17 Jun 2016

Wisata Ramah Anak di Pantai Ancol

Ketika menyebut nama Ancol, maka yang terbayang adalah sebuah kawasan wisata terbesar di Indonesia dengan berbagai wahana permainan yang berteknologi tinggi, taman-taman hijau nan indah  serta aneka pantai yang cocok untuk bersantai di sore hari.

Ancol telah mempoklamirkan dirinya sebagai taman wisata untuk segala usia. Hal ini tidak berlebihan mengingat ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk setiap kategori usia. Bagi Anda yang ingin membawa keluarga dan anak-anak, tempat wisata ini memberikan beberapa pilihan dalam berekreasi.

Anda dapat mengajak anak Anda bermain air di wahana kolam renang dengan berbagai fasilitas di dalamnya,  wisata edukasi fauna laut di akuarium raksasa Seaworld, Gelanggang Samudra atau sekedar bermain pasir di pantai yang akan membantu perkembangan syaraf motorik kasar anak Anda.

Untuk wisata pantai, berikut beberapa ulasan mengenai pantai yang ada di Ancol yang aman untuk berekreasi bersama keluarga Anda.

1. Pantai Ria
Pantai ini merupakan pantai yang cocok untuk rekreasi keluarga. Di sini Anda dapat mengajak anak Anda untuk bermain pasir yang terhampar di tepi pantai karena pantai ini bertipe curam sehingga tidak ditujukan untuk renang.

Anak-anak dapat bermain pasir dengan membuat istana pasir ataupun bentuk-bentuk lain dengan menggunakan alat-alat yang terbuat dari plastik. Di sini tersedia toko yang menjual peralatan tersebut jika Anda lupa membawanya.

Selain itu, anak-anak dapat mengenal bentuk kapal dari replika kapal pecah yang ada di tepi pantai. Anak Anda dapat mengeksplor setiap bagian kapal dengan menelusuri ruang-ruang dari kapal yang hanya berbentuk setengah dan di ujungnya terdapat perosotan yang menambah keseruan anak-anak.

Di pantai ini telah dibuat tanggul pemecah ombak dan jogging track sehingga Anda dapat mengajak anak-anak jogging atau sekedar jalan santai di tepi pantai.


Photoright: berwisata.info

2. Pantai Bende
Pantai Bende menjadi tempat favorit masyarakat  Jakarta dan sekitarnya untuk bersantai di kawasan Ancol.  Dengan menggelar tikar dan makanan di atasnya, keluarga yang mengunjungi pantai ini dapat bercengkerama sambil makan bersama. Anak-anak bercanda dan berlarian, para orang tua yang beristirahat sambil sesekali mengambil foto menjadi hal yang wajar terlihat di area ini.

Walaupun panorama laut terhalang oleh jogging track dan tanggul, namun semilir angin laut dan pemandangan ke laut lepas memberikan suasana berbeda

Photoright: primadien.blogspot.com

Di pantai ini terdapat sebuah jembatan kayu di mana di ujungnya terdapat sebuah restoran seafood terkenal yaitu Le Bridge yang menghadirkan menu lezat dengan panorama laut di depan mata.

Karena keindahan pemandangannya, jembatan ini dinamakan Dermaga Cinta dan menjadi tempat berfoto pengunjung terutama menjelang matahari terbenam dengan sinar kemerahan yang nampak indah dari belakang bangunan restoran ini. 


Photoright: youtube.com

Selain itu, di seberang parkiran pantai ini terdapat sebuah stasiun kereta Choo Choo Train yang akan membawa Anda dan anak-anak menyusuri jalan hingga ke Pantai Ria dan kembali lagi ke Pantai Bende.

3. Beach Pool
Jika Anda ingin mengajak anak berenang, maka Beach Pool adalah lokasi yang tepat. Pantai ini cukup landai dengan sedikit bebatuan sehingga cukup aman bagi anak-anak dengan tetap di bawah pengawasan orang tua.

Di sini tersedia penyewaan ban hitam ataupun berwarna-warni yang akan menambah keasyikan anak-anak selama bermain air. Dengan kelandaiannya, anak-anak dapat bermain pasir di tepi pantai tanpa khawatir terbawa ombak dan orang tua dapat bersantai di bawah pohon.


Photoright: nisaikatiwi.blogpsot.com

Fasilitas toilet dan kamar mandi bilas tersedia di sini sehingga setelah anak Anda bermain air bisa berganti pakaian untuk melanjutkan rekreasi ke bagian lain dari Taman Impian Jaya Ancol.

Sebaiknya Anda menghindari kunjungan pada saat liburan ataupun akhir pekan karena pantai ini sangat ramai pada waktu-waktu tersebut. Solusinya, Anda bisa datang lebih pagi sehingga ketika pantai mulai ramai Anda bisa berpindah ke obyek wisata lain di kawasan Ancol.

4. Beach City
Beach City merupakan pantai yang  baru saja dikembangkan di kawasan Ancol. Letaknya agak jauh dari pantai-pantai lainnya dan berada tepat di belakang mal terbaru yaitu Ancol Beach City Mall yang mempunyai konsep liburan lengkap yaitu bersantai, berwisata kuliner ala mall dengan pemandangan laut.
Photoright: aisyahnurfauziah.blogspot.com

Saat ini Ancol Beach City Mall menjadi satu-satunya pusat perbelanjaan di Jakarta yang memiliki pantai dengan pasir putih di belakangnya. Pantai yang bersih dengan pasir putih dapat menjadi arena bermain anak-anak sementara orang tuanya bersantai di kursi-kursi yang disediakan.

Sekalipun pantai-pantai di atas termasuk jenis wisata ramah anak, tetap pastikan anak ada dalam pengawasan Anda ya... Selamat berakhir pekan! ^^

9 comments:

  1. berkali-kali ke jakarta tapi selalu tidak pernah sempat ke ancol, semoga kalo nanti ke jakarta lagi bisa jalan-jalan ke tempat ini, amin..

    ReplyDelete
  2. aku kalo ke ancol pasti maen ke dufanya terus.
    ga pernah maen ke situ teh irly ,,

    ReplyDelete
  3. bwahahhaha saya baru tau kalo ancol itu pantainya ada bermacam-macam.. selama ini di kepala saya cuma ada satu yaitu Pantai ancol bwahhahahahah

    ReplyDelete
  4. Aku pernah jauh2 sengaja nginap di Mercure krn pengin tau Ancol itu kayak apa. Dari semua venue yg dikunjungi, ternyata anak2 paling suka main di pantai yg utk umum itu. Basah kuyup & pasir semua jadinya nunggu agak kering baru masuk hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Emaknya penasaran, anaknya senang!! ^^

      Delete
  5. Penasaran banget ma Ancol. Mau ke sana kok jauh amir :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...