31 Mar 2015

5 Hal Yang Dibutuhkan Untuk Mengganti Kartu ATM (BRI) Yang Kadaluarsa

Bismillahirrahmanirrahim...

Kartu ATM Kadaluarsa? Emangnya makanan? Aduuuh..masa gak tau?? Saya aja baru tau lhoo*Gubrakk

Akhir Februari kemarin saya berbelanja bersama teman saya, saat hendak membayar di kasir ternyata kartu ATMnya ditolak, 2 kali!! Saat dicoba di ATM kartunya juga ga bisa dipakai, setengah kebingungan saya perhatikan kartunya, saya bilang "Jangan-jangan kartunya sudah kadaluarsa" sambil menunjuk tanggal yang tertera di kartu dan sepertinya benar*udah kayak kripik camilan saya aja bisa kadaluarsa. Teman sayapun berencana segera memperpanjang masa berlaku kartunya (yang ternyata wujud kartunya diganti dengan nomor yang baru).

Penasaran dengan kartu saya sendiri, saya langsung cek masa berlaku kartu saya, dan ternyata bulan Maret sudah akan kadaluarsa! Artinya harapan hidup kartu ATM saya sudah sangat rendah. Saya buru-buru transfer dengan jumlah yang saya rasa cukup ke bank lain yang saya miliki.

Hmmm...sebenarnya sih sebelumnya saya santai saja dengan kartu ATM basi eh..kadaluarsa saya ini, karena merasa punya kartu ATM di bank lain dan saya pikir gaji yang saya terima bisa saya gunakan dengan SMS banking, tapi diluar dugaan SMS bankingpun tidak bisa dipakai karna ATMnya kadaluarsa*mulai pucat. 


Etapii.. kata temen saya, buat Internet Banking masih bisa kok... Sayangnya saya udah ga pakai Internet Banking karna udah terblokir.. masalah umumlah.. lupa password..hihih...

Nah.. setelah kejadian-kejadian diatas saya jadi lebih tau bahwa "jimat" ini masa aktifnya juga harus diperhatikan! "Jimat" yang sering kali kita andalkan saat kekurangan uang tunai bahkan jika ingin bertransaksipun kartu ATM adalah penolong, bayangkan saja kalau setiap transaksi (tarik tunai, transfer atau sekedar mengecek saldo) harus dilakukan langsung di depan Teller? BIG NO! Jadi apa saja yang dibutuhkan untuk mengganti kartu ATM yang kadaluarsa?

5 hal yang dibutuhkan untuk mengganti kartu ATM yang kadaluarsa:

1. Membawa KTP Asli
Penggantian kartu ATM bisa dilakukan di cabang/unit mana saja asalkan nasabah membawa KTP saat pertama kali membuka tabungan, tapi jika KTPnya sudah tidak ada penggantiannya harus di lakukan di kantor Cabang.

2. Membawa Buku Tabungan
Jika buku tabungan hilang maka harus ada surat berita kehilangan buku tabungan dari kepolisian setempat.

3. Membawa Kartu ATM

4. Mengisi Formulir Penggantian Kartu
Formulirnya akan diberikan oleh CS setelah verifikasi beberapa data terlebih dahulu.

5. Membayar Biaya Administrasi Sebesar Rp. 15.000


Tidak seperti dugaan saya, ternyata prosesnya cepat, terlebih lagi saya tidak perlu lama antri karna memang nasabah yang datang tidak banyak :D, hanya butuh sekitar 12 menit di Costumer Service (CS).

Setelah selesai di CS akan di arahkan kepada salah seorang pejabat untuk mengaktifkan kartu ATM yang baru, proses ini cepat, hanya sekitar 2 menit saja. Hanya diaktivasi oleh pejabat bank, masukkan PIN. Selesai!
Ini kelengkapan yang dibawa dari CS saat hendak mengaktifkan kartu ATM yang baru

Sekarang kartu ATM saya sudah diganti, dari tanggal yang tertera kartu ATM saya akan kadaluarsa bulan Februari 2020 mendatang.. Panjang Umur..Aamiin..

Teman-teman pakai jasa bank apa? Ayo dicek tanggal kadaluarsanya(kalau ada), jangan keburu udah kadaluarsa baru panik :D

106 comments:

  1. Semoga panjang umur ya mak si ate em..hihihi..makasih infonya yak :)

    ReplyDelete
  2. wah bisa kadaluarsa ya? berapa taun kadaluwarsane ,mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mak, kalau lihat kartu yang baru sih, 5 tahun lagi kadaluarsanya..

      Delete
  3. oh bisa kadaluarsa ya mak kartu ATM, baru tahu sayah,, TFS mak, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong ya? Hihi..

      Salam kenal balik mak^^

      Delete
  4. aku pernah tuh gak ngeh ternyata ATM aku expired . Tapi beda bank sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. banyak yang gak ngeh ternyata *ada temennya..hehe

      Delete
  5. Bicara soal kartu ATM BRI, saya juga pernah punya kartu ATM BRI. Sepertinya belum kedaluwarsa, tapi jelas ga ada isinya, hehe. Salah satu pelanggan saya yang mau cetak buku juga pernah mengalami hal yang sama, Mbak. Waktu mau bayar cetakan, eh, kok dtiunda. Alasannya masa berlaku karyu dah habis. Ternyata benar ya, hehe.
    Makasih ya langkah-langkah dan informasinya. Semoga ATM barunya makin gemuk ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah.. bagi business man jimat yang 1 itu malah lebih berarti, transaksi teruss.. yakin rekeningnya ga ada isinya mas? saya intip lho..haha..

      Aamiin..
      Semoga bisnisnya juga lancar jaya mas^^

      Delete
    2. Iya, betul, betul, betul, Mbak. Sekarang pakai bank yang lain hehe...

      Delete
    3. Bank mana aja yang penting urusan lancar ya.. ^^

      Delete
  6. prosesnya cepat karena nggak pake cetak nama to Mbak?
    kalo pake nama, pasti seminggu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi aja udah syukur..ijin ke banknya sihh...

      Delete
  7. iya, bener, sering kita terlena, lupa. nggak hanya ATM yang lupa, tapi bisa juga SIM kan? kalo saya sih yang sering sih soal perpanjangan STNK

    ReplyDelete
  8. aaaah..saya ingat beberapa bulan yang lalu ganti kartu ATM BRI yang nyaris kadaluarsa (untuk urusan kadaluarsa2an ingatan saya agak mantap). berhubung bukunya juga entah dimana, sekalian saja diganti. ternyataaaaaaa penggantian buku di BRI itu ribeeeeeet.. memang sih saya bukanya di cabang lain. tapiiiih masa iya saya harus ke cabang tempat buka rekening hanya untuk ganti buku saja. hanya 1 pilihan, tutup tabungan itu. itu katanya mbak CS yaaa.. untung si mbak tanya lagi, itu rekening gaji atau bukan. naaaah, karena itu rekening gaji, jadinya saya di kasih kebijaksanaan.. alhamdulillah.. tapi harus lampirkan SK pindah.. maaaaak..untungnya arsipnya ada di rumah.. berakhirlah saya nongkrong di bank 2,5 jam..itu sudah dipotong balik ke rumah buat cari SK pindah..fiuuuh.. kalo ingat-ingat lagi, saya capek..hahah.. sekian ya komeng saya..
    ewh tambahan deng, cetak nama ga pake lama kok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan ribet juga walopun sudah pake kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan di? haha..karna prosesnya ribet lain kali dijaga itu yah..jangan seperti SIM yang tidak disadari kapan hilangnya tiba-tiba sudah dapat BC penemuan :p

      Cetak nama ndak lama kah? trus mengapa mbak CS yang cantik itu tidak menawarkannya padakuhh? Huhh..

      Delete
    2. hahahah..makasih yaaa sudah mengingatkan tentang SIM itu..saya lupaaaa..hahah..
      dirimu buatnya dimana?di cabang kah?kita memang tidak ditawarkan sam mbak CS yang cantik itu..tapi menawarkan diri..hihihi..etapi gara2 sudah terlalu lama eksis di bank, ATM baruku juga belum bernama..lupaaaa..

      Delete
    3. Sama-samaaa *pasang wajah tak berdosa :p

      Iya, di Cabang, sebenarnya diberi nama juga penting, tapi kapan lagi izin ke banknya? hmm..

      Delete
  9. wah kalo aku kebetulan nasabahnya mandiri nih...pengen pindah ke bank lain huahuaha

    ReplyDelete
  10. mba buat cadangn mendesak kalo ga bisa di pakai lagi boleh di trasfer ke nomer rekening saya mba. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh.. solusinya oke nih, tapi nampaknya menyesatkan.. Mang Aduls ga sedang on mode hipnotisnya kan? :D

      Delete
  11. Mba, sy jg ngalami hal yg sm td saat mau ambil doku ehhh ternyata kartu ATMnya kadaluarsa pas doku dah tipis di dompet... Dulu sy buka rek di Jakarta, tp skrg tinggal di Solo. Bisa tdk sy ganti kartu di Solo???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bisa, saya buka rekeningnya dulu di kabupaten, sekarang udah di ibu kota provinsi. Yaa..walaupun masih 1 provinsi di kasus saya, semoga untuk kasusnya mba bisa. Kan ada verifikasi(wawancara kecil) dulu untuk membantu memastikan yang datang adalah benar-benar pemilik rekening.

      Delete
    2. Ok tks mba, bsk sy cb ke kancab terdekat deh...

      Delete
    3. Akhirnya stelah nunggu sktr 45 (antri+proses) dpt deh kartu ATM BRI baru di kancab + free adm. Walau beda prop juga bs asal bw Kartu Atm lama, butab dan KTP saat buka rek...

      Delete
    4. Iya bener, asal bawa KTP+ATM+BuTab saat membuka rekening bisa.

      Selamat yaa..udah bisa dipakai kartu barunya + ga pake biaya administrasi ^^

      Delete
  12. heee??? emang beneran bisa kadaluarsa? atau hanya BRI aja ya, aku nggak punya ATM BRI sih :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya BII, ada waktu kadaluarsanya juga.. kalau kartu ATM lain belum tanya-tanya teman..hehe

      Delete
  13. Belum pernah mengalami kalau ATM kadaluarsa mbak. kalau kartu kredit yang kadaluarsa biasanya otomatis dikirim baru beberapa bulan sebelumnya ya. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu y? Saya soalnya belum pernah berurusan dengan kartu kredit..hehe

      Delete
  14. Hallo mbak Irly, akhirnyaaaa saya datang hehe, seneng banget bisa jalan2 ke blog orang2, mbak, saya pernah juga merasakan kadaluarsa ATM pas di ATM jadi panik karena ga bsa digunakan, rupanya kita harus sering ngecek ATM kita ya, semacam kartu SIM juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak..
      Iya, kita suka keasikan pakai aja sih..
      Mungkin sekarang bisalah buat reminder sebulan sebelum kartunya kadaluarsa :D

      Delete
  15. BRB cek ATM, saya masih lama habis diganti krna hilang siiy, xixixix

    Klo kartu hilang nanti dikasih yg baru dan otomatis akan ada kadaluarsa yg baru *pengalaman pribadi juga* tapi rempongnya klo hilang hilang harus ada surat keterangan hilang lagi dr om polis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rempooong...semoga kartuku aman biar ndak berurusan sam om polis..

      Delete
  16. Ih, sama mak, aku juga internet banking gak bisa dipake lagi gara-gara lupa password :D

    ReplyDelete
  17. Buku tabungan sy tertinggal di mkssar. Dan sekarang sy di jogja. Jika gak bawa buku tabungan saat ke cs bri apa bisa? Dan apakah sy harus ke cabang bri di jogja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti pengalaman mbak Eli di atas, sepertinya butab itu salah 1 hal yang wajib, tapi kalau mau mencoba(karna sudah mendesak) silahkan ke CS banknya untuk menanyakan kemungkinannya(atau mungkin minta kebijakan), tapi saya sarankan butabnya minta dikirim ke Jogja saja :)

      Delete
  18. Hmm,, jadi yang diganti kartunya saja ya, mbak?
    :'D maklum ini pertama kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kartunya aja, sama dong, saya juga baru pertama kali waktu itu :D

      Delete
  19. Replies
    1. Kebetulan ga ada, lupa minta dicetak. Dari awal kan emang gitu ya? Kartunya polosan trus kalau mau dicetak namanya baru deh dicetakin :)

      Delete
  20. BRI emang Ribettt..
    jauh lebih enak di PERMATA BANK.. :)

    ReplyDelete
  21. Kalau kadluarsa kira-kira bisa buat trnsfr via atm gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mbak/mas, udah harus diperbarui dulu kartunya. :)

      Delete
    2. Mbak.. kartu atm BRI saya kadarluarsa, buat ganti baru nya bisa ke BRI terdekat apa harus ke kantor buka rekening dulu? KTP saya sudah E ktp sekarang.. jaman buka dlu belom..

      Delete
    3. Kalau masih berada di kota yang sama gantinya di kantor tempat buka rekening dulu, kalau sudah beda kota bisa ganti di kantor cabangnya aja.

      Delete
  22. Saya lagi ngalamin kebingungan ATM BNI kadaluarsa..karna masalahnya buku tabungan saya hilang. Jadi harus ke cabang tempat pembukaan rekening sedangkan tempat pembukaan rekening jauh sama tempat sekarang sudah beda provinsi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah complicated juga ya, itu sudah instruksi dari pihak bank ya? Kalau sudah instruksi dari pihak bank sebaiknya dicarikan waktu, sekalian buatkan buku tabungan yang baru, jadi kedepannya sudah bisa lebih mudah jika ingin berurusan. :)

      Delete
  23. Terimakasi kakak, numpang ngintip postingnya. Bgus,

    ReplyDelete
  24. yg punya kartu atm bpk saya, yg lagi sakit.
    mau ngurus atm yg baru nanti pasti pake tanda tangan bpk kan?
    apakah saya bisa memperwakilkan pengurusan atm baru dan perwakilan tanda tangan juga atau gimana solusinya?
    soalnya bpk saya tidak bisa ke bank untuk pergi pengurusan itu apa lagi tanda tangan, thank's :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya untuk hal seperti itu akan dimintai surat kuasa, hanya saja saya memang belum pernah punya pengalaman terhadap hal ini. Sebaiknya Mas Rypri langsung ke bank untuk menanyakan prosedur yang diinginkan oleh bank, mungkin prosesnya akan lebih "berbelit-belit" karena bagaimanapun jug bank bertanggung jawab terhadap akun dan uang nasabahnya.

      Semoga bisa lancar urusannya ya Mas Rypri, jika tidak keberatan bisa di-share di sini proses yang Mas lewati.

      Semoga bapak Mas Rypri juga segera pulih kesehatannya. :)

      Delete
  25. Itu kalo buku hilang,, gmna,, saya tinggal di jakata,,
    buku nya di buat di palu sulteng hilangnya di jakarta,,
    apa bisa bikin di jakarta,, bikin buku plus atmnya,,, syaratnya apa aja ,,
    tolong bantu,, bank nya BRI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk persyaratan rincinya saya kurang tahu Mas/Mba, tapi dari yang sudah pernah mengalami kemungkinan harus buat di Palu, kecuali ada kebijakan tertentu dari pihak bank.. CMIIW

      Delete
  26. Mak mau nanya kalo gk ke isi saldo slama 6 bln / lwt gmna y apa masi bisa diurus dlm artian apa masi bisa digunakan saat diisi saldo tkhs mak n lm knal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya di bank lain (sekitar 7 bulan).. selama saldonya masih ada, rekeningnya bisa dipakai kok. Hanya sebaiknya memang dicek dulu ke bank, kalau masih aktif kan bisa sekaligus untuk mengaktifkan kembali ATM dan rekening yang sempat pasif.

      Delete
  27. kalau saya bukan masa aktip kartunya tapi masa aktif saldonya..hehe kan kalau 6 bulan saldo kosong,pihak bank akan menutup no rekening kita.

    ReplyDelete
  28. Kalau yang kadaluwarsa cinta saya ke dia gimana? ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Masnya malah ngelawak.. Coba bawa di pembuat parcel dari bahan kadaluarsa Mas, kali bisa dipaketin aja sama biskuit kadaluarsa yang lain. LOL

      Delete
  29. Terima Kasih.. artikelnya menarik dan bermanfaat banget.
    websitenya juga bagus ka..
    salam kenal y, saya hammad:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Hammad..
      Salam kenal balik..
      Jangan bosan main ke sini ya :)

      Delete
  30. terima kasih atas informasinya,,
    saya juga mau transfer lewat atm,,ada keterangan kartu keduarsa,,haduh,,pusing deh,,harus ngurus ke bank ya :(
    bsk hari senin,pasti rame dah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali..
      Hehe.. semangat Mas, memang sudah waktunya juga.
      Semoga bangku CS gak panjang antriannya.

      Good Luck! ^^

      Delete
  31. Nice. Sangat membantu. Pdhal sy baru tau kartu ane punya kadaluarsa pass ada pemberitahuannya di mesin ATM.

    ReplyDelete
  32. Nice. Sangat membantu. Pdhal sy baru tau kartu ane punya kadaluarsa pass ada pemberitahuannya di mesin ATM.

    ReplyDelete
  33. Dulu aku ga ngerti mak kalo atm ada kadaluarsanya. Ngeh pas merhatiin ada angka bulan/tahun di kartunya >.<


    Tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. iya.. kadang lihat juga sih, tapi banyak yang abai ^^

      Delete
  34. Ka, mau tanya. Kalo tulisan di kartu habisnya tahun 2019, tapi udh lama bgt gak dipake atau gak ngelakuin transaksi, harus di aktifin juga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah 6 bulan tidak ada transaksi apapun, statusnya udah dormant, harus diaktifkan lagi kartu ATMnya.

      Delete
  35. Ka, mau tanya. Kalo tulisan di kartu habisnya tahun 2019, tapi udh lama bgt gak dipake atau gak ngelakuin transaksi, harus di aktifin juga??

    ReplyDelete
  36. Gan,kalau atmnya dlm sthun kadaluarsa kira2 uang dlm tabungan msih aman gk ya n pa bisa di urus lagi untuk mengaktifkannya.mohon jwabannya ganntrma kasih

    ReplyDelete
  37. Ktp sementara tidak boleh padahal sdh di lakukan di cabang.buku tabungan .atm. Semua sudah dibawa masih gak boleh...dasar gila

    ReplyDelete
  38. Ponakanku atm cimb dia kadaluarsa dia buka butab di jakarta sedangkan dia sekarang di kampung punya anak kecil. Dalam butab masih ada saldo yang lumayan. Bagaimana ya? Aman gak ya? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. sebaiknya segera diurus biar aman dan lebih pasti juga uang ponakannya. :)

      Delete
  39. Asslm....numpang tanya mba,saya mau ganti atm kadaluarsa tapi ktp yg buat buka rek kadaluarsa juga,bisa gk ya pakai ktp baru tapi almt'y udh beda dulu bikin dijawa skrg ktp udh klmntan.tolong bantu jawab yaa mba mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. sudah beda provinsi ya? Untuk kasus ini saya gak ada clue. Dicoba aja dulu ke kantor cabang terdekat, mungkin yang dirujuk di KTPnya NIKnya aja, kan nasional. Semoga bisa ya..

      Delete
  40. Asslm....numpang tanya mba,saya mau ganti atm kadaluarsa tapi ktp yg buat buka rek kadaluarsa juga,bisa gk ya pakai ktp baru tapi almt'y udh beda dulu bikin dijawa skrg ktp udh klmntan.tolong bantu jawab yaa mba mksh

    ReplyDelete
  41. Asslm....numpang tanya mba,saya mau ganti atm kadaluarsa tapi ktp yg buat buka rek kadaluarsa juga,bisa gk ya pakai ktp baru tapi almt'y udh beda dulu bikin dijawa skrg ktp udh klmntan.tolong bantu jawab yaa mba mksh

    ReplyDelete
  42. Terima kasih, informasinya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  43. Bisa di kantor cabang mana saja kan, gak harus ke kantor cabang unit pertama kali buka tabungan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai kemarin saya tanyakan ke CSnya boleh kok..

      Delete
  44. wah bisa kadaluarsa ya? berapa taun kadaluwarsane...?

    ReplyDelete
  45. terimakasih informasinya kakak... kebetulan saya baru tahu masa aktif atm saya sudah habis, coba googling ketemu blog ini
    mantab..

    ReplyDelete
  46. Kartu atm saya hari ini sudah mati. Apakah ngaruh dengan saldonya?
    Soalnya besok bank tutup juga. Udah masuk bulan depan jugan besok senin. Mohon penjelasannya..
    Makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok.. gak mempengaruhi saldo di tabungan, hanya kemudahan mengakses uang saja yang jadi kurang praktis..

      Delete
  47. Boleh tanya gak?
    Uang gue di atm bri ada 1,8jt. Bisakah gue narik uang 1,8jt itu ditellet nya langsung, kan kalo di atm harus 1,7jt karna 100 itu biaya administrasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. menarik nih.. nanti kalau ke bank saya coba tanyain.. hehe

      Delete
  48. KLO ATM kadaluarsa ..TPI keadaan saya masih di luar negeri gimana cara perbaiki ya ..mohon solusinya dong yang taw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh gak bisa kepake ATMnya Mba..Tetap harus dibuat di Indonesia saat balik nanti.

      Mungkin untuk transaksi bisa memanfaatkan jasa internet banking, ditransfer dulu ke rekening lain yang ATMnya bisa dipakai.. :)

      Delete
  49. KLO ATM kadaluarsa TPI posisi saya masih di luar negeri gmna cara aktifkan min..saya udah ke cabang sini TPI gak bisa ..mohon solusinya.. Mkasih

    ReplyDelete
  50. Munngko mbk alif Umami bisa kasih surat kuasa kepada orang tua yang ada di indonesia biar dibenerin di sini aja..
    hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...