pelajaran FISIKA! Nguantuk puoll kalau ibu guru ngajar, kalau gurunya datang papan caturnya masuk laci meja lagi.

Psstt.. Teman saya main catur dulu sekarang jadi guru, semoga muridnya gak "bandel" seperti kami. :D

~***~

Oke, sudah tergambar betapa girly-nya saya jaman sekolah dulu? Itu hanya mainan kalau lagi jam belajar lho, belum saat jam istirahat. LOL.

Untuk klarifikasi lebih jauh lagi, walaupun kadang saya main pas jam belajar, nilai saya cukup bagus, lumayanlah selalu masuk 10 besar, meningkat 3 besar, karena yang saya gak ngerti saat jam belajar akan saya tanyakan ke teman yang mengerti, tetap ada rasa tanggung jawab, mainnya cuma buat nahan kantuk aja. *Yakali teman saya gak ngantuk juga. :D*

Nah.. itu tadi cara saya mengusir rasa bosan, bahasnya khusus saat sekolah saja, kalau sekarang sih sudah lain. Pengen nostalgila aja.

Kalau teman-teman saat bosan di jam pelajaran dulu ngapain? Jawabnya gak usah jaim ya, biar saya ada temennya.. Hihi..

PS: 
- Yang masih sekolah jangan ditiru, chatting/ber-sosial media saat guru mengajar itu gak baik *Look who is talking! Palm face.
- Kalau yang baca tulisan ini guru, jadikan bahan introspeksi dan memperketat pengawasan, terutama siswa yang duduk di belakang! Kalau ada istilah jam rawan, ada juga posisi rawan. :D
- Jangan dikira saat menulis ini saya gak terheran-heran dengan kelakuan saya dulu, tadinya hanya nulis yang lucu aja, setelah ngetik yang memalukan/agak nakalpun ikut terpanggil juga dalam ingatan.

41 comments:

  1. wkwkwk ternyata cara ampuh nulis pesan kertas terbukti y mba :) dulu aku juga gitu :p

    ReplyDelete
  2. Jadi keinget waktu jaman sekolah dulu, kalo bosen allesannya mau ke kamar mandi, tapi keluar kelas entah kemana.. hehe..

    ReplyDelete
  3. Nomer 1 sampai 3 sama kaya saya, Mbak. kalo main games sama usil, kayanya enggak, deh. Hehe..
    Oiya, kadang ngedraft nulis surat buat idola. Ihiyyy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atuhlah.. ada surat-suratan ke idola juga yak? :D

      Delete
  4. Yaampun, kok sama sih Mba hahaha. Aku dulu malah pernah saking bosennya izin keluar kelas luama banget. Ngapain? Keliling sekolah, nyamperin anak kelas lain yang lagi di perpustakaan, lagi praktikum, bahkan ngobrol sama pak satpam. Masuk kelas lagi pas udah mau bel ganti pelajaran, lucunya gurunya gapernah ngeh hahahaha :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun.. anaknya sosial banget yah... Sampai ngobrol sama pak satpam.. Hihi

      Delete
  5. Kalau dulu aku suka bikin kelas jadi gaduh, dengan cara ngajakin murid lain ribut, biar rame sekalian, haha. Parah ini :D

    ReplyDelete
  6. Kelas 1 SMA saya masih aman2ji..karna kelasku lantai 3..kantin banyak tapi yg boleh di masuki anak kelas 1 cuma 1..hiks..menggilanya mulai kelas 3..secara sekolahku senioritas tingkat tinggi..tapiiiih surat2an sama yang duduknya jauh kadang bukan mi main oper2 begitu..main lempaaaar..jd dulu itu kita jadi pelempar ulung..hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. High risk itu main lempar-lempar.. Bahaya kalau kedapatan :D

      Btw, kalau kalian jadi pelempar ulung, berarti jago main Gebo? Hamma.. keluar juga ini nama permainan pwaa :D

      Delete
  7. Hehehe, aku jadi teringat masa sekolah dulu mbak. Duh

    ReplyDelete
  8. mainan pakai kertas..yang ngerangkai OMO hehe

    ReplyDelete
  9. Menggambar dan coreat coret itu aku banget teh.
    sebenernya ga cuma pas lagi bosen aja sih,
    dalam setiap keadaan aku pasti corat coret ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi corat-coretnya produktif ya kalau Khairul :)

      Delete
  10. Hua.. Aku banget nih 1-4 waktu sekolah. Yang nomer 5 mah enggak. Dulu belom aga games sih. Hihihi... nostagiaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, saya gak "bandel" sendirian ya Mbak :D *Seneng

      Delete
  11. Nostalgia nih ceritanya....yg dulu paling sering saya lakukan adalah keluar kelas. Keluarnya gak sendiri tapi bareng 1 atau 2 teman. Begitu sampai di luar kelas kita kemudian menghirup udara kebebasan, berasa baru keluar dari penjara, hihihi

    ReplyDelete
  12. hahaha ya bener banget, jika saja gurnya gak enak ngajarnya, jadi boseeeen, kertas jadi obyek gambar deh

    ReplyDelete
  13. ngomong-ngomong mapel PMP itu saya masih dapat loh tapi di SD, sama satu lagi mapel PSPB (pelajaran sejarah perjuangan bangsa) duh ketahuan deh unurnya, wkwkwkwk :D

    kalo yang berbalas kertas itu saya lakukan saat kuliah semester-semester awal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuunn.. PSPB itu sa ndak dapat mi Kak.. Cukup mi PMP dan PPKN :D

      Delete
  14. sekarang ataupun dulu kalau aku dalam ruangan dna bosan, paling corat coret biar gak ngantuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kantor, saya main sebentar ke bidang lain Mbak :D

      Delete
  15. Hihihi..ketahuaaaaaaan! Sebagai guru yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, saya suka keliling kelas pas anak-anak kerjakan tugas. Pas mandek dekat mereka, ngobrol. Ngobrol apa aja, sesekali. Tapi jarang muridku ngantuk, sebab kalau ngantuk kusuruh wudlu..hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampun ibu guruuu... hihi..

      Ya.. kadang emang gurunya jalan sih, tapi kan pura-pura fokus lagi (sambil deg-degan tentunya :D). Hihi...

      Delete
  16. saya dulu kalau bosen di kelas, maen game solusinya, hehe atau maen sosmed sama temen2 yang lagi bosen juga. jahaha

    ReplyDelete
  17. Buahaahahhh, ternyata ohh ternyataaaaa dirimu Girly abeeeesss, hahahah

    Yg sms via kertas itu kayaknya top banget yes, rasanya semua jg spt itu, hihihih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sstt.. rahasia yak! Haha

      Turun temurun itu Jenk :D

      Delete
  18. kalo anak laki biasanya kalo bosen pada tidur mbak ...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, tidur itu beresiko banget, saya gak berani! :D

      Delete
  19. kalo saya sih paling menggambar dan izin keluar kelas

    ReplyDelete
  20. Nah itu izin ke kamar kecil, saking seringnya guru bisa nanya, kamu sakit ya hahaha

    ReplyDelete
  21. Kalo saya pas sekolah paling coret2. Kalo sekarang udah kerja biasanya tidur di wc paling 5 menitan. Atau ngemil sambil ngobrol hehehe.

    Emang paling males sih kalo ngerasain bosen. Huhuhu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...