6 Jun 2016

Ramadhan dan Jadwal Menstruasi

Bulan Ramadhan sudah tiba, selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman...
Berbicara tentang puasa, saya tiba-tiba teringat kehawatiran yang umumnya muncul pada perempuan. Ya.. hanya pada perempuan.. apalagi kalau bukan mengenai jadwal menstruasi.


Saya akan bercerita tentang curhatan sahabat-sahabat perempuan di sekeliling saya (yang mungkin saja terjadi juga dengan pembaca perempuan) tentang jadwal menstruasi di bulan Ramadhan. Umumnya kekhawatiran ini dibagi menjadi 3:

1. Menstruasi yang Bertepatan dengan Awal Ramadhan
Tidak bisa ikut puasa pertama karena menstruasi biasanya menjadi hal yang disayangkan oleh teman-teman perempuan. Seolah-olah euforia menghidupkan Masjid, meningkatkan ibadah dengan sholat berjamaah, membaca Qur'an dan ikut larut dalam suka cita berpuasa agak berkurang karena sedang mens.

2. Menstruasi di Pertengahan Ramadhan
Waktu menstruasi ini kira-kira mulai tanggal 5-25 Ramadhan. Kami umumnya pasrah kalau sudah tanggal segitu, mens tak mengapa asal gak kena awal terlebih akhir Ramadhan. Apalagi kalau yang siklus menstruasinya panjang.. lega lah kalau mens dan berakhirnya di range tanggal segitu. Iya gak?^^

3. Menstruasi di Akhir Ramadhan
Nah.. ini salah 1 keadaan yang sangat disayangkan bagi kami perempuan. Hari-hari terakhir Ramadhan punya keutamaan tersendiri yang tentu ingin kami dapatkan juga, kemudian ada shalat Idul Fitri yang hanya dilaksanakan sekali dalam setahun, rasanya sayang sekali kalau tidak ikut shalat. Beda dong kalau hanya ikut duduk saat shalat dan mendengarkan ceramah.. Rasanya ada yang kurang! :(

Diatas ke-3 waktu itu, akan ada waktu yang sangat menyebalkan jika terjadi...

Menstruasi jelang waktu berbuka!

Pasti banyak yang pernah mengalami keadaan di atas, rasanya... arghh.. bagaimana ya? Apalagi kalau hari itu sudah berpuasa dengan susah payah, ada yang memancing emosi tapi bersabar, kemudian misalnya harus turun lapangan dengan cuaca yang entah kenapa hari itu terik sekali. Sorenya, saat menyambut berbuka dengan suka cita, last minute malah mens.. lemes! Hihi..

Oh ya, kadang juga kita merasakan tanda-tanda akan segera mens tapi (biasanya) doanya agar mensnya tidak datang disaat sedang puasa. Iya kan?

Paket lengkapnya adalah kalau menstruasi jelang waktu berbuka dan besoknya tidak bisa ikut shalat Idul Fitri.. *kriiik-kriik*
***

Yang saya ceritakan diatas bukannya hendak melawan fitrah atau ketentuan yang sudah diberikan Allah SWT ya, hanya ingin berbagi, bagaimana sih perasaan kami yang punya jadwal "libur" sendiri ini. Kalau gak mens juga tentu kami khawatir, walaupun saya senang-senang saja sih kalau gak mens selama Ramadhan, mensnya habis shalat Idul Fitri, wow.. seneng banget itu! Soalnya gak harus kejar-kejaran meng-Qadha puasa Ramadhan lalu puasa Syawal lagi. Tapi kembali lagi.. kami gak bisa apa-apa kalau sudah mens. :)

Salah satu keuntungan mens saat Ramadhan adalah kami jadi penilai rasa (baca: tukang icip), rasa manisnya sudah pas atau belum, garamnya perlu ditambah lagi atau tidak. Menyiapkan hidangan berbuka menjadi salah satu ladang pahala untuk perempuan yang sedang mens.

Teman-teman pernah mengalami kondisi yang mana? Bagaimana rasanya? Atau... Mungkin sedang was-was mens akan datang sebelum azan Maghrib berkumandang? :D

16 comments:

  1. Saya sudah merasakan semuanya mba hehehe...yang paling nyesek adalah dapet menjelang berbuka lemes bingits hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. itu pengalaman hampir semua perempuan.. maunya sih pura-pura gak tau tapi inget dosa. :D

      Delete
  2. kalau aku seringnya dapet pas awal atau akhir, kadang-kadang beberapa hari awal sama beberapa hari akhir, tahun ini awal puasa baru selesai, jadi kemungkinan akhir puasa dapet lagi, kemungkinan gak ikut sholat Idul Fitri deh, hiks hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jadwalnya sering on time kemungkinan dapet ya.. tapi kalau ga teratur siklusnya bisa jadi telat beberapa hari gitu, jadi masih bisa ikut sholat Idul Fitri.. ^^

      Delete
  3. Aku lagi was2 nih, belum mens2 juga. Ada kemungkinan hamil atau mungkin mens nanti sore LOL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh.. was-wasnya paket combo..
      Pilih yang mana Mbak? :D

      Delete
  4. sudah inimi yang sa tunggu-tunggu..gara2 ini,sa bangun jam 3 subuh tadi buat mandi dan shalat tarwih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. perjuangan.. Yakin sudah bersih? #Ehh :D

      Delete
  5. hahaha, jd inget kelakuan aku dlu nih mbk, hehe, klok pas puasa trs sdg brada pd masa dtgnya haidh, aku ke kamar mandi abis buka, dg mksud byr puasaku gk batal gegara mens yg dtg tb2 pas mau buka pulak, soal mandi, bak, bab, tahaaannn....hahaha..jorsek yak, jorok sekali, wkwkwk

    ReplyDelete
  6. hihihi niya tuh rasanay gimanaaa ya kalau haid saat mau buka. selamat puasa ya Irly

    ReplyDelete
  7. ohhh pernah semuanya mbak ;p.. thn ini aku ngalamin yg mndekati buka puasa , eh malah datang si tamu ini :D.. tapi ada sebelnya, ini krn pengaruh dari spiral yg aku pake.. tau sendiri kalo pake spiral haid jd lebih lama dan kluarnya ga lgs daranh, tapi flek2 dulu... ampe sktr 5 harian, baru deh kemudian darah, kemudian flek lagi -__-. jd totalnya aja bisa 2 mingguan baru stop.. duhhh bakal bnyk nih utang puasa ku thn ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG, salah 1 kekurangan spiral tuh itu ya? Katanya gak mempengaruhi hormon tapi larinya ke jadwal mens gitu ya?

      Info saya sebatas "katanya" aja nih Mbak, belum nikah soalnya, jadi belum pernah pakai KB..hihi

      Delete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...