15 May 2015

Taman Kota (TamKot) Kendari

Bismillahirrahmanirrahim...


TamKot, begitu tempat ini disebut. TamKot ini adalah ruang terbuka hijau di kawasan Kantor Walikota Kendari. Dulu, tempat ini lebih sering dijadikan tempat hang out masyarakat Kendari, hanya segelintir orang saja yang menggunakannya untuk berolahraga, saya termasuk yang segelintir itu, walaupun sepi, sepulang kantor saya buru-buru ganti pakaian yang sudah saya bawa dan bergegas menuju TamKot untuk jogging atau sekedar berjalan cepat beberapa putaran didalam taman seluas 4 Ha ini.

Fasilitas
1. Tempat bermain anak
Di TamKot ini ada ayunan bangku, luncuran/perosotan, jungkat-jungkit, mangkok putar, bola dunia dan beberapa alat olahraga.

2. Jogging track
Jogging tracknya oke, karna teduh, walaupun lantainya ada yang mulai rusak dan berlubang.hihi


3. Tempat duduk dan meja
Di TamKot ini gak ada bangku taman cantik yang terbuat dari kayu, bangku dan mejanya dibuat kokoh dari campuran semen dengan lapisan keramik, lebih mempertimbangkan faktor keawetan sepertinya.

4. Tenda
Tenda ini menjadi magnet tersendiri untuk pengunjung taman. Kenapa? Sebelumnya tidak banyak yang mengikuti senam, tapi setelah ada tenda senam jadi ramai, taman ini juga menjadi pilihan yang sangat dipertimbangkan untuk kegiatan-kegiatan yang hendak digelar. Iyalah yaa.. kan kasian anak-anak sedang lomba mewarnai trus bingung cari tempat berteduh saat tiba-tiba hujan turun. :D

Peserta senam tidak hanya di bawah tenda, dibagian samping kiri-kanan tamanpun banyak yang senam^^

5. Toilet
Lama tidak terawat minggu lalu saya lihat sudah ada ibu-ibu yang nungguin di depan pintu toilet, bagus deh.. toilet itu penting di tempat umum seperti TamKot ini, bayarpun gak apa-apa yang penting bersih.

6. Free Wifi
Nah ini.. Free Wifi yang belum pernah saya nikmati, nanya ke teman-teman katanya diawal pemasangan aja aktifnya. Sayang deh..


Strategis
Letak taman ini strategis, berdekatan dengan lapangan eks MTQ yang menjadi tempat jajanan sarapan, semakin kesini pedagang juga makin mengelilingi area taman dengan dagangannya, gak hanya dagangan sih, yang menawarkan jasa odong-odong juga mulai mangkal di taman saat hari Minggu. Tidak jauh dari TamKot ada Paddy's Market, pasar grosir, pom bensin, ATM yang tersebar di berbagai tempat, kalau mau jajan berbagai jenis kue juga tinggal ke daerah Sao-sao. Bagi saya yang malas keluar rumah, ini seperti sistem pelayanan 1 pintu*padahal pintunya beda-beda.hihi. Makanya, hampir setiap hari Sabtu dan Minggu, saya rutin berolahraga di TamKot.

Sarana Bersosialisasi 

TamKot mulai ramai saat klub jantung sehat mengadakan senam dan dibagian tengah taman dipasangi tenda besar, tadinya peserta didominasi orang tua dan peminat senam saja *Ehm.. saya termasuk golongan peminat senam ya! Semakin kesini semakin rame, senam sudah tidak terbatas usia lagi, saya sendiri merasa senang dengan kesadaran berolahraga warga, semakin rame senam itu semakin asyik!! Apalagi setelah beberapa seri senam ada Zumba dengan lagu-lagu terbaru, Lulo, Poco-poco dan Goyang Momere ^^

Lulo
Saking banyaknya orang, lingkarannya jadi berlapis, tua-muda, sudah pintar atau baru belajar boleh gabung^^

TamKot mempunyai daya pikat tersendiri di Kendari, taman terbuka hijau seperti ini setahu saya belum banyak di Kendari, ada Taman Meohai di daerah Kendari Beach (KeBi), tapi masih gersang karena baru ditanami pohon dan tanaman-tanaman perdu selain itu juga tamannya jauh dari rumah saya, ada juga Taman di daerah BTN DPR, dekat sih dengan rumah saya, tapi ga ada senamnya.. tamannya kecil.

Poco-poco dengan musik Lulo yang cepat juga oke ;)

Untuk yang suka berolahraga sekaligus kuliner, daerah TamKot bisa jadi pilihan, bahkan untuk yang ingin mengenal salah satu tarian tradisional Sulawesi Tenggara (Lulo) bisa belajar bareng setelah senam, jangan bayangkan belajarnya yang formal seperti disanggar..santai saja, pesertanya orang-orang yang melaksanakan senam tadi kok, untuk sekedar nontonpun silahkan pilih mau nonton dari mana.

Mencari Waktu Sepi di TamKot
Untuk jenis olahraga jogging beberapa teman saya mengeluhkan jogging track yang sesak, sudah gak bisa jogging katanya, ya..jelas.. rame gitu kok..:D. Beberapa orang memilih datang lebih pagi kemudian ikut senam, berpindah ke kawasan MTQ yang berada tepat didepan TamKot atau memilih senam saja seperti saya.hehe..

Saya sendiri kalau sedang ingin  jogging saat weekend lebih memilih untuk Jogging di hari Sabtu, tempatnya saya tetap pilih di TamKot ini, karna sejuk, banyak pohon di sepanjang Jogging Track, Arena Eks MTQ saya hindari karna puanasss, kulit saya gampang gosong bokk.. ntar kalori yang terbakar gak seberapa tapi kulit luar saya udah gelap aja*Duuh..kok jadi ingat Medium Rare Steak yah??


Jadi untuk yang ingin jogging di TamKot saat weekend tapi tidak ingin terlalu ramai, bisa memilih hari Sabtu dan Minggu sore. Dihari Sabtu, dari pagi sampai sore masih oke buat jogging, sedangkan untuk hari Minggu saya sangat tidak menyarankan pagi hari, gak enak banget buat jogging.. TamKot lumayan penuh saat hari Minggu pagi, yang jualan, yang jogging, yang main sepatu roda, yang lagi parkour, yang sekedar jalan-jalan, yang senam. Rame pokoknya..
===

Semoga taman terbuka hijau ini terawat, bisa dijaga bersama oleh pengunjung, aktivitas yang sehat itu tidak hanya berolahraga lalu mengeluarkan keringat saja, tapi juga menjaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, banyak tempat sampah yang disediakan didalam taman tapi sayang sekali kebanyakan pengunjung lebih sering menitipkan sampahnya pada angin (baca: buang sembarangan), apa salahnya melangkah sedikit ke tempat sampah? Kalau malas, kantongi sampah itu (sekecil dan sebesar apapun) sampai kerumah, baru dibuang. Kan makin kece kalau buang sampah pada tempatnya^^

33 comments:

  1. wah seneng ya ada ruang terbuka hijau itu. Sarana sosialisasi, tempat anak bermain yang mudah dan murah. Saya juga seneng banget mak ngajak suami sam anak jalan ke tamkot. Apalagi kalo lagi di Bandung, tamkot lagi bener-bener di bangun dengan aneka tema. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bandung sedang kece-kecenya sekarang, senangnya kalau kota punya banyak ruang terbuka hijau ya?^^

      Delete
  2. wah seneng ya ada ruang terbuka hijau itu. Sarana sosialisasi, tempat anak bermain yang mudah dan murah. Saya juga seneng banget mak ngajak suami sam anak jalan ke tamkot. Apalagi kalo lagi di Bandung, tamkot lagi bener-bener di bangun dengan aneka tema. :)

    ReplyDelete
  3. Jogging tracknya asiik, moga yang rusak2 segera diperbaiki yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Iya nih..ga perlu panas-panasan^^

      Delete
  4. Tamkotnya asyik ya, Mbak. Semoga terjaga kebersihannya :)

    ReplyDelete
  5. taman kota tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga

    ReplyDelete
  6. boleh juga nih tempatnya buat Jogging track :)

    ReplyDelete
  7. Mungkin juga perlu ditambahin fasilitas air keran siap minum

    jadi setelah joging bisa langsung minum gratis, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh..walaupun modus tapi oke juga sarannya^^

      Delete
  8. asyik ya bisa berkumpul, olah rag adi taman kota. Semoga selalu bisa di jaga kebersihannya

    ReplyDelete
  9. wah,ada tendanya uga ya..lumayan buat payung kalo lagi hujan hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaps..buat olahraga juga biar ga silau^^

      Delete
  10. Asyik nih buat tempat jogging sore hari dan weekend.

    ReplyDelete
  11. asyiknyaa taman kotanya, ungaran cumpa punya laun2 huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gantian mbak, disini gak ada alun-alun..hihi^^

      Delete
  12. pocopoco ramerame seru yaaa ... apalagi aerobik :D

    ReplyDelete
  13. Berlipat-lipat kebahagiaan kalau liburan main ke tempat yg dibangun pemerintah, terus dinikmati seluruh lapisan masyarakat, dan manfaatnya bisa bertambah-tambah.
    Semoga pemerintah fokus untuk bangun taman-taman agar masyarakatnya bisa bersosialisasi satu dengan yg lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek, banyak taman banyak tempat untuk melepas penat tanpa ngeluarin duit banyak^^

      Delete
  14. Waduuh...
    asyik sekali sih Irlyyy...
    kalo lain kali aku main2 ke Kendari harus diajakin ke taman kota ini lhoooo!
    MAin ke taman itu enak Ly, ngirit...bhahaha...

    Bandung juga lagi banyak banget dibangun taman lho, ada taman lansia, taman film...nanti kalo Irly ke Bandung aku ajakin ke taman jomblo deh...hahaha...*dijambak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk teeh..seperti senengnya diriku baca komen teteh mau diajakin ke taman kalo ke Bandung, ujung-ujungnya malah ngenes banget ke Taman Jomblooo! Haha.. *Jambak Level 7* *Siap-siap merekrut pria peluntur kejombloan* :))

      Delete
  15. wuaaaaa asyiknya....jadi kangen Kendari, saya pernah tinggal disana selama kurang lebih setahun....duluuu banget awal 2000 an..kendari masih sepi..pada 2013 berkesempatan perjalanann dinas di sana sehari saja...sudah maju luar biasa......alhamdulillah, semoga terawat dengan baik fasilitas yang sudah ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Wuaahh.. ada mantan penduduk Kendari^^, kalau dalam 10 tahun Kotanya belum berkembang memprihatinkan banget ya? Untunglah..semoga selama tinggal dan berkunjung dapat kesan yang baik dari Kendari^^

      Delete
  16. Salam kenal Mbak
    Di Bandar Lampung belum ada taman kota nih
    Ada si beberapa spot yang jadi pusat keramaian (olahraga dsb) tiap weekend/libur
    Tapi yah memang lokasinya di gelanggang olah raga
    Jadi ngiri sama kota yang punya taman kota he he
    Btw kayaknya di Manadopun belum ada taman kotanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik mbak Heni^^

      Di gelanggang olahraga suasananya gimana mbak? Jadi ingat waktu tugas di kabupaten dulu saya sering banget jogging di arena dayung, jadi bisa jogging sambil menikmati suasana laut^^

      Semoga segera dibangun taman terbuka hijau di sana ya mbak^^

      Delete
  17. Wah pengen ke kendari lagi, tempat lahir sampai tamat smp di kendari. Btw taman kota itu halaman kantor walikota (eks kantor gubernur) yang (dulu) ada tugu air mancurnya ya. Dulu tempat mainku waktu kecil itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. sudah berubah ya? Sekarang dijadikan tempat main juga seru, untuk wiskul lebih seru lagi.. :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...