16 Jun 2016

Mie Be U : Mie Titi Nikmat yang dimasak Menggunakan Arang

Mie Kering atau yang sering disebut sebagai Mie Titi adalah kuliner khas Makassar yang dibuat oleh keturunan Tionghoa, terkenal pada generasi ke-2, yaitu anak dari Ang Kho Tjao bernama Titi yang akhirnya toko mie keringnya lebih laris dibanding saudara-saudaranya yang juga mendirikan toko mie keringnya masing-masing. (Sumber Wikipedia)


Bagi yang belum pernah mencoba, mie Titi adalah mie telur yang digoreng kemudian disiram oleh kuah kental panas dengan potongan seafood dan sayuran (umumnya sawi). Rahasia rasanya tentu saja berada pada kuahnya. Hal ini yang coba diwujudkan oleh warung makan Mie Be-U, di rumah makan ini, masakan akan dimasak menggunakan arang. Sudah pada tahu kan ya keunggulan rasa dari makanan yang dimasak menggunakan arang? Enakkk.. ada rasa khas dan memang testimoni dari teman-teman yang pernah makan di tempat ini kebanyakan memuji rasanya.

Testimoni dari teman-teman juga yang akhirnya mendorong saya mengunjungi Mie Be-U ini, penasaran! Hehe.. Saya kemudian mengajak teman yang juga belum pernah ke rumah makan yang buka mulai pukul 6 sore ini.

Saat datang ba'da Maghrib, tempat ini sudah mempunyai 2 pengunjung, kami langsung memesan dan mengambil gambar sambil menunggu pesanan datang. Tidak banyak yang bisa dieksplor dari tempat ini karena memang tempatnya relatif kecil, total hanya ada 7 meja yang disediakan untuk pengunjung, tidak ada hiburan untuk pengunjung apalagi dinding-dinding instagramable untuk penyuka fotografi.

Bahas tempatnya sudah, sekarang bahas rasa, rasa mie titinya ya.. bukan rasa yang pernah ada. *Uhukk* Jadi... rasanya memang enak, tidak mudah menemukan mie titi dengan rasa diatas rata-rata. Porsinya... alamak.. besar! Memang sih.. disediakan juga porsi kecil dengan harga yang tidak begitu jauh berbeda, kalau cewek sih 1 porsi besar bisa untuk berdua, berdua.. makan cantik. LOL


Selain mie titi, rumah makan ini juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng dan tentunya minuman seperti jus buah dan es jeruk. Harga dimulai dari  Rp.15.000 - Rp. 35.000. Lumayan lah yaaa..

Sayangnya, saya mengalami hal yang kurang mengenakkan sesaat sebelum meninggalkan tempat ini, ada karyawan yang kena marah bosnya, di depan pengunjung! Serius.. untung saya sudah selesai makan, kalau tidak, mungkin makanan akan saya tinggal. Makan sambil denger omelan itu gak enak!

Jadi, kalau boleh memberi saran kepada pemiliknya... tunggu rumah makan tutup terlebih dahulu baru kemudian mengomel, kalau tetap ingin mengomel saat itu juga usahakan tidak terdengar oleh pengunjung... "Eat is not only about the taste, but also how you serve it."

Semoga pihak Mie Be-U mau menerima saran dengan tangan terbuka, lalu kemudian membenahi pelayanan dan mungkin juga tempatnya.. biar makin rame dan makin lancar rejekinya! Aamiin..

Mie Be-U
Buka pukul 18.00
Jl. Kol. H. abdul Hamid
Kompleks Pasar buah
Kendari - Sultra

16 comments:

  1. berarti melegenda banget ya mbak Titi itu, terkenal sampai sekarang, tapi sebenernya cuma mie goreng kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. mie di goreng trus disiram kuah kental.. ^^

      Delete
  2. Ya Allah lokasinya di Kendari jauh amat ..

    ReplyDelete
  3. sampe sekarang saya belum pernah merasakan bagaimana rasanya mie titi ini. samakah dengan pangsit ini mie titi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Mama Wahyu..
      Ayo ke Kendari.. Kita makan Mie Titi.. ^^

      Delete
  4. Enaaaak sekali kelihatannya. Btw.. Iya ya.. Agak gimana gitu kalau dengar orang ngomelin karyawan di depan kita :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain Mba.. Coba pas buka puasa maksudnya.. Hehe..

      Iya, gak enak.. walaupun yang kena bukan kita.. tapi kan itu enrgi negatif.LOL

      Delete
  5. Mie Titi!!! Jadi keinget makan ini pas ke makassar taun lalu ^^ kangen ih makan lagi.


    Tulidandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. waah ini yg di kendari yaa... kemarin pas di makasar aku ama temen nyobainnya yg di deket hotel mbak.. enak sih, tp yg mie titi agak asin... tp aku suka pas dimakan kriuk2 gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh.. belum nemu tempat makan yang pas aja itu racikan kuahnya.. emang salah 1 sensasinya ya kriuknya itu ^^

      Delete
  7. yummy, jadi nglier btw apakah sama dengan Ifu mie gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir mirip dengan I fu mie Mak, bedanya ada di tekstur minya, mi yang digunakan untuk mie titi kecil-kecil dan tetap renyah walaupun tersiram kuah.

      Delete
  8. disitu mungkin bagus utk bukber besok diii??
    ada free makanannya tidak? atau minuman? biasa itu muncul iklan SMS nya toh?
    jadi mupengmi mau coba ini, berarti adami saingannya RM. Non** diii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm.. keknya lagi pengen mie2an dirimu yah? Dari kemarin maunya pangsit.. tergoda juga sama Mie Titi.. Bukan karna mau ada adeknya Farazkah? *Ditabok :D

      Delete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...