3 Jun 2013

Berkenalan dengan Sariawan

Bismillahirrahmanirrahim..

*bertanya pada sariawan* Hai...namaku Irly..nama kamu siapa? | kemudian hening...
Bukaaann..bukan berkenalan seperti itu yang saya maksud, maksudnya mengenali sariawan lebih jauh... Kenapa lebih jauh? Ya...karena dapat dipastikan semua orang pasti pernah mengalaminya, bahkan mungkin sedang mengalaminya..ya...seperti saya... hiks...

Hari ini saya lebih pendiam dari biasanya...ehh..sebentar.. sebelum diprotes sebaiknya saya perbaiki kalimat awalnya.... hari ini saya jadi pendiam *yang mau protes udah ya... :p * iya...kalaupun saya ngobrol saya tidak banyak berkomentar atau seperti biasa ngerecokin teman saya yang sedang serius ngobrol atau yang hanya sekedar lewat di depan ruangan kerja saya, sekarang gantian, ini kesempatan mereka untuk balik ngerecokin saya, ngeliatin saya dengan ekspresi pengen balas ngerecokin tapi hanya bisa diam sukses membuat teman saya tertawa senang...

Kekaleman bulanan saya ini biasanya akan berlangsung sekitar seminggu mengingat penyebabnya adalah karena sedang sariawan dan sariawannya akan datang sperti lagu Ruang Rindunya Letto... "Kau datang dan pergiii~ Oh..begitu sajaaa~ semua kuterimaaaa, apa adanyaaa~ " TT__TT

Diambil dari sariawan.org (liat gambarnya aja udah ngilu T_T)
Stomatitis aftosa atau yang biasa kita kenal dengan sariawan disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kekurangan vitamin C, kurang menjaga kebersihan mulut, trauma mulut (biasanya terbentur saat sikat gigi atau tergigit saat makan), kekurangan zat besi, sampai stress. Tapi hampir bisa saya pastikan faktor-faktor diatas tidak ada pada saya, saya penasaran dong...kenapa sariawan masih aja bisa nangkring di dinding mulut atau lidah saya?

Inilah yang mendorong saya tahun lalu bertanya pada dokter gigi, kata beliau sariawan belum tentu hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, hormon bisa jadi salah 1 penyebabnya, jawaban yang baru buat saya, ingin mencari tahu lebih banyak saya akhirnya googling dengan kata kunci sariawan dan hormon, saya cukup puas dengan jawaban dokter di forum konsultasi kesehatan di Kompas.com. Kata drg. Citra Kusumasari, SpKG "Sariawan pada periode tertentu disebabkan oleh adanya perubahan hormon progesteron dan estrogen yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh masing-masing individu."

Kalo anak gahol bilang mah.."itu gue bangettt!" bener banget...walaupun akhirnya merasa bahwa saya adalah yang termasuk dalam sebagian kecil wanita hasil penelitian yang tercantum di dalam beberapa jurnal kedokteran dan kedokteran gigi *yang sumpah ga enak harus sariawan hampir tiap bulan* tapi minimal saya tidak ragu lagi mengenai penyebab sariawan saya ini.

Untuk temans yang mungkin mengalami sariawan normal *jadi saya gak normal dong..hiks* ada beberapa tips untuk menhindari sariawan dari macammacampenyakit.com antara lain:
  1. Menjaga kebersihan mulut karena sariawan disebabkan oleh mulut yang tidak bersih sehingga bersarang kuman dan bakteri. Penyakit sariawan pun adalah penyakit sistemik, oleh karena itu menjaga kebersihan mulut adalah caranya untuk meminimalisir penyakit tersebut.
  2. Jika Anda bisa mengidap sariawan karena alergi terhadap suatu makanan tertentu maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman penyebab alergi tersebut.
  3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan lain serta makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin B12 untuk menghindari penyakit sariawan.
  4. Pada faktanya stres dapat memicu sariawan, oleh karena itu sebaiknya hindari stres berlebihan.
  5. Hindari trauma pada rongga mulut dengan menyikat gigi dengan cara yang benar bukan keras agar tidak timbul trauma. Selain itu, jika bisa hindari agar mulut tidak tergigit.
Untuk pengobatan sariawan saya cenderung pada yang menyenangkan *walaupun kadang menyiksa diri dengan meneteskan A*botil* misalnya dengan memakan sayur dan buah lebih banyak dari biasanya dan menunggu sariawan saya sembuh sendiri toh penyakit ini kalo capek juga bakal sembuh sendiri *kalo gak kita yang bosan dower* hahah..

Oh ya..saya ingin berpesan kepada temans yang mungkin sedang mengalami sariawan saat ini.. Kamu tidak sendiri kawan.... hihihhi... ^_^

15 comments:

  1. Kalo sariawan di dalam mulut ato di bibir masih ga begitu kerasa, paling bete kalo sariawannya di suduy bibit kiri dan kanan...

    Uuggghh..perih tiap kali mangap...:(
    Pet sembuh yeee...biar makannya enyaakk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..kalo di sudut bibir saya pernah teh, beberapa kali, tapi coba deh kasih obat bubuk (setau saya warna kuning) dari kapsul tetra (yang warnanya hitam-merah)trus ditaruh ke lukanya, setelah itu saya gak pernah sariawan di sudut bibir lagi.. Trus me it works ;)

      iya..ga sabar makan peye' lagi nih...makasih teh.. *ketcupketcup

      Delete
    2. peyek yang asin, makannya pas sariawan, wahh, mumet ya Mbak..
      cepet sembuh Mbak

      Delete
  2. sariawan, sakit gigi... sakitnya sukses bikin aku ga bisa tidur -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak nyaman soalnya ya...
      Semoga sehat terus jadi bs ttp tidur dgn nyaman :)

      Delete
    2. tidur, lalu banguntidur makan rujak. dijamin bebas sariawan. tapi resiko disentri.

      Delete
    3. gapapa...asal udah makan nasi trus rujaknya jgn yg pedessss :D

      Delete
  3. Mbak, kalo saya pas sariawan (pasti karena stress ya? hehe), saya langsung minum asem jawa yang panas gitu. Insya Allah, cocok sih. tapi kadang ya nggak cocok. halahh. hidup sariawan, ehh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini adanya asam Sulawesi, gimana dong? hahahah

      Delete
  4. pertama..,p kabar mb?sy juga dah lama gak mampir di mari :D

    kalo soal sariawan, sy nyerah deh mb.
    skali kena kadang bs bbrapa hari sembuhnya
    kadang sy nekatin aja makan pedes², katanya sih bs cepetin sembuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik sebelum kena sariawan..hehe :p

      saya juga sih, hajar ama yg pedes2, lagian kan biji cabe tuh mengandung vitamin C *pembenaran hahah ^^

      Delete
  5. Setidaknya ada inspirasi postingan gara-gara sariawan he.he salam kenal ya mbak. Semoga saya bisa menjadi teman meski tak kena sariawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..salam kenal balik mas, mari berkawan meski tak sama-sama sariawan ^^
      BW memang bisa jadi pencetus datangnya ide, semoga bermanfaat :)

      Delete
  6. saya sariawan dilidah.. jd tidak ngomong dan makan..
    rasanya itu lebih baik sakit hati karena cinta daripada menderita kaya gini.

    nice info mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...