29 May 2015

Hidup Sehat Dengan Rutin Berolahraga

Semangat Pagiiii...

Olahraga adalah salah 1 hobi yang sudah saya jalani secara rutin kurang lebih  4 tahun, belum lama ya? Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif kan? :)

Awal ketertarikan saya untuk berolahraga terutama jogging adalah untuk mengisi waktu luang, tugas di Kabupaten yang sepi hiburan butuh banyak kegiatan positif agar perasaan rindu rumah tidak sering mampir. Dalam seminggu rata-rata saya berolahraga 5 kali, Selasa dan Rabu sore hari sepulang kantor, Jumat sebelum masuk kantor dan pagi di hari Sabtu dan Minggu. Tidak butuh waktu lama, sayapun ketagihan berolahraga karena Insomnia saya hilang, BAB lancar, tidak mudah lelah dan tidak gampang stress.

Sekalipun sudah hampir setahun rutin berolahraga, tidak ada penurunan berat badan yang saya rasakan. Tapi saya tahu bahwa tidak selamanya lemak hilang dan kemudian berat badan turun, tapi lemak itu menjadi otot. Hasilnya terlihat saat saya mengikuti tes komposisi lemak dalam tubuh menggunakan Biometrical Impedance analysis (BIA). Kalau boleh menambahkan manfaat diatas, badan saya menjadi lebih padat dan saat ini berat badan saya hanya 55 Kg.
Hasil tes tahun 2013 ini bikin saya makin termotivasi, otot gak kalah dari lemak tubuh dan harus memperbaiki pola makan lagi agar bisa lebih sehat^^
"Dengan berat yang sama, otot lebih padat daripada lemak sehingga memakai lebih sedikit ruang dan otot membutuhkan kalori lebih banyak daripada lemak untuk bertahan di tubuh" - Jansen Ongko

Tips Hidup Sehat ala IrLy
1. Olahraga Teratur dan Mengatur Pola Makan
Klise? Iya klise, tapi kalau cuma bisa teori doang mah jangan ngomong klise-klise-an. Dengan mengombinasikan olah raga rutin dengan pengaturan pola makan, saya mendapatkan 1 lagi manfaat nyata, Maag saya jarang sekali kambuh. Padahal dulu sering banget ke dokter. Pola makan yang teratur diikuti dengan makanan yang bernutrisi membuat saya tidak perlu ke dokter lagi.^^

2. Miliki Teman Berolahraga
Teman yang juga gemar berolahraga akan menjadi motivasi walaupun kita sedang malas. Saat mulai mengenal olahraga saya tidak akan olahraga jika tidak punya teman tapi sekarang saya sudah mandiri karena merasa butuh, gantian saya yang mempengaruhi teman-teman untuk ikut berolahraga. Seringkali saya mengajak langsung teman-teman untuk ikut senam bersama yang diadakan di Taman, memberikan video-video zumba yang saya unduh agar bisa diprektekkan di rumah dan memperbanyak update status tentang olahraga melalui media sosial. Saya sudah termasuk #HealthAgent belum? hehe..

3. Pilih Tempat yang Disukai
Jogging sepulang kantor sambil menikmati suasana senja di dekat pelabuhan, penat hilang badan bugar^^
Untuk berolahraga secara kontinu tempat termasuk faktor yang menentukan, mungkin dalam 1 atau 2 kali berolahraga kita belum bisa mendapatkan tempat yang nyaman, mungkin juga hanya karna perasaan asing terhadap tempat yang kita gunakan untuk berolahraga, teruslah berolahraga dan dapatkan info tentang tempat yang cocok dari teman-teman yang juga menyukai olahraga.

4. Tambahkan Variasi Dalam Olahraga
1 Jenis olahraga saja sangat mungkin membuat kamu bosan, Upgrade pengetahuan tentang olahraga dan jenisnya melalui internet dan cobalah jenis olahraga lain agar bisa termotivasi dan konsisten dalam melakukan olahraga secara rutin.

Konsisten
Rasa Malas dan kesibukan bisa jadi faktor yang menjadi awal kendor bahkan berhentinya rutinitas olahraga, JANGAN DIIKUTI! Kalau malas sudah datang 1 kalimat penyemangat yang harus jadi sugesti adalah "Saya Butuh Olahraga". Konsisten menjalankan hidup sehat bukanlah hal yang bisa dicapai begitu saja, harus pandai-pandai mendisiplinkan diri. Kalau sudah bisa konsisten, pastikan kamu menjadi #HealthAgent  dengan mengajak orang lain untuk ikut menjalankan hidup sehat. Yuk hidup lebih sehat dengan rutin berolahraga! ;)

Sebelumnya, jangan lupa ikut lomba yang diadakan Nutrifood ya..

42 comments:

  1. hehe... sy tiap hari jalan (olahraga) juga nggak turun2 kok mbak berat badannya...
    semangat dan sukses mbak GA nya... :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..hasilnya belum tentu yang terlihat oleh mata..semangat olahraganya^^

      Delete
  2. wah asyik dan hebat mak. olah raga untuk bugar dulu saja ya kl pemula. urusan bentuk badan atau BB menyusul. btw, kl olah raga malam hari di dalam ruangan itu baik ga mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab sepengetahuan saya ya^^
      Kalau berdasarkan tingkatannya sebaiknya pagi, badan paling bugar dipagi hari, baru kemudian di sore hari, kalau untuk malam sebenarnya tidak disarankan, tapi umumnya karna kendala waktu, dari pada gak olahraga sama sekali kan? Nah, jika memang opsinya cuma malam, yang terbaik adalah di dalam ruangan, dibanding olahraga di luar ruangan yang rentan dengan polusi udara, tumbuhan sudah tidak menyerap karbon dioksida tapi ikutan "rebutan oksigen" dengan kita .. yang harus diperhatikan jika olahraga dimalam hari adalah waktu cooling down, setelah olahraga harus ada jeda sekitar 2 jam baru tidur, biar waktu tidur tidak terganggu^^

      Delete
  3. Olahraga memang memiliki banyak manfaat, antara lain seperti yang udah Mba Irly sebutkan di atas (Insomnia saya hilang, BAB lancar, tidak mudah lelah dan tidak gampang stress) dan memang olahrga itu bukan menurutkan berat badan. Yang ada membakar kalori dan larinya ke otot.

    Itu yang saya pahami ketika sering sharing sama anak jurusan olahraga dan teman angkatan yang ikut fitnes.

    Sukses ya buat lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya punya teman-teman yang ngerti tentang olahraga^^

      Delete
  4. Wow, emejiiiiinggg.. hebat ly.

    Sy sejak kelar kuliah, praktis nda pernh lgi olahraga2 begini, kecuali nyuci n beberes kmar pecah. Lol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... banyakin nyuci saja Ci, nitip yaaaakk.. :D

      Delete
  5. Joging sepulang kantor berarti menjelang malem ya kak..
    Hebattt ga ada capeknya..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rata-rata sih selesai ganti baju tuh sekitar pukul 16.30an baru keluar kantor n mulai jogging^^
      Ayukk Nita juga rajin Olahraga^^

      Delete
  6. Irlyyy...
    Aku juga mulai rutin olahraga sejak 2 tahun belakangan ini Lyyu...walopun sebatas senam bareng ibu2 komplek waktu Fathir sekolah...

    Dan emang iya sih, berat badanku tetap tapi gak berasa peot lagi dan agak kenceng dikit lah...uhuk...

    Tentang temen kadang memotivasi, tapi kadang menjerumuskan Lyyy...bhahah
    Temenku sempet gak mau senam kalo gak ada temen...tapi aku mah cuek sih kalopun harus sendiri juga..toh disono bisa sok akrab sama temen lain :)

    Mudah2an kita bisa semangat terus olahraganya. Dan sukses buat kontesnya yaaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereennn... kalau udah ada buntut bisa olahraga dan rutin itu butuh perjuangan bangett...

      Bener Teh, saya juga dulu gitu banget..untung bisa move on bersama keaendirian ini*halah

      Aamiin..makin rajin n konsisten berolahraga^^

      Tengkyu Teehh...

      Delete
  7. Olahraga memang penting banget ya, Mbak. Kalo saya suka olahraga bersepeda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh..asiknyaa... Saya suka parno kalau ketemu kendaraan pak, ga ada kaca spionnya*emangnya motor? :D

      Delete
  8. Konsisten memang perlu bgd ya mbak...kadang niat sdh ada, olahraga pun udh dilakoni, tp akhirnya mandeg ditengah jln yg bikin mandeg tu biasanya kurang semangat konsisten..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..disitu salah satu fungsi teman berolahraga akan diperlukan^^

      Delete
  9. iya bener. Meski berat badan gak turun tapi berasa padat dan lebih enteng tubuh karena olahraga ya

    ReplyDelete
  10. Aku berkeringat sampe kayak sauna dengan aktivitas sehari2, jarang banget olahraga yg bikin keringetan berkualitas. Harus dicontoh kebiasaannya mak Irly nih, biar gak lembek juga badannya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bu ibu emang biasanya gitu, rempong kan ya? Tapi coba jadiin olahraga sebagai "Me Time" deh... 30-45 menit saja dalam sehari, pasti akan berasa beda ^^

      Delete
  11. olahraga memang penting. penambahan variasi juga bisa memperseru kegiatan olahraga itu sendiri. kalau dirumah sih, saya biasanya pushup sama sit up kecil. hahaha :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye yang push up n sit up kecil... Variasinya apa Jeff?

      Delete
  12. Kereen mba, pengen deh meniru dirimu, dulu aku aerobik tapi sekarang ngga bisa huhuhu...mau coba lagi ah rutin semoga menang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huihihi..jadi malu nih..saya juga ga ngerti kalau udah punya bontot seperti kalian mbak...semoga bisa konsisten^^

      Terima kasih mbak, Ayokk olahraga lagi^^

      Delete
  13. Jd pgb cobain jogging mbak..tp tmpatny itu lo..d sini polusi klo sdh keluar bbrp kilo dr rmh -.-"

    saya jg ad mslh ni BAB g lancar :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muter sekitar rumah aja.. atau joggingnya sebelum kendaraan rame dijalan.. trus banyakin konsumsi sayur dan buah^^

      Delete
  14. Dududuuuuuu...aku masih malas bangeeeet nih untuk olahraga, hiks...
    terima kasih sharingnnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayo dicoba, Jogging Track disana pasti bagus-bagus^^

      Delete
  15. Baru tau banget soal lemak jd otot itu hihihi kemana ajaaaa xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. saya juga taunya dari artikel-artikel kesehatan :)

      Delete
    2. jogging itu apa sih? clna karet yg ketat ya?

      Delete
  16. Temen2 kantor sih biasanya jogging di Monas tiap Jumat, orang tinggal nyebrang dari kantor. Tapi seminggu sekali aja aku males euy, malu sama Irly yang bisa lima kali.
    Mungkin background jogingku mesti diganti kayak yang di fotomu *mulai cari alesyan*
    Gutlak lombanya, ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehe.. Ngikut aja dulu..coba-coba.. Jalan cepat aja dulu^^

      Delete
  17. yak saya harus banyak olahraga juga, saya gak mau lemak yang lebih besar ketimbang otot, nice share mbak Irly

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie..udah termotivasi..ayo dilaksanakan^^

      Delete
  18. Hai Irly, saya juga suka banget jogginng, bikin badan lebih fit

    ReplyDelete
  19. klu saya bedalagi..olahraga sambi nyemil kuaci xixixixixi,benulll sekali olahraga membuat tubuh kita sehat,dulu saya jarang olahraga dan yg saya rasakn tubuh seperti berat sekali seperti ada beban dikaki ,sering pusing,suka ngantuk ,tpi setelah saya rutin olahraga pagi dan sore ,tubuh rasanya entenggggg sekali heee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...