9 Nov 2016

Onde-onde Mini, Makin Mini Makin Renyah

Di musim penghujan seperti ini, hal yang paling nyaman dilakukan adalah makan, turunannya adalah nyemil atau bahasa bakunya adalah mengudap. Biasalah ya.. hawa dingin membawa rasa lapar bahkan sebelum jam makan. Maka membeli makanan ringan adalah solusi yang biasa ditempuh.

Salah satu jajanan yang mendukung adalah gorengan, kenapa? Karena gorengan bisa disajikan hangat, berbeda dengan kue basah walaupun juga mengenyangkan. Nah, membahas kudapan yang digoreng, ada 1 kudapan yang cukup unik di Kota Kendari.

Onde-onde Mini, sesuai dengan namanya Onde-onde ini tampil dengan wujud yang mungil, 1 bahkan 2 buah bisa sekali hap. Bagi yang pernah melihat/memakan Kacipo, kudapan khas dari Sulawesi Selatan, mungkin bisa terbayang ukuran Onde-onde mini ini, sedikit saja lebih besar dari ukuran Kacipo. Dengan tekstur yang renyah di luar tapi lembut di dalam.


Onde-onde yang berisi kacang hijau lalu dibungkus dengan kulit dari ketan dan dibalur lagi dengan biji wijen umumnya berukuran cukup besar, sekitar 2 sampai 3 kali lipat dari ukuran Onde-onde yang berisi gula merah atau yang juga disebut dengan klepon. Tapi kali ini ukurannya jauh berbeda. Unik juga enak!

Boleh dibilang, pembuat Onde-onde mini ini cukup telaten, karena harus membuat bulatan kacang ijo dengan ukuran yang sangat kecil. Memberikan rasa manis ditengah gurihnya kulit luar Onde-onde. Sejauh yang saya tahu, hanya ada 1 penjual Onde-onde Mini ini dan boleh dikatakan belum banyak juga yang mengetahui.


Ada yang penasaran dengan harganya? Menurut saya cukup mahal sih. Dijual dengan harga Rp. 1.000/3 buah. Beli Rp. 5.000 akan dapat 15 buah saja, masih kurang banyak kalau menurut saya. Tapi saya gak pernah menawar juga sih. Hehe..

Oh ya, jajanan ini dijual di gerobak seperti umumnya pendagang gorengan di Kendari. Ada jajanan lain juga yaitu Pisang Molen mini. Maafkan tidak ada gambar, soalnya saya konsisten jajan Onde-onde Mini. Hehe..

Untuk yang belum merasakan dan ingin mencoba, Onde-onde Mini ini dijual mulai pukul 16 lewat (waktu jualannya gak menentu, ada juga yang bilang pernah beli pukul 14) - habis. Nanti Insya Allah saya pastikan kalau jajan lagi. :D

Onde-onde Mini
Jl. MT. Haryono
Depan Bimbel JILC
Samping Lorong Torada
Kota Kendari

25 comments:

  1. Dulu suka banget sama onde2 ini tapi sekarang agak berkurang seleranya mungkin saking setiap hari kali y dulu konsumsinya hahaha..
    Ada jg yg dikeringin tuh mba onde2nya itu jg enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. udah bosan kali ya :D
      Yang dikeringin itulah namanya kacipo Mbak, gak ada isinya kan ya ^^

      Delete
  2. Kalau saya mah sebenarnya kurang begitu suka mbak kalau onde ondenya gituh gituh saja dalemannya tapi kalau ada rasa lain pasti muantappp rasanya dan dijamin lebih renyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikreasikan lagi ya? Kalau saya sih emang demen sama kacang hijau ^^

      Delete
  3. Imut banget onde-ondenya. Saya juga pernah nemu yang imut gini tapi lebih suka yang gede. Kalau imut cepat banget habisnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. itulah.. makannya gak berasa tau-tau udah abis aja :D

      Delete
  4. Imut banget onde-ondenya. Saya juga pernah nemu yang imut gini tapi lebih suka yang gede. Kalau imut cepat banget habisnya :D

    ReplyDelete
  5. Saya pernah beli onde-ondenya mini seperti itu, tapi di Jogja, bukan di Kendari. Jadi penasaran dengan yang di Kendari, rasanya sama ga ya, hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah sepertinya enak Mba itu, di Jogja belum pernah nemu onde-onde mini yang ada isi kacang ijonya. Seringnya sih nemu yang jual di snack kiloan gitu jadi ya ga mahal kayak yg di Kendari karena isinya cuma tepung sm wijen yg digoreng garing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Novi, itu namanya kacipo, garing ganget kalau digigit ^

      Delete
  7. aduhh makananan kesukaannku diposting,,, rasanya laper.. di daerahku sdh jarang buat onde2 seperti ini... baru berkunjung lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aldy, iya.. nanti saya BW balik ya, sudah lama juga tidak main ke blognya Aldy. ^^

      Delete
  8. wah kayaknya enak tuh, aku mau. Pas banget nih untuk temen neglembur, ayo sikat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuh.. lembur mata tetap melek asal ada yang dikunyah.LOL

      Delete
  9. Makan onde-onde mini kayaknya asyik tuh, langsung leepp.. hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Bener.. Trus mau lagi tapi udah habis. :D

      Delete
  10. Dulu pernah di depan MGM, trus menghilang eehh ternyata pindah ke depan JILC itu. Sukaaaa, waktu itu lewat lihat ada grobak ini tp blm sempat beli lagi. Iyah siih masuk mahal ini secara bookk 5rb cuma dapat 15biji, fufufuuh. Maunya kan lbh banyak lagi *kemudian diplintir sama pembuatnya, lalu dibuat jd ondeonde mini* LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. The one and only tawwa Nop.. Tosss nah.. 15 biji itu kuraaangg... hahaha

      Delete
  11. Ini mah tinggal masukkin ke dalam mulut ya, langsung leb,

    ReplyDelete
  12. sarapan pagiku di kantor ini, hihihi :)
    tapi bukan yang bentuk mini-nya sih yang ukurannya menyerupai bola pingpong lah :)

    biasanya kalo ukurannya mini-mini begini makannya tak terasa, maunya mau tambah terus, hihihi :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...