19 Dec 2016

Tentang Berat Badan Ideal

Wanita dan berat badan ideal seperti sebuah bibir dan lipstik yang tidak bisa dipisahkan... gak seger kalau bibirnya gak kena lipstik, gak cantik kalau berat badannya gak ideal.

Eits... tahan dulu.. untuk statement terakhir itu hanya hipotesis ngarang saya saja. Ya.. walaupun gak bisa dipungkiri juga sedikit banyak berat badan (BB) mempunyai peran penting dalam kepercayaan diri wanita. Iya gak? Kalau untuk laki-laki, gimana? *Beneran nanya.

Saking ngetopnya masalah BB ini, wanita sepertinya lebih hafal rumus BB ideal (Tinggi Badan (Cm) - 110) dibanding rumus pertumbuhan penduduk: #Eh :D

Tapi ada juga perhitungan berat badan ideal yang tidak sesimpel rumus di atas, yaitu dengan menggunakan rumus Body Mass Index (BMI). 
Rumus BMI = Berat Badan/(Tinggi Badan*Tinggi Badan)
dimana berat badan dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter.

Contoh:
BB = 60
Tinggi = 1,58
Jadi 60/(1.58*1.58) = 60/2.4964 = 24.03 (Normal untuk Wanita dan Kegemukan untuk Pria)


Kenapa saat ini saya ingin membahas mengenai BB ideal?
Pertama, karena ada artikel (baca PR) dari Diah yang pas sekali dengan draf yang sudah lama teronggok ini, judulnya Perempuan dan Timbangan. Kedua, karena saya yakin akan 4 hal di bawah ini:

1. Banyak wanita yang bisa mencapai BB idealnya.
Entah karena gen atau usaha yang sangat keras, wanita jenis ini bisa mencapai berat badan idealnya, lewat sedikit bisa dibalikin lagi dalam waktu yang relatif cepat, bahkan setelah melahirkan yang notabene banyak orang tidak bisa mengembalikan BB ideal setelahnya. Mereka bisa mencapai BB idealnya kembali dengan berbagai usaha atau kembali secara alami.

2. Berat badannya dibawah BB ideal
Kita punya teman di sekeliling kita yang seperti ini, kita inginnya BB turun, mereka ingin BBnya naik. Bukannya tidak bersyukur, tapi memang ada kesulitan sendiri yang akan mereka hadapi misalnya masalah pakaian, dll. Tipe ini makan banyakpun lemaknya gak betah berlama-lama di dalam tubuhnya, kontras dengan yang sudah mencoba makan sedikit tapi lemak tetap saja menumpuk di tubuhnya. hehe

3. BBnya diatas BB Ideal
Untuk yang ini saya bagi 2 lagi:

a. BBnya emang udah mentok.
Sudah berusaha diturunkan dengan alasan estetika maupun kesehatan, tapi tetap saja gak bisa. Makanan sudah diatur sedemikian rupa, mencoba mengimbangi dengan olahraga, tapi tetap saja BB mentok di atas BB idealnya, padahal untuk mereka, hanya berkurang 2-5 kg dari berat yang sekarang saja girangnya minta ampun.

b. Sudah nyaman dengan BBnya
Feels strange kalau pipi gak chubby, ada yang seperti ini? Sini toss dulu. :D

Itu saya banget, BB ideal saya menurut rumus simpel diatas adalah 46, tapi kalau lihat di cermin dan komentar teman-teman, saya idealnya di berat 55, pernah sekali saya coba turunkan di angka 50, pasang foto.. (bahkan pernah kecolongan turun ke 53 Kg karena sedang intens banget olahraga)  hasilnya saya diprotes sepupu dan teman-teman, dikirain sakit.. gak bugar kelihatannya tanpa pipi chubby.. 

Untungnya, sejauh ini saya termasuk yang bisa mengontrol berat badan, karena memang pola makan sengaja saya atur melalui jendela 8 OCD + olahraga. Alhamdulillah, boleh dibilang olahraga sekarang sudah jadi hobi saya. Yah..apalagi kalau bukan mengharapkan efek sehat dengan bonus estetika. BB berhasil saya naikin lagi ke 55 Kg, termasuk yang makan dikit jadi lemak banyak sih saya ini.. LOL

Agar lebih konsisten berolahraga, cari teman yang juga suka berolahraga.

Baca juga: Run For Indonesia, Bukan Sekadar Kawan Lari

Oh ya, entah karena rajin berolahraga atau bukan (asumsi orang-orang kalau rajin olahraga badan jadi padat) dengan berat 55 Kg (bahkan kadang 57 Kg) teman-teman selalu menebak BB saya di angka 50 Kg. Atau karena rajin olahraga, ditanyain: "Kenapa rajin banget sih? Badanmu udah kurus begitu? Duh.. Olahraga kan gak semata urusan berat badan jenkk.. Iya gak sih? Haha..
***
Oke.. panjang lebar... inti dari tulisan ini adalah saya ingin mengingatkan lagi, bahwa berat badan ideal itu gak melulu harus mengikuti rumus di atas, boleh jadi massa tulang kita lebih berat dari yang lain, apalagi kalau kamu merasa  I look better this way, right now.. selama tidak membahayakan kesehatan (obesitas misalnya), tidak mengganggu aktivitas lain dan kamu puas dan nyaman dengan BB yang sekarang, nikmati.. 

Kalau sudah membahayakan kesehatan, mengganggu aktivitas lain dan sudah menciptakan rasa tidak nyaman, ada baiknya coba diseimbangkan dengan aktivitas sehat lainnya. Mungkin juga teman-teman sudah berusaha keras untuk menurunkannya selama ini, but try harder.. banyak cara baru sekarang atau ada cara lama yang belum sempat coba diterapkan. Semoga saja ada yang cocok untuk membantu.

Nah, dari beberapa kali kepo di grup emak-emak, saya menemui berbagai resep alami yang dicoba oleh mereka. Jujur saya belum pernah mencoba, tapi akan saya bagikan mungkin ada yang berjodoh dengan cara ini:

Resep untuk Menurunkan Berat Badan
Semua saya dapatkan dari FB, cukup screen shoot saja, agar ketahuan pemberi informasinya. Sila memperbesar gambar untuk tulisan yang lebih jelas.

Ramuan yang dimasak:


Ada juga yang simpel, Madu + Lemon saja:

Atau diet mengandalkan buah seperti ini?
Kunci dari diet adalah keinginan. Bukan keinginan untuk menurunkan berat badan tapi keinginan untuk mengalahkan godaan makanan." - Drama Late Night Restaurant

30 comments:

  1. makasih infonya ya...
    menurut tabel BMI sih berat badan saya normal, tapi ini perut seringkali memalukan :) Mau nyoba

    ReplyDelete
  2. Aktifitas olah raga juga tidak hanya berpaku pada bb saja melainkan untuk kebugaran dan kewehatan jasmani Dan rohani. Thanks infonya hehehe

    ReplyDelete
  3. Olah raga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan berat badan yang ideal.

    Ngomong-ngomong aku, masih bingung cara ngitungnya itu gimana? maksudnya Berat Badan dibagi Tinggi Badan, atau gimana itu? :D Aku itung kok ketemunya kurang dari satu, hiksss :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang jelas ya?
      Udah saya tambahin contoh tulisannya Mbak, semoga lebih jelas ya. :)

      Delete
  4. Moga2 habis lahiran daku bisa balik ke BB ideal hehe, biar berasa lebih fit juga sih

    ReplyDelete
  5. Saya juga pengin langsing euy seperti Kim Ha Na. Atlet bulutangkis dari Korea. Hehehe... Btw.. Saya juga baca lapak di FB tentang diet itu. Kalau ga salah di grup Langsung Enak ya. Yg simpel sptnya lemon plus madu itu. Pengin nyoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. Segala info emak-emak ada di situ, mulai dari yang bikin langsing, apalagi yang bikin gemuk :D

      Delete
  6. Menurut tabel...aku dah normal. Tp kmrn2 sempat over juga..aku pke jeruk nipis plus sarapan buah mb..lmyn turun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap.. Saya pelariannya olahraga dulu deh, nanti kalau lemaknya agak membandel (mudah-mudahan enggak) baru pakai ramuan-ramuan. :)

      Delete
  7. Hmmm..untung hasil punyaku ideal :D seringnya kurang sih kalau kebanyakan kerja

    ReplyDelete
  8. Mba itu ngitunya TB*TB?kok aku ga nemu y hasilnya penasaran :p

    ReplyDelete
  9. Masih diatas ideal nih mbaak :" susah banget nurunin BB mbak hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, konsisten sama niat yang udah dibuat. :)

      Delete
  10. saya dari dulu gak pernah dapat berat badan ideal, saya terlalu kurus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah.. dilain kasus kita kak, aktif soalnya kita. belum lagi PP akhir minggunya itu..

      Delete
  11. Kalo aku susah banget mau gemukkin badan.
    alhasil badan aku ga pernah ideal huaaa

    ReplyDelete
  12. Saya yg dimana dii? Yg BBnya mentok di angka ini saja apalagi sejak berbehelan :D

    anyway, Jenk kayaknya typo itu di hyperlink ke blog saya, bukan .com tapi .cpm :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diedit, maafkan and thank you sudah kasih tahu ^^

      Delete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...