17 Oct 2016

Melihat Lebih Dekat Tim #YukNgaji Berdakwah



Melihat poster talkshow Inspiratif yang akan diadakan #YukNgaji saya bersemangat sekali, langsung buru-buru cari teman untuk hadir, gayung bersambut, yang diajakin pada mau. Belakangan teman-teman kuliah dulu juga tenyata pada mau ikut, sipp.. bakal rame nih!


Qadarullah.. di Hari H teman-teman kebanyakan berhalangan hadir, dan.. tiba-tiba saja asam lambung saya kambuh, karena tidak bisa mendengarkan talkshow dengan tenang, tapi saya yang duduk sambil menahan sakit di dalam masjid akhirnya berjalan keluar mencari apotik di sekitar masjid, cukup jauh. Saat membeli obatnya langsung saya makan, pulang naik ojek kembali ke masjid.

Setibanya di masjid saya pikir sudah bisa duduk tenang, ternyata perut saya mulas dan antrian di kamar mandi cukup panjang. Perfect! setelah masuk saya bahkan sempat terkunci di dalam kamar mandi dan tidak ada orang di luar. Saya sih tenang karena bawa HP, saya pikir, kalau dipakein kekerasan pintunya gak mau kebuka juga baru minta pertolongan. Ternyata pintunya manut setelah "dibentak". Hihi.. Oke.. skip.


Jadi itu alasan panjang saya kenapa tidak membuat judul lebih spesifik saja tentang talkshow inspiratif yang saya ikuti. Karena tidak mengikuti semua rangkaian acara, saya merasa tidak bisa membagikan kembali ilmu yang disampaikan. Terlalu banyak gangguan saat itu.

Jadi saya akan menceritakan garis besarnya saja ya..

Mengenal #YukNGaji

Gaung #YukNgaji di kota yang sedang berkembang seperti Sulawesi Tenggara cukup akrab bagi kami yang beragama Islam. Dengan laman media sosial yang sangat aktif berbagi gambar ataupun kisah inspiratifnya, #YukNgaji cukup sering saya temui di timeline saya.

Dari segi branding, menurut saya #YukNgaji ini berhasil mengambil tempat tersendiri di kalangan remaja yang selama ini mungkin menganggap kegiatan mengaji itu membosankan.

#YukNgaji Berdakwah
Karena menghadiri talkshownya jadi saya membagikan pendapat saya terhadap cara berdakwah tim #YukNgaji secara offline ya. Kalau secara daring di media sosial, yang mengikuti akun-akunnya pasti ngerti bagaimana #YukNgaji mengemas bahan postingannya dengan menarik.

Talkshow kemarin dikemas dengan sangat ringan, terkesan "anak muda banget". Kenapa? Karena tim #YukNgaji bekerja dengan sangat baik dalam mencuri perhatian peserta.

Oke, kalau mau jujur-jujuran yang terkenal mungkin Ustad Felix Siauw ya, tapi ustad lainnya yang ikut memberikan materi tidak kalah bagusnya dalam memaparkan materi, menarik dan gak bikin ngantuk!


Cara memaparkan materinya itu kekinian banget, pake gombalan ala "Bapak kamu.." nyanyian kekinian.. benar-benar masuk dalam dunia anak muda. Yes, kalau saya memahami cara mereka bekerja adalah dengan memasuki dunia anak muda lalu menyebarkan energi-energi positif, jemput bola!

Tidak hanya istilah jemput bola saja, diajakin main bola beneran malah! Kerenn!

Kegiatannya juga tidak monoton mendengarkan saja, peserta juga diajak berinteraksi. Tim #YukNgaji ini pokoknya on the right track to run with young muslim lah..

***

Satu pesan yang saya ingat dari talkshow inspiratif kemarin adalah..

"Tidak ada manusia yang netral, benar-benar berada di tengah, karena kita semua mempunyai kecenderungan." -Ustad Felix Xiauw.


7 comments:

  1. ini acaranya hanya di KDI kah say? di Bau-Bau gak ada juga?

    ReplyDelete
  2. Keren banget konsepnya #YukNgaji ini. Anak muda banget gitu, ya? Semoga bisa merangkul anak-anak muda, ya. Dan semoga ada juga acara2 seperti ini di kota-kota lain.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya mah sekarang sudah belum lagi mbak datang keacara seperti ini karena tidak bebas lagi sekarang mah dan tidak punya waktu juga, padahal dalam hati pengen banget datang agar bisa mendekatkan diri kepada allah sekaligus bersilaturahmi.

    ReplyDelete
  4. Beberapa tahun yang lalu saya cukup aktif dengan kegiatan semisal Yuk Ngaji ini mbak. Ah, membaca tulisan ini jadi suka kangen datang ke majelis ilmu lagi.

    ReplyDelete
  5. Pengenta mi tawwa jg ikut, tp terlalu pagi jg acaranya bela. Msh jam tidurnya Bocah klo weekend jam segitu #padahalemaknyajgikutantidur LOL

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah bersyukur ya Irly berkesempatan datang ke acara spt ini. Pasti lah ada ilmu yg bisa didapatkan dari acara dakwah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...