25 Sep 2015

Pengalaman Setahun Menggunakan Kawat Gigi Dengan Damon System


Menggunakan kawat gigi adalah hal yang sudah lama saya idam-idamkan. 

Kurang lebih sudah sekitar 10 tahun yang lalu ingin saya gunakan, hanya saja saya urungkan karena orang tua saya tidak mengizinkan, terutama Mama yang tidak begitu suka melihat orang pakai kawat gigi. Ya, mungkin dulu terlihat aneh untuk orang tua saya. Padahal Mama juga nonton Betty La Fea dulu. *Nyambung ya? Hihi* Tapi.. namanya juga orang tua. Saya manut saja, toh saya tidak punya uang dan merengek meminta sesuatu bukanlah style saya *Ciyehh bahasanya*.

Setelah saya kerja dan sudah mandiripun terbukti uang bukanlah alasan Mama melarang saya, tetap saja saya tidak dibolehkan memakai kawat gigi. Ya sudah saya tetap manut, sampai akhirnya saya ke tempat praktek dokter untuk melakukan tambalan pada lubang kecil di gigi saya, saya melihat banner yang mengenai Damon System di pintu masuk. Dengan banyak bertanya dan mempertimbangkan masak-masak, saya akhirnya memasang kawat gigi 13 September 2014 lalu. Dengan seizin Mama tentunya.

Apa itu Damon System?
Damon system adalah teknologi terbaru dalam memperbaiki gigi, keunggulannya antara lain:
1. Minim rasa sakit.
2. Waktu yang diperlukan relatif singkat.
3. Tidak harus mencabut gigi.
4. Jadwal konsultasi lebih jarang.

Keempat hal itu yang dijelaskan dokter kepada saya. Nanti akan saya paparkan mengenai pengalaman saya menggunakannya selama setahun ini.



Kenapa harus memakai kawat gigi?
Awalnya saya ingin memakai kawat gigi lebih karena gigi atas saya yang agak maju kedepan*akhirnya saya tahu kenapa waktu kecil kalau buka bungkus makanan pakai gigi teman saya bisa dan saya tidak bisa :D* kalau masalah rapi memang cukup rapi, dokter juga bilang begitu, tapi setelah di-rontgent baru mulai kelihatan secara jelas "penampakan" gigi saya secara utuh. 2 gigi saya yang sejak lama saya biarkan ompong juga sudah mulai menunjukan akibat tidak sehatnya. Opsinya ada 2, memasang gigi palsu atau mau perawatan total dengan menggunakan kawat gigi.

Akhirnya saya memilih menggunakan kawat gigi, saya yang malas ke dokter gigi bisa rajin kontrol kesehatan gigi jika sudah punya jadwal dengan dokter, itu pertimbangan saya. Segala biaya yang saya persiapkan untuk perawatan gigi juga kebanyakan sudah tercakup di dalam perawatan ortho ini (misalnya scheling dan cabut gigi). Saya mantap dengan perkiraan 1,5 tahun kedepan saya sudah bisa melepas kawat gigi.

Memilih behel transparan
Saya puas sekali dengan pilihan saya memilih behel transparan, benar-benar memenuhi keinginan saya untuk tidak tampil mencolok dengan kawat gigi, apalagi dengan Damon system yang bebas karet warna-warni dan diawal pemakaian kawat yang digunakan sangat tipis. Banyak teman yang tidak "ngeh" kalau saya sudah menggunakan kawat gigi!. ^^

Makanan
Oh ya, mungkin ada yang menanyakan kendala masalah makan. Begini, saya penyuka kripik,  langsung saja saya kasih bayangan masalah kripik ya, karena tahu sendiri kan kripik termasuk makanan yang terbilang "keras" dan sejak awal pakai kawat gigi saya masih makan itu. hihi.. Saat saya tanyakan ke dokterpun, dokter juga bilang untuk makan seperti biasa dan kripiknya dikurangi saja, tidak melarang sepenuhnya. Gak heran ada pasien kepedean makan steak dan bracetnya ada yang lepas *apa emang dokternya aja yang baik ya?Hihi..* 

 Malam pasang kawat gigi, besok sorenya kita..makan-makaaann!! ^^
  
Ada masanya saya memilih makan bubur, yaitu saat penarikan selama 2 atau 3 hari, karena pada saat itu gigi sedang sangat goyang dan dokter juga berpesan untuk memakan makanan yang lunak saja dulu.
 
Bagaimana dengan keunggulan-keunggulan di atas?

Oke, saya coba berikan testimoni satu per satu ya...

1. Minim Rasa Sakit
Hal ini tampaknya benar jika dibandingkan dengan cerita teman-teman yang tidak menggunakan Damon, karena diawal hanya ada rasa aneh karena ada benda baru yang menempel ke gigi, tidak sakit, tapi tetap saja rasa sakitnya akan ada saat masa penarikan untuk merapatkan jarak pada gigi.

Jadi keunggulan itu tepat karena rasa sakitnya sudah sangat diminimalisir oleh system ini, setidaknya saya tidak mengalami banyak rasa tidak nyaman, berbeda dengan cerita teman-teman yang sudah lebih dulu menggunakan kawat gigi (bukan dengan Damon system). Kalau kata dokter, hal itu disebabkan oleh tidak adanya karet yang hasilnya mengurangi gesekan dan tekanan.

2. Waktu yang diperlukan relatif singkat
Waktu yang relatif singkat inilah yang menarik perhatian saya, terlebih sebelumnya dokter menunjukkan hasil sang pasien yang berhasil merapikan giginya yang berantakan dalam waktu kurang lebih 6 bulan. Tanpa ada gigi yang dicabut. Tapi belakangan dokter menjelaskan, untuk masalah gap atau jarak pada gigi, relatif lebih lama perkembangannya, tapi saat saya sebut sudah setahun dokter tetap tidak surut keoptimisannya dengan 6 bulan yang tersisa. Memang kalau masalah jarak gigi yang didepan sudah rapat semua, tinggal yang belakang saja.

3.Tidak harus mencabut gigi
Nah, ini yang harus dipertegas jika ingin menggunakan kawat gigi dengan Damon system, jika gigi pasien proporsional dalam segi jarak dan jumlah maka tidak akan ada gigi yang harus dicabut. Sedangkan jika pasiennya seperti saya, sudah ada gigi yang ompong, otomatis gigi saya nanti akan sangat tidak proporsional, maka dalam hal ini gigi saya harus ada yang dicabut, 1 gigi yang tak berdosa dan 1 lagi memang gigi yang sudah rusak tidak bisa diselamatkan (lagi).

4. Jadwal Konsultasi Lebih Jarang
 Dalam tahap pemasangan, perapatan gigi depan dan pencabutan gigi, saya memang mempunyai jadwal konsultasi 2 bulan sekali, berbeda dengan teman-temang yang jadwalnya sebulan sekali. Saat memasuki masa perapatan gigi yang dicabut dan sudah kadung ompong, saya dijadwalkan berkonsultasi sebulan sekali, soalnya harus ganti karet. Biaya konsultasi juga relatif murah, bahkan dalam jadwal sebulan sekali, beberapa kali saya pulang dengan isi dompet yang kembali utuh karena dokter bilang biayanya cuma sedikit, nanti saja sekalian dengan bulan depan.

So.. Itu dia pengalaman saya selama setahun ini, kurang lengkap rasanya kalau gak pakai foto ya? Walaupun fotonya gak pas setahun, soalnya baru keingat sebaiknya ada fotonya..hehe

Gimana? Sudah kelihatan bedanya?

PS: Kirimkan email dengan subject Damon System untuk fast response dan jika punya pertanyaan seputar harga. Mohon maaf untuk yang minta dikirimi email tidak akan saya tanggapi. Terima kasih.

125 comments:

  1. Irlyyyy...

    Sebenernya gigi aku juga parah banget lho Ly, 2 gigi bagian depanku gede banget jadi kayak gigi kelinci gitu...tapi akunya maju mundur gitu waktu dulu mama suruh pake behel, emang cemen aja sih anaknya hehehe...

    Aku baru tau lho, ternyata ada sistem pake kawat yang gak usah dicabut giginya...huhuhu...telaaaaat...

    Tapi biarin lah, soalnya kata Abah gigi kelinciku itu masuk ke kategori daya tarik katanya...*kemudian diobrak abrik kulkasnya sampai porak poranda*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. haseklahh daya tarik.. jauh gak Abah ketariknya Teh? :p

      Delete
  2. jadi keliatan rapi yaaa mba :)
    temen saya juga ada yang pasang, giginya juga jadi keliatan rapi.
    Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah..
      Kalau gigi rapat kan karang gigi gak gampang muncul..

      Delete
  3. jadi rapi ya, gigi juga penting untuk kesehatan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mbak, sayangnya suka lupa dirawat sih.. *kayak saya..dulu..*

      Delete
  4. Saat ini sudah dibuka belum makk? Aku gak tertarik pasang kawat gigi sih, tapi mungkin veneer atau bleaching gitu *sok ngartis* hahaha.. Di bersihin aja karang gigi aku makk, tapi takut ke dokter gigi hhiikkss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum dong, kan targetnya setahun setengah :)
      Biaya Veneer mah mahal banget, gak permanen pula..

      Delete
  5. Aku tahunya Damon ini gara2 stalking pacarnya Dikta Yovie Nuno, si Sarah Gandrie. Dia kan dokter gigi tuh, sempat bahas Damon juga. Eh skrg kamu malah cerita pake kawat gigi. Jadi pengen nyoba, walaupun mungkin dokter giginya bilang gak perlu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. konsultasi saja dulu, kayak saya kan aslinya kurang mengerti bahayanya membiarkan gigi ompong..

      Delete
  6. sangat jauh mba perbedaannya juga, jadi lebih rapih setelah pake kawat gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga gigi yang di dalam juga lebih rapi :)

      Delete
  7. Wahnjd rapi jali .....
    Duh jd mindrr gihi aku berantakan kkiiiiikiik

    ReplyDelete
  8. katanya kalau pertamakali menggunakan kawat itu sakit ya, tapi hasilnya bener-bener memuaskan ya mbak, rapihhh giginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. awalnya saya pikir juga begitu, ternyata nggak koq, cuma rada aneh aja ada benda asing di dalam mulut..hehe

      Delete
  9. sebagai pengguna kawat gigi, saya penasaran. hmm.. masa jadwal konsultasinya lebih jarang? apa nggak bahaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya diawal-awal 2 bulan sekali Jev, bahaya gimana yang Jev maksud? Kalau ada yang gak nyaman pasien boleh kontak dokter (saya lewat BBM) dan menanyakan apa harus ke tempat praktek atau nggak. Dan so far, saya nyaman-nyaman saja dengan treatment dari dokter.

      Beda behel beda penanganan kali ya Jev..hehe

      Delete
  10. Wah, iya kalo dari jauh gak keliatan kalo lagi pake kawat gigi.

    Kalo aku yang agak menonjol gigi bagian belakang, mau pake tapi takut gak nyaman ckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di awal pemakaian dari dekatpun gak ketahuan kalau pakai kawat gigi lho :)

      Hehe.. urusan merawat gigi kayaknya gak ada yang nyaman ya.. scheling aja ngilu-ngilu gimanaa gitu..

      Delete
    2. Iya kalo gak cermat gak keliatan :-)

      Iyaa.. :(

      Delete
  11. makin caantiikmii.. jadiii, kapan katanya bisa dilepas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. belum pi... Menyongsong 6 bulan kedepan dengan ragu-ragu :D

      Delete
  12. wah kalo aku pakai yang biasa aja mbak hehe soalnya damon mahak di kantong aku, sekrng udah hampir 8 bulan aku pake kawat gigi, gigi aku yg duul naudzubillah berantakannya skrng dah rapi walaupun masih ada satu gigi yang posisinya masih rada dibekaang dan blm maju hehe ,,,salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik^^

      Wah.. muda 2 bulan ya? *apaan sih :D*
      Semoga segera rapat yaaa :)

      Delete
  13. Pengin pasang kawat gigi buat krucils yang masih 9 tahun.Tapi kasihan ntar tambah kurus karena katanya kalau pasang kawat gigi jd nggak doyan makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultasikan saja dulu ke dokter Mbak, sama tanya kesiapan si kecil :)

      Delete
  14. keliatan mbak, hebat yah teknologi jaman sekarang mah memang sudah maju sekali, kalo saya sih ga pake kawat mbak,hehe
    ada juga yang pakai kawat hanya sekedar style ya mbak, itu mahal ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang cuma buat style itu biasanya jauh lebih murah... Tapi justru bisa berbahaya untuk kesehatan mulut.

      Delete
  15. Udah keliatan banget bedanya mbak irly.. mudah mudahan sesuai target ya.. 6 bulanan lagi bisa beres semua dan lepas kawat giginya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga.. semoga gak ada perpanjangan waktu..hehe

      Delete
  16. Irly dulu tahun 2012 aku pernah pasang kawat gigi, tapi nggak lama cuma sekitar 8 bulan kemudian lepas. dulu pakenya bukan dengan damon system, jadinya aku sariawan gk sembuh-sembuh akhirnya dng pertimbangan lain aku lepas aja karena capek kontrol dan capek ngeluarin duit buat ini itu nya hihihi, pada dasarnya gigi ku udah rapi cuma kalo dari samping kelihatan agak maju gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..kasusnya Onnie sama seperti saya, dari samping kelihatan agak maju, dan memang gigi atas gan bawah saya yang depan itu gak ketemu. Wah.. dilepas itu belum sempat cabut gigi kan Onn?

      Delete
  17. awal pakai kawat gigi sakit banget ga bisa makan yang keras-keras mesti yang lembek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ditakar aja sih.. saya awalnya takut makan yang krispi-krispi, tapi ternyata bisa tetap menjalankan hobi nyemil..hehe

      Delete
  18. Lebih rapi setelah pakai kawat gigi Mbak. Teman saya juga ada yang pasang karena ada jarak antar gigi yang renggang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jarak gigi itu kalau gak dirawat dengan baik berpotensi membentuk karang gigi, ujung-ujungnya menimbulkan bau mulut...

      Delete
  19. Oh kawat gigi itu bermacam-macam ya? Kirain sama semua. Soalnya saya sering denger keluhan dari temen yang pakai kawat gigi. Jadi agak takut mau pasang kawat gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, coba googling lebih banyak lagi sebelum memutuskan, semoga sharing dari saya membantu ya :)

      Delete
  20. Replies
    1. Ehh.. baru ngeh ada yang nanya biaya juga di atas, kalau beneran nanya via email juga ya..

      Ini mas Zach kan y?

      Delete
  21. Mbak aku baru mau pasang behel, kira2 itu berapa ya total semua nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. kalau masalah duit bahasnya by email saja ya.. bisa dilihat di contact. Feel free to mail me ;)

      Delete
  22. Salam kenal mbak Irly, setelah hunting review pasang behel damon sana sini, akhirnya nemu review yg up to date, nice info.nya.. boleh tahu tentang budgetnya mbak,
    terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik, kalau budget kita ngobrol via e-mail saja ya.. silahkan lihat di kontak ;)

      Delete
  23. biaya pasang dan kontrolnya brp ? dgn drg ortho siapa ya ?

    ReplyDelete
  24. ka irly, saya mau nanya, habis berapa ka pemasangan behelnya ? sama dokternya didaerah mana?

    thanks

    ReplyDelete
  25. Pagi mbak, tanya dong.. Mbakbya pakek bpjs kah untuk masang kawat gigi?

    Terimakasih sebelumnya. Salam Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pakai BPJS Mas Marco, kalau gak salah ingat, untuk perawatan ortho seperti behel ini, gak bisa pakai BPJS. CMIIW

      Delete
  26. Berapa ya mba biaya masangnya? Jadi kepengen masang juga nih hehehe

    ReplyDelete
  27. Maaf Mbak.. Boleh tau gak,waktu awal pasang behel,umur berapa ya?? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. umur berapa ya? 28 kalau gak salah.. :)

      Maaf baru balas ya.. ketimpa sama komentar lain ...

      Delete
  28. Mohon info tempat pemasangan dan harga nya ya mbak. Terimakasih ;)

    ReplyDelete
  29. Mohon info tempat pemasangan dan harga nya ya mbak. Terimakasih ;)

    ReplyDelete
  30. Mba boleh share alamat dokter dan biaya gak mba? Saya jga pnya masalah yg persis sama dengan mba. Terimakasih

    ReplyDelete
  31. Mba boleh share alamat dokter dan biaya gak mba? Saya jga pnya masalah yg persis sama dengan mba. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. All: Pasanganya di Kendari- Sultra
    Untuk biaya via email aja yah.. mohon pengertiannya..

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  33. Jadi penasaran. Bedanya cuma di karet ya, Ir? Emang nggak terlalu kelihatan sih kalau dari jauh.. Btw, kata teman-teman saya pake kawat gigi bikin sariawan, Irly gimana? Sikat giginya juga khusus nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak cuma karet Mbak Yanet.. Bracesnya juga.. tapi makin ke sini sepertinya clear braces sudah bisa digunakan di kawat gigi konvensional..

      Sebelum pakai kawat gigi saya sudah langganan sariawan Mbak, gak cuma 1, minimal 2 atau 3. Setelah pakai kawat gigi malah amat sangat berkurang, sudah jarang sekali saya sariawan.. dikasih tips dari dokter soalnya (Mungkin Senin besok saya tuliskan di blog Mbak). :)

      Delete
  34. Mbak boleh tau nga harga n dokternya dimana ? Hasilnya uda keliatan,rapiiiih :D

    ReplyDelete
  35. Mbak irly.. boleh minta info, pasangnya ke dokter siapa dan dimana, n biaya pasangnya juga ya.. makasii..

    ReplyDelete
  36. Mbak irly.. boleh minta info, pasangnya ke dokter siapa dan dimana, n biaya pasangnya juga ya.. makasii..

    ReplyDelete
  37. Mbak minta info harga nya dongg...
    kusumaprastiwi@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Mba, sekarang sudah dilepas yaa behelnya? Gimana rasanya mba? Trs harga masangnya berapa mba? Mksh

    ReplyDelete
  39. mbak infoin total biaya pemasangannya dong..

    ReplyDelete
  40. Biaya nya abz brp kak kalau boleh tau ? Ernawati568@gmail.com

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Mba biayanya habis berapa?? Trus pasang behelnya ke dokter apa?? Makasih
    Jiyeoneljason@gmail.com

    ReplyDelete
  43. Mba biayanya habis berapa?? Trus pasang behelnya ke dokter apa?? Makasih
    Jiyeoneljason@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Mba mau tanya biasa nya berpa biaya ganti karet nya stiap bulan ?
    Oya mang beda harga ya mba klo kita ganti karet dan ganti kawat ?
    Sya lagi pke behel mendadak bngung abis gnti karet biaya nambah kta nya krna gnti kawat jga

    ReplyDelete
  45. Hallo mba Irly tolong tanya dokternya dimana pasangnya? jessie_538@yahoo.com.sg thankyou ya

    ReplyDelete
  46. Mba biayanya habis berapa?? Trus pasang behelnya ke dokter apa??
    Omarsaid199@gmail.com

    ReplyDelete
  47. kak, emang pasang dimana waktu pertama kali pasang behel dengan damon system itu??? terima kasih.

    ReplyDelete
  48. halo boleh tahu info berapa biaya pasang braces damonnya? bisa tolong di email ke sitilia.rahmatika12@yahoo.com terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  49. Keren...
    Kalau boleh tau pasangnya dimana dan berapaan?

    ReplyDelete
  50. untuk biaya brp ya mohon infonya ainywrd@gmail.com

    ReplyDelete
  51. untuk biaya brp ya mohon ifonya ke umam.eleven@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Dear pembaca, sila email ke alamat yang tertera ya.. subjeknya Damon system. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  53. kak, bagi info lengkapnya ya email: indahkurnia08@gmail.com

    ReplyDelete
  54. Selamat siang kak.boleh sy tau info lengkapnya?seperti dokter,lokasi,biaya (behel,kontrol,dkk), proses yg dilakukan sblum behel dipasang,yg dikonsultasikan ke dokter yg bersangkutan. Jawabannya bs di email ke margarettannia@gmail.com
    Terima kasih kak

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Kaka irly, Damon kayak nya mahal ya, mohon info nya pas pasang Damon kira kira butuh budget berapa ya? Tertarik banget setelah baca artikel ini, biar bisa ngumpulin buat pasang, Terimakasih info saja ke email saya ya kakak rahmat_smile@ymail.com terimakasih.

    ReplyDelete
  57. Saya juga sudah lama kepingin pasang kawat gigi, karena gigi saya tidak rapi. Cuman biasanya dokter yang melakukan perawatan rutin harus yang memasang sebelumnya, sedangkan saya pulang kampung baru 3 bulan sekali :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasangnya jangan di kampung kalau gitu, di tempat tinggal saja :)

      Delete
  58. Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan kawat damon system ini berapa ya mbak? Saya denger-denger biayanya di atas 10 juta

    ReplyDelete
  59. wah, subhanallah, saya pengen pasang kawat gigi tapi takut efek sampingnya, apakah ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek samping means something bad ya? Bisa lebih spesifik efek apa yang kira-kira dimaksud?

      Delete
  60. Halo ka,dulu pasang behel kena berapa ya ? soalnya saya mau pasang juga ni ,trims :)

    ReplyDelete
  61. Halo Mba Irly, saya rencana mau pasang kawat gigi. Kalo untuk damon system biayanya berapa ya?

    ReplyDelete
  62. Mba biaya pemasangan bisa dishare? Tolong emailin ke kandar.private@gmail.com
    Makasih banyak mbaa

    ReplyDelete
  63. ka aku juga mau pake behel tapi ga di ijinin sama orang tua ㅠㅠ..
    tapi aku mau tetep pasang demi gigi yg bagus di masa depan .. hiks
    tolong ya ka infoin harga nya ke email aku... rdissiregar@yahoo.com
    thankyou ^^

    ReplyDelete
  64. Kakak kan islam apakah diperbolehkan kak membehel gigi yang tonggos?
    Soalnya gigi saya yg dua agak maju, mau dibehel tapi gapunya biaya):
    Plisjawab😊mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Windy, boleh tidaknya ini juga sempat lama menjadi pertimbangan saya.

      Sebatas yang saya tahu, selama tujuannya jelas karena kebutuhan, bukan untuk sekedar gaya-gayaan saja, rasanya saya tidak melanggar aturan. Tapi pengetahuan saya masih cetek, jadi Windy harus mencari info lebih jauh lagi. Untuk maslah agama bertanyalah pada yang ahli tentang agama. 😊

      Delete
  65. pasang, habisan berapa duit mba? kirim sini yah fariznurridwan@gmail.com

    ReplyDelete
  66. Mbak, alamat emailnya apa? Mohon dijawab.
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mba Irly,

      Mba irli mau minta info dong seputar harga pakai damon system+plus tempat pasangnya(dentalnya)?

      Thanks

      Delete
  67. Kira" harga nya berapa itu pasang atas bawah?

    ReplyDelete
  68. Mba saya ada email mba dibaca ya mba :) makasih

    ReplyDelete
  69. Mba saya ada email mba mohon di baca ya makasih :)

    ReplyDelete
  70. Kaka irly, Damon kayak nya mahal ya, mohon info nya pas pasang Damon kira kira butuh budget berapa ya? Tertarik banget setelah baca artikel ini, biar bisa ngumpulin buat pasang, Terimakasih info saja ke email saya ya kakak. haidar.faqih.alim@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  71. emang harus setahun ya... gunain kawat giginya. gak ngerti soal'nya mau pasang belum sempat terus..

    ReplyDelete
  72. Mba untuk biaya dan lokasinya dimanayah?

    ReplyDelete
  73. Pengen coba pake behel rapihin gigi gtu, tapi takut ke dokternya soalnya udah ada yg bolong lah, yg depamn kek gigi kelinci lah gara gara waktu kecil pas gigi nya ungger(goyang) suka digoyang goyangin depan belakanh jadinya gt. Jadi takut kedokternya dikira kondisi nya parah gini��������

    ReplyDelete
  74. Pagi mba irly, untuk Damon bracet berapa ya total biaya nya? Kalo boleh tau boleh share by email nindarii@gmail.com. makasih ya mbaaa

    ReplyDelete
  75. wah, system damon cepetya hanya 6 bulan. biasanya kan 1 tahun bakan lebih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...