2 Oct 2016

Hijrah dan Sosial Media

1 Muharram ini sering banget baca kata hijrah.

Salah 1 yang saya pahami dari kata Hijrah adalah perubahan ke arah yang lebih baik, ini tidak dilakukan sendiri, tapi lingkungan juga harus mendukung.


Nah.. di medsos, salah 1 bentuk dukungan terhadap yang sudah berhijrah -misalnya dari yang belum berkerudung sekarang sudah berkerudung (walaupun mungkin belum bisa dikatakan syar'i) - adalah dengan tidak menyebarkan gambar atau video semasa dia belum berhijrah dulu.

Ini mungkin remeh, tapi tidak bagi orang yang sedang belajar/ingin berhijrah tersebut. Apalagi sekarang ada fitur untuk meninjau momen-momen yang pernah kita bagikan bertahun silam. Banyak kenangan yang membuat kita bisa menekan tombol share sambil tersenyum saking bahagianya, lupa ada hak saudara/saudari kita di sana.

Lalu bagaimana kalau ternyata kerudungnya juga lepas pasang? Kembali ke niat lagi, kalau kita niatnya mau mendukung teman/sahabat kita jadi lebih baik, ya jangan dibagikan. Tahan diri untuk membagikan gambar/video tersebut, sebisa mungkin mengingatkan dengan santun sambil mendoakan hijrah mereka bisa lebih baik. Tidak lupa berdoa untuk diri sendiri terlebih dahulu.

Selamat memasuki 1 Muharram 1438 Hijriah, semoga niat baik dan hijrah kita diridhoi Allah, selalu dalam lindungan-Nya dan semakin baik di mata Allah. Aamiin..

23 comments:

  1. Happy islamic new year... moga kita jd pribadi yg lbh baik lg

    ReplyDelete
  2. smoga semua bisa berhijrah untuk menjadi lebih baik, selamat tahun baru Islam

    ReplyDelete
  3. 1 Muharram jadi moment yang baik banget untuk refleksi diri dari tahun2 kemarin. semoga hijrah jadi pribadi yang lebih baik lagi ya ir :)

    ReplyDelete
  4. Irlyyyy,
    Itu emang iya banget kalau baca status2 di tahun dulu suka serem sendiri ternyata aku pernah alay,...dan sekarang pun masih tetap hahaha...

    Selamat tahun baru Islam yah, semoga semua bisa menjadi lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahah...
      Bener Teh..
      Bagusnya fitur itu juga bisa buat bahan introspeksi diri. ^^

      Aamiin.

      Delete
  5. Semoga di tahun baru ini kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Amin. :)

    ReplyDelete
  6. Kirain Irly mo hijrah, ngga buka socmed lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Utie gak mau lihat saya lagi di Sosmed? Hiks..
      Kejaamm

      #Drama :D

      Delete
  7. Semoga setelah hijrah bisa bisa istiqomah :)

    ReplyDelete
  8. Hmmm... Self reminder banget. Perlu meluruskan hati dan niat lagi nih saya. Dalam semua hal. Bismillah. Tfs...

    ReplyDelete
  9. barokallah fiik, semangat terus ya mba untuk berhijrah, semoga diberi keistiqomahan dan kekuatan untuk terus berjuang sampai di surgaNya

    ReplyDelete
  10. aku paling salut dengan mereka para wanita yang mau dan berjuang untuk berhijrah, semoga Allah senantiasa membantu anda untuk selalu istiqomah dan konsisten di dalam melaksanakan ketaatan, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doa kebaikan yang sama untuk semuanya.. Allahumma aamiin

      Delete
  11. semoga setelah berhijrah kita bisa menjadi pribadi yg lebih baik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...