27 Jul 2015

Mengenal Untung Rugi Memiliki Kartu Kredit Melalui Cermati.com

Buat apa punya kartu kredit kalau bisa bayar tunai??

Selama ini, saya sangat skeptis dengan yang namanya kartu kredit, memiliki kartu kredit adalah suatu pemborosan kalau menurut saya. Hawanya negatif terus kalau menyangkut kartu yang satu itu, ga ada bagus-bagusnya...

Sampai saat saya menelusuri Cermati.com yang menyediakan berbagai info finansial, mulai dari info mengenai kartu kredit sampai info mengenai kredit mobil bekas. Saya yang kurang mengerti tentang kartu kredit bisa puas kepo mencari info mengenai kartu kredit tanpa harus merasa malu kepada CS bank karna kebanyakan bertanya. :p

Jadi, apa saja keuntungan jika memiliki kartu kredit?
  • Mempermudah alat pembayaran sehingga tidak lagi memerlukan uang tunai.
  • Kartu Kredit dapat digunakan untuk mengumpulkan seluruh bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan agar lebih efisien.
  • Dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran secara rutin sehingga pengelolaan keuangan lebih mudah.
  • Kartu Kredit tertentu memberi jasa asuransi kesehatan, perjalanan, pencurian, atau kerusakan barang yang dibeli menggunakan kartu tersebut.
  • Tingkat keamanan yang relatif tinggi.
  • Kemungkinan mendapatkan berbagai hadiah atau diskon serta promo.

Lalu, apa saja kerugian yang mungkin timbul dengan memiliki kartu kredit?
  • Mendorong gaya hidup boros dan konsumtif jika tidak digunakan secara bijak. Kegiatan ini akan membuat tagihan Kartu Kredit membengkak.
  • Setiap tagihan yang tidak dibayarkan secara penuh akan dikenakan bunga yang relatif tinggi. Jika bunga tidak dibayarkan terus-menerus, tagihan Kartu Kredit tidak akan pernah lunas.
  • Jika pemilik kartu tidak disiplin membayarkan tagiahan tepat waktu akan dibebankan dengan denda keterlambatan yang relatif besar.

Nah... itu info secara umum, jika ingin membuat kartu kredit atau sekedar mencari info lebih jauh, telusurilah menu-menu untuk kartu kredit yang tersedia di Cermati.com, di dalamnya akan ada info mengenai produk kartu kredit secara lebih detail, tiap kartu kredit tentunya punya biaya, denda, persyaratan dan promo yang berbeda-beda. Membandingkan 1 per 1 produk yang ditawarkan sambil minum teh hangat juga oke. 

Suka yang kartu kreditnya memberi reward/keuntungan apa?
(Klik untuk memperbesar gambar)

Membandingkan sebelum memilih itu perlu lho.. Dengan banyak membandingkan kita dapat membuat keputusan yang paling tepat dan cermat sesuai dengan situasi finansial kita. Membandingkannya jangan hanya produk antar bank saja, karena dalam 1 bank bisa saja menerbitkan lebih dari 1 jenis kartu kredit, mulai dari kategori, silver, gold, platinum, dan lain-lain. Tapi setelah mencoba-coba dari menu yang tersedia, saya lebih suka menyaring jenis kartu kredit dari jumlah penghasilan tahunan dan iuran tahunan agar lebih terarah. :D

(Klik untuk memperbesar gambar)

Inilah enaknya di Cermati.com, kita bisa membandingkan dan menentukan pilihan dari berbagai prioritas, selain bisa dari tawaran reward/keuntungan yang diberikan pihak bank, bisa juga mencari dari kesanggupan/sudut pandang konsumen, misalnya Iuran tahunan, kita bisa memilih dari yang gratis sampai yang iurannya bernilai jutaan (besaran iuran ini tentu saja ekuivalen dengan keuntungan yang bisa diterima). Kemudian memilih berdasarkan penghasilan tahunan, agar lebih terarah. Dan kemudian provider kartu dan bank yang menerbitkan kartu, banyak konsumen yang memilih suatu produk karena sudah fanatik dengan bank tersebut, dengan memilih 1 bank favorit akan muncul pilihan kartu kredit yang diterbitkannya.

Sttt... Dari perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi finansial ini juga saya baru mengetahui kalau kartu kredit itu tidak hanya dipakai untuk membayar dengan cara gesek saja, tapi juga bisa untuk tarik tunai. *Kemana aja Irrrr?. Yahh.. walaupun tarik tunai ini akan dikenakan biaya tersendiri, namun dalam keadaan darurat akan sangat berguna sekali. 

Ternyata, dari hasil kepo untung rugi dan membandingkan produk-produk kartu kredit, lebih banyak untungnya dari pada ruginya. Tapi untuk memilikinya harus dengan 3 syarat terlebih dahulu, harus berada pada posisi mampu, butuh dan yakin dapat bijak menggunakannya. Kalau membuat kartu kredit tapi tidak mampu, hanya untuk gaya-gayaan dan juga tidak bijak dalam menggunakannya, kemungkinan besar akan mengalami rugi dan tidak bisa menikmati keuntungan dari kartu kredit. Sayang sekali :(

Teman-teman sudah punya kartu kredit belum?


45 comments:

  1. Replies
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. bisa untuk punya kartu kredit tapi dengan penggunaaan yang bijak

    ReplyDelete
  3. punya kartu kredit tak masalah asal tau gimana mengaturnya ya mbak, jangan sampai kebablasan, makanya perlu banget mengetahui manfaat serta untung ruginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyapp.. saya jadi tergoda sebenernya ini.. haha

      Delete
  4. diera yang serba modern sekarang ini kayak perlu juga ya mbak untuk memiliki kartu kredit. terlebih lagi buat blogger yang suka cari $ :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu jika mampu, butuh dan bisa bijak menggunakannya ^^

      Delete
  5. aku punya mbak, asalnya punya 3 biji tapi ada satu yg aku tutup karena marketingnya ngeselin, tiap hari nelpon nawarin program yg engga2.. punya cc perlu juga sih apalagi buat beli tiket pesawat. yg ptg harus dibayar aja biar engga bunga berbunga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. sayang ya.. marketingnya mau promo malah bikin ga nyaman..
      Sip-sip makanya harus mampu biar ga bikin masalah :)

      Delete
  6. Alhamdulillah selama ini kartu kredit mempermudah segala transaksi, asal bijak menggunakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip.. testimoni dari yang bisa bijak menggunakan nih^^

      Delete
  7. kalau saya punya kayak gini pasti gak bisa nahan belanja deh -_-

    ReplyDelete
  8. Sampai skrg saya belum.punya krtu kredit ..tkut.khilaf ntr pikirannya belanja aja hehe

    ReplyDelete
  9. Punya 1 aja kartu kredit, sudah cukup membantu. Perlu dingat, bayar sebelum jatuh tempo agar tdk kena bunga. Sy sih sbrnnya tdk menyarankan untuk membayar setengah atau 10% dri total tagihan. Bunga berbunganya itu lohh yg nyeramin. Mending beli yg yakin bisa dibayar. Ingat CC bukan penyelamat untuk kita berutang. Sering2 cek cermati dot com aja untuk tahu lbh banyak tips keuangan. #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh...sip-sip.. lunasin saja sekalian ya..

      Delete
  10. Pas lagi kepepeet banget, tarik tunai dari kartu kredit cukup berguna buat saya mbak. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepepetnya pake banget ya baru tarik tunai.Sipp..

      Delete
  11. cermati everywhere, cermati everywhere. enta ini postingan ke berapa tentang cermati yang udah gue baca. tapi.. cermati itu emang okeh banget sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis baca tulisan tentang lomba kali.. kan belum lama ini ada lomba dari pihak Cermati. Udah baca banyak postingan tentang Cermati ya? Coba main ke Webnya Cermati langsung deh^^

      Delete
  12. Masih mikir2 untuk punya kartu kredit, di satu sisi pengen sih, soalnya promonya banyak dan bisa buat cicilan 0% hahaha tapi di satu sisi masih bergulat memastikan nafsu diri biar ga kalap nantinya hehehe... Makasih tulisanya, bisa buat masukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri bersyukur bisa nemu info ini mbak, karna tercerahkan sekali, setidaknya tidak skeptis lagi, walaupun sudah ngincer 1 jenis kartu kredit.hihihi...

      Delete
  13. mesti mikir-mirir kalau mau punya kartu kredit, belum berani -___- takut engga kebayar :D

    ReplyDelete
  14. saya pernah ditawari sales kartu kredit, dipinjem ktp di suruh apply, kenyataannya tetap saja ngga diapprove, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin itu dari sales kartu kredit? Bukan dari partai yang nyari suara? :D

      Delete
  15. Tp aku masi takut pke kartu kredit, plgi byg2 debt collector kyk yg di tipitipi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. makanya kalau mau ngambil harus sudah yakin bisa bayar. Apalagi kalau belum perlu, jangan dulu deh.. :D

      Delete
  16. saya termasuk yg mau punya cc tapi takut,

    ReplyDelete
  17. cermati(dot)com bagus gak sih? Penipuan bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini saya masih dalam batas kerja sama Mba, mengenai praktiknya saya sendiri kurang paham, tapi saya pribadi yakin cermati adalah situs terpercaya. :)

      Delete
  18. jika bisa bayar tunai memang sebaiknya tidak gesek kartu kredit, karena akan menimbulkan hutang dan jangan lupa pasti harus bayar bunganya juga.

    ReplyDelete
  19. Saya mengajukan kartu melalu cermati .itu penipuan bukan ya ko setelah ambil data tidak ada konfirmasinya lg .mohon info untuk konfirmasinya kemana bila pengajuan kita tidak di acc

    ReplyDelete
  20. Marketing cermati dan call center cermati ga ada yang bsa di hubungi ..untuk konfirmasi harus kemana lg itu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...