16 May 2016

9 Tips Menghadapi Ujian Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sabtu, 14 Mei yang lalu ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIS baru saja selesai. Beberapa tahun terakhir ini saya selalu ikut menjadi panitia pengawas ujian, tentunya tidak luput mengamati bagaimana perilaku peserta ujian yang akhirnya mendorong saya menuliskan tips ini, mungkin terlambat karena ujiannya baru saja selesai, tapi semoga bisa bermanfaat untuk adik-adik yang ingin mempersiapkan diri sejak dini.


Jadi apa saja tips menghadapi ujian STIS?
Here they are:

1. Pelajari Soal-soal Tahun Sebelumnya
Cari soal-soal STIS tahun lalu, paling mungkin didapatkan dari orang-orang yang sudah pernah ikut tes sebelumnya. Atau.. Anda bisa membeli buku kumpulan soal yang dibuat oleh Koperasi Mahasiswa STIS (KOPMA STIS), menjelang tes biasanya kantor BPS Provinsi akan memesan untuk selanjutnya dijual lagi. Buku ini sudah berisi pembahasan soal berserta prediksi soal tahun berikutnya.

2. Persiapkan Fisik
Belajar oke, tapi jangan sampai kelelahan sekali. Dan.. Jangan makan sembarangan karena saat ujian dimulai peserta tidak dibolehkan keluar ruangan lagi untuk alasan apapun. Untuk itu, 10 menit sebelum ujian dimulai peserta akan dipersilahkan keluar ruangan. Takutnya pas ujian perut bergejolak, kan gak enak.

3. Persiapkan Mental
Mental bagaimanapun berpengaruh, bagaimana tidak? Para pendaftar akan bersaing secara nasional. Mental dan kepercayaan diri harus kuat. Jangan kalah sebelum berperang! Apalagi sampai menggunakan Joki, mau lulus tapi kena DO? Persaingan di kampus itu ketat lho!

Baca juga: STIS, Perguruan Tinggi Kedinasan - Badan Pusat Statistik

4. Bawalah Kartu Ujian dan Tanda Pengenal
Jangan lupa membawa Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM) STIS beserta tanda pengenal. Tanda pengenal ini bisa berupa KTP/SIM/kartu pelajar atau sejeninsnya. Wajib dibawa ya.. ini syarat mutlak memasuki ruangan, jika tidak ada maka tidak boleh mengikuti ujian.

5. Persiapkan ATK
Masalah ATK ini klise sekali, se-klise jawaban lupa peserta ujian, jadi rasanya sangat perlu saya ingatkan lagi sehubungan dengan aturan tidak ada kegiatan pinjam-meminjam ATK selama ujian berlangsung. Pensil dan penghapus adalah ATK yang wajib dibawa. Selebihnya ATK seperti papan, pulpen, rautan dan (untuk yang terbiasa) mistar untuk menghitamkan jawaban adalah hal yang sebaiknya dibawa.

6. Kenali Lokasi Ujian
Sehari sebelum ujian (jika memungkinkan) pastikan datang untuk melihat lokasi, ruangan bahkan tempat duduk (tempat duduk ditentukan). Jika ruangan ditutup karena alasan tertentu, maka pastikan Anda sudah memperhatikan denah yang sudah disiapkan panitia. Minimal keesokan paginya Anda sudah tidak kebingungan lagi mencari ruangan ataupun tempat duduk.

7. Berpakaian Rapi dan Nyaman
Pakaian saat ujian memang tidak ditentukan secara spesifik (misalnya harus kemeja putih dan bawahan hitam), lebih bebas. Tapi pastikan Anda berpakaian rapi dan nyaman: kemeja, bawahan selain jeans dan memakai sepatu. Ini dasar dalam konsep berpakaian bebas rapi semi formal *istilah apa ini?LOL*  Intinya kalau sudah berpakaian dengan prinsip itu Anda tidak akan sibuk menarik-narik baju atau rok yang terangkat. Sip!


8. Ikuti Instruksi Dengan Seksama
Dengarkan semua instruksi yang diberikan oleh panitia, terutama jika diminta mengecek jumlah halaman dan soal. Ceklah agar jika ada masalah pada lembar soal, masalah tersebut bisa teratasi sejak dini.

9. Bawa Sapu Tangan/Tisyu
Nah loh.. Cewek aja kan? Nope.. Cowok atau Cewek.. bawa saja! Kenapa? Karena ujian nanti menggunakan Lembar Jawaban Komputer atau LJK. Sudah sama-sama tahu kan kebersihannya harus dijaga? Nah, gunakan sapu tangan/tisyu untuk mengalas tangan Anda yang sangat mungkin berkeringat atau kotor saat mengisi LJK tersebut. Sayang kan kalau jawabannya sudah benar tapi tidak terbaca dengan baik nantinya?
***

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Duh, hari ini juga Kayla lagi UN nih Lyyy...

    Walopun beda dikit, tapi kurang lebih mirip2 lah persiapannya...
    Dan emaknya deg-degan terus anaknya mau ujian nih...huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. iya Teh.. Samaanlah waktu ujian kemarin, orang tuanya banyak yang nungguin..

      Delete
  3. baca tips ini jadi teringat saat tes CPNS beberapa tahun yang lalu, persiapannya hampir sama hihihi :D

    ReplyDelete
  4. No.1 kabari nah klo sdh available di kantor ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, akan saya kabari.
      Sesekali saya diingatkan juga ya Jenk :D

      Delete
  5. Kak tolong jawab dong
    Bisa nggak yang pake behel diterima waktu pendaftaran stis
    Mohon dijawab ya kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...