13 Mar 2015

STIS | Perguruan Tinggi Kedinasan - Badan Pusat Statistik

Bismillahirrahmanirrahim...

Otak encer saja tidak cukup, ulet adalah kunci utamanya. Itu yang ada dipikiran saya saat mengecap pendidikan selama menjalani Tugas Belajar (TB) tahun 2009 lalu di sekolah tinggi ini. Mungkin semboyan itu menempel dipikiran saya karna otak saya tidak encer*emang bentuknya padat kan ya?xixi..

Halah..kelamaan bahas diri sendiri ya? Yuk bahas sekolahnya mumpung pendaftaran sedang dibuka sekarang, tapi kita bahasnya untuk yang jalur Ikatan Dinas (ID) aja ya^^

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958.

STIS menyelenggarakan program Diploma IV (D-IV) yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh selama 4 tahun. STIS memiliki 2 program studi, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana program studi Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan STIS mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (SST).

Enaknya kuliah di STIS:

1. Dapat tunjangan Rp.1.000.000/bulan
Uang ini namanya tunjangan Ikatan Dinas (uang saku), tiap mahasiswa akan diberikan tunjangan melalui transfer rekening, pemakaiannya bebas. Mau dipakai buat bayar kos/kontrakan boleh, buat makan boleh.. Enak kan? Eh.. selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan juga lho. ^^

2. Lulus kuliah bisa jadi PNS golongan III a
Setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a (sesuai peraturan yang berlaku), untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Jalur ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan BPS seluruh Indonesia sesuai penempatannya selama masa ikatan dinas, yaitu dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.

3. Ekstrakulikuler
Kegiatan Eks-kul juga banyak di STIS ini, dari Keagamaan, Olahraga, Pecinta alam, Klub bahasa Inggris dan Jepang, Paduan suara dan lain-lain. Tinggal pilih aja sesuai minat kamu :)

4. Himpunan Mahasiswa Daerah (HIMADA)
Mau Kuliah di STIS tapi takut merantau jauh? Ga tau jalan, lingkungan, atau mikir tinggal dimana? Tenaang.. ada himpunan mahasiswa perwakilan tiap daerah, ada Ikatan Mahasiswa Sulawesi (IMASSI), untuk mahasiswa dari Jawa Timur namanya Bekisar.. masih banyak lagi Himada yang lain.. kan mahasiswanya dari berbagai daerah... mereka sebisa mungkin akan bantuin adik-adik baru mereka, bahkan dibuatin acara penyambutan lho.. sekalian untuk perkenalan biar lebih dekat. ^^

5. Kesempatan Beasiswa S-2 dan S-3 di dalam dan luar negeri
BPS juga bekerja sama dengan banyak pihak penyelenggara beasiswa baik di dalam negeri maupun di luar negeri, tentunya dengan persyaratan tertentu.

6. Bebas KKN
Naah.. ini yang paling penting, iya gak? Ga ada yang namanya anak A, anak B, atau anak C dalam tes ini. Insya Allah ini masih terjaga sampai sekarang.. Ada kok anak pegawai BPS yang sudah semester 6, setelah 3 kali tes, baru lulus. Alhamdulillah..rejeki anak ulet kalau saya bilangnya, sambil menunggu tes tiap tahun dia tidak berdiam diri saja, dia tetap kuliah. Setelah lulus di STIS, kuliahnya ditinggalkan. Oh ya..Tidak ada kuota peserta yg diterima berdasarkan provinsi ya, semua murni berdasarkan rangking nasional. ^^

So, masih mikir-mikir lagi buat daftar STIS? Jangan kelamaan mikir... batas pendaftarannya sampai tanggal 24 April 2015 lhooo...
Untuk info lebih lanjut:
Twitter: @stisJKT

Untuk area Kendari dan sekitarnya pendaftaran dapat dilakukan di 
Kantor BPS Provinsi Sulawesi Tenggara 
Jl. Boulevard No.1 Kendari
Ruang Perpustakaan Lantai 2.

97 comments:

  1. wah, ini cuma statistik aja ya Mbae :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dasarnya iya tentang statistik, tapi jgn lupa kalau minat ke komputasi ada jur. Komputasi statistik dan ada juga statistika ekonomi dan statistika kependudukan :)

      Delete
  2. Eh, lihat webnya ternyata nggak menerima lulusan SMK, padahal tadi udah niat buat ngasih info STIS ke murid-murid :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terbatas untuk jurusan Ipa, sayang ya? Padahal gurunya udah semangat :)

      Delete
  3. Replies
    1. Ayo didaftarin kalau udah memenuhi syarat^^

      Delete
  4. bisajadi alternatif buat anak2ku kelak nih.. tapi masih esde, hihi. salam kenal yaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih SD ya? Ya udah eskulnya statistik aja dari kecil *nyiksa banget.. haha..
      Salam kenal balik mbak^^

      Delete
  5. Nice info, Mbak. Boleh nginpo2 ke sodara yg butuh yaa :)

    ReplyDelete
  6. Boleh copas potonya ya Mbak, sapa tau ada yg tertarik ^_^

    ReplyDelete
  7. kak, kuota masing-masing tiap jurusannya berapa yah ? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan ga ada kuotanya, penjurusan itu di pertengahan semester koq..kalau baru masuk belum ada penjurusan ^^

      Delete
  8. asyiik dapet satu juta tiap bulan. andai saya bisa sekolah lagi di sana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada gawe yang ngasih duit..udah kerja aja..hehe ^^

      Delete
  9. Jadi pengen kuliah lagii, sambil bawa anak boleh ngga yaa hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..kalau jadi dosen sih mungkin bisa ya?^^

      Delete
  10. artikelnya sangat membantu dan menarik dan menam bah wawasan saya.....
    salam kenal dan salam sukses..
    ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu

      Salam kenal dan sukses!

      Delete
  11. Saya cuma mau ngasih tau. masjid di STIS itu nyaman banget. kalau saya pulang kantor saya biasa singgah di sana. dan sepenglihatan saya, dari face validity, anak2 STIS memang pintar-pintar. berarti emang seleksinya bener2 serius. gak ada KKN2an. buat yang minat masuk STIS. buruan daftar!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..terima kasih testimoninya mbak^^
      Mbak tinggal dimana? Dekat kampus STIS kah?

      Delete
  12. mbak info jumlah pendaftar stis 2015 mencapai berapa? dan kuota nasionalnya brapa mau belajar hitung peluang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah pendaftar pertanggal 23 April sudah lebih dari 29.000 orang untuk seluruh Indonesia. Peserta yang dinyatakan lulus Tahap 1 adalah sampai peringkat 2.000.

      Adek ini pendaftar juga ya? Wah..selamat tes ya, 4 hari lagi :). Persiapkan fisik dan mental dengan baik, Insya Allah STIS sebagai bagian dari BPS tetap amanah dalam melaksanakan tes ini, semoga adek lulus sampai gelar S. ST

      Oh ya, nanti kalau komentar lagi, jangan Anonim ya.. Kasih nama dong biar kenal ^^

      Delete
  13. Halo mba, alhamdulillah saya lolos tes tahap I, saya mau nanya kalo untuk tes tes tahap II dan tahap III yang diterima berapa orang ya mba? terima kasih: )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo.. Alhamdulillah lulus tahap I, Tahap II disaring menjadi 400 peserta lagi, tahap II kan tes wawancara dan kesehatan ya? Kurang lebih sudah sejumlah itu juga.

      FYI, untuk tahap 3 itu jarang ada peserta yang gugur, selama hasil wawancara dan tes kesehatannya gak ekstrim. Semoga lulus hingga akhir..Kabari hasil tes berikutnya ya..^^
      Oh ya Adik Syah Putri ini tes di Provinsi mana?

      Delete
  14. assalamualaikum mba,kalau thn dpan. bentuk soal tahap 1nya sprti apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam..
      Tahun depan sepertinya belum ada perubahan, masih tes tertulis kok. Sudah pernah ikut atau baru mau ikut tes Dek?

      Delete
  15. blum mba,soalnya ini msh klas3 sma,hehehe..cuman pengen tau aja,siapa tau bsa masuk:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oohh..sipp... bagus banget, dipersiapkan sejak dini kalau memang niat masuk STIS. Boleh juga main ke kantor kalau mau cari info/mau lihat kakak-kakak lulusan STIS kerjanya seperti apa. :)

      Delete
  16. ok..mksh bnyak mba,do'ain aja spy bsa masuk.hehehe

    ReplyDelete
  17. Salam kenal Mbak.
    Mbak saya sudah tes wawancara dan tes kesehatan. Kira-kira berapa persen yang tdk lolos tes wawancara dan kesehatan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik Pradipta...
      Wah...sebelumnya selamat..
      Selama tidak ada hasil tes kesehatan dan wawancara yang ekstrim kemungkinan besar sudah lulus. ^^

      Tes di provinsi mana? Kabari yah kalau pengumuman..(biasanya pengumuman hanya ada nomor tes saja, jadi gak bisa lihat..hehe)

      Delete
    2. Mksh kak. Doakan aja bisa ikuti jejak kakak. Saya ikut tes di jogja kak. Isya Allah saya kabari jika sudah pengumuman Kak.

      Delete
    3. Mksh kak. Doakan aja bisa ikuti jejak kakak. Saya ikut tes di jogja kak. Isya Allah saya kabari jika sudah pengumuman Kak.

      Delete
    4. Alhamdulillah kak, saya dari Sulawesi tenggara lolos STIS thun nhe

      Delete
    5. Pradipta: Bagaimana kabarnya?

      La Ode Misran: Alhamdulillah... selamattt... jadi sebenarnya kalau tidak salah kita sudah ketemu ya waktu datang tes wawancara di kantor :)

      Delete
    6. Maaf kak baru balas. Kemarin agak sakit. Berkat doa kakak jg Alhamdulillah saya diterima. Semoga bisa mengikuti jejak kakak. Makasih doa dan suportnya ya kak.

      Delete
    7. Wuah...Alhamdulillah..selamat ya... semoga kuliahnya nanti lancar, banyak teman dan enjoy selama kuliah.
      Semoga sekarang sudah sehat wal afiat ya ^^

      Delete
  18. Tolong dijelasin tentang jurusan yg ada di stis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang jurusan bisa dilihat di web resmi STIS :)

      Delete
  19. Mba Irly,, adik saya ingin masuk ke STIS kira kira ada tips nya mba,,, kalo ada bisa email ke viruzsystem@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa email aja ke kontak saya yang tertera, maaf banget saya pelupa, banyak yang sudah email nanya-nanya lebih lanjut koq, dengan senang hati akan coba saya jawab pertanyaan-pertanyaan di email. Terima kasih Mas Irwin :)

      Delete
  20. Maaf kak saya mau tanya, kalau masih pakai behel bisa daftar ga? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Thanks Dek Della udah follow up komen yang ini, waktu itu mau jawab malah kelupaan.^^

      Sejauh ini saya gak pernah dengar kabar tentang larangan pemakaian behel, so.. boleh-boleh aja kok. ^^

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Sama-sama Dek^^

      Aamiin.. Insya Allah lulus pakai S.ST ^^

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. Wah.. saya gak punya rekomendasi Dek, coba main ke kantor BPSnya deh, trus tanyain ada gak pegawai lulusan STIS yang mau ngasih bimbel. Siapa tau ada, kan kalau dari lulusan langsung yang ngasih bimbel bisa lebih oke tuh. :)

      Delete
  21. Ka kalo di stis yang pake kacamata bisa ngga masuk? Terus ngga diasramakan ya? Lulusnya nanti bisa kerja dimana saja? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacamata boleh saja.
      Gak diasramakan, banyak kost/kontrakan yang disediakan warga di sekitaran kampus.
      Lulusnya ya kerja di Kantor Badan Pusat Statistik, kan STIS sekolah kepunyaan BPS, kecuali kalau misalnya Dek Kamilia Lulus dan ingin resign/pindah sebelum masa ikatan dinas berakhir Dek Kamilia harus membayarkan kembali uang ID yang sudah diterima semasa kuliah. :)

      Delete
  22. Mbak, kalo gak ada kuota per provinsi berarti dimanapun lokasi tes kemungkinan lulusnya sama aja? Atau mungkin untuk lokasi tes di kota2 besar peluang lulusnya lebih kecil? Kan di kota besar itu biasanya persaingannya lebih sengit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, karna peserta dinilai dalam ranking nasional. Peluang lulus itu dilihat dari nilainya, bukan daerahnya :).

      Delete
  23. Bagus banget kak Infonya, jadi makin minat ke STIS

    ReplyDelete
  24. Bagus banget kak Infonya, jadi makin minat ke STIS

    ReplyDelete
  25. Kak tahun ini nggak ada tes pengetahuan umumnya yaa?

    ReplyDelete
  26. Kak matematikanya itu kyk gimana kak? Matematika dasar atw apa kak?

    ReplyDelete
  27. Kak, kl di stis itu mudah banget ke DO ya kak?:" itu kenapa sih kak alasannya kok bs di DO?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nilainya gak memenuhi persyaratan atau melakukan pelanggaran berat jelas DO dong, tergantung mahasiswanya aja. :)

      Delete
  28. Selamat malam kak:) kak selagi saya mengisi form pendaftaran saya menginput nilai untuk mata pelajaran wajib saja? Nah, nilai yang telah saya input tadi apakah akan menjadi tolak ukur untuk saya dapat melanjutkan ke tahap tes atau tidak? karena nilai bahasa inggris & matematika wajib saya lebih rendah dibanding peminatan:( terima kasih banyak kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai persyaratan aja.. minimal berapa per mata pelajaran, fokus aja di nilai yang diminta sebagai persyaratan.

      Delete
  29. Boleh ga si habis daftar di stan daftar lagi di stis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang bukannya sudah terintegrasi ya pendaftarannya? Kalau sistemnya bolehin sih oke-oke aja,,

      Delete
  30. Biaya sewa kamar fullly furnished dan kamar mandi dalam di sekitar kampus berapa? Adakah asrama mahasiswa? Juga, brp biaya sekali makan di sekitar kampus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asrama gak ada Pak.
      Mahasiswa kebanyakan kost/kontrak di rumah milik warga. Untuk biaya sewa kamar dengan fasilitas seperti yang bapak tanyakan di atas itu belum bisa saya jawab karena waktu kuliah di sana belum nemu kamar yang lengkap seperti itu, kebanyakan kamar mandinya kamar mandi umum.

      Untuk biaya makan cenderung murah, karena banyak warteg di sekitar kampus, apalagi tepat di belakang kampus ada Pasar Bonsay.

      Delete
  31. Menarik....anakku dah mau naik kls 12....moga bs msk di STIS

    ReplyDelete
  32. Menarik....anakku dah mau naik kls 12....moga bs msk di STIS

    ReplyDelete
  33. makasih bos tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  34. kak, pada tes tahap 3 tkd dan kesehatan nanti peluang lolosnya berapa persen ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FYI, untuk tahap 3 itu jarang ada peserta yang gugur, selama hasil wawancara dan tes kesehatannya gak ekstrim. Semoga lulus hingga akhir..

      (Jawabanya udah ada diatas kok)

      Delete
  35. Assalamualaikum.
    Tahun ini Yang Keterima STIS Berapa Orang kak?
    Oia, kalau Misalnya saya Daftar Di STIS, Trus Selama Pendaftaran dan Tes, Saya Juga Daftar Di STAN (misalnya) .. Itu Gak papa kah kak?

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum.
    Tahun ini Yang Keterima STIS Berapa Orang kak?
    Oia, kalau Misalnya saya Daftar Di STIS, Trus Selama Pendaftaran dan Tes, Saya Juga Daftar Di STAN (misalnya) .. Itu Gak papa kah kak?

    ReplyDelete
  37. Kak insyaallah minggu bsk saya mau tes tahap 3. Tes nya itu tkd sama kesehatan kak. Yg lolos tahap 2 ada 2000 orang. Berarti 1600 lagi bakalan gugur kan: '''?

    ReplyDelete
  38. Kak ikatan dinas di stis berarti 8 tahun dong ya?._.

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum
    Kak boleh nanya?
    Untuk yg mamakai behel, apa bisa ikut daftar ikatan dinas stis?
    Sebab setau saya,untuk ikatan dinas mata, tinggi dan gigi, semuanya ada ketentuannya.
    Tolong dijawab ya kak^^

    ReplyDelete
  40. mbak, kalau mendaftar di STIS nggak boleh medaftar di kampus lain lagi yah??

    ReplyDelete
  41. Kak seandainya saya sudah daftar di PTN, apakah saya boleh mendaftar di STIS

    ReplyDelete
  42. Kak misalnya saya sudah terdaftar di sebuah PTN, apakah saya boleh mendaftar STIS tanpa harus keluar dri PTN tersebut

    ReplyDelete
  43. Kak kalau jurusan smk analis kimia boleh ga daftar di STIS

    ReplyDelete
  44. kak, yg penjurusan itu cuma buat yang DIV ya ?
    kalo yg D3 gimana ya kak ?

    ReplyDelete
  45. kak, yg penjurusan itu cuma buat DIV aja ya ?
    kalo yg D3 gimana kak ?

    ReplyDelete
  46. kak, yg penjurusan itu cuma buat yang DIV ya ?
    kalo yg D3 gimana ya kak ?

    ReplyDelete
  47. Halo, Kak Irly, salam kenal. Kakak dari Kendari, ya? Lulusan SMA mana?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...