11 Jun 2013

Tips Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan

Bismillahirrahmanirrahim...

Saat membaca komentar temans di postingan saya sebelumnya , saya jadi teringat bahwa saya sempat ingin memberikan tips agar tidak menjadi korban penipuan, tulisan yang sudah saya diamkan sebagai draft dan sudah saya taburi ragi dengan harapan bisa jadi tape ternyata tidak berhasil, jadi sebaiknya saya posting saja. hahah... :p

Modus penipuan saat ini sudah sangat canggih, bagi orang-orang yang berniat jahat sangat mudah meng "upgrade" modus kejahatannya, mulai dari membawa kabar duka misalnya: mengabarkan bahwa anak/keluarga yang mengalami kecelakaan, sampai berita bahagia yang hampir banyak orang  hampir pernah mendapatkannya, misalnya sms yang berisi kode undian dan hadiah seperti kendaraan maupun gadget.

Untuk menghindari agar tidak menjadi korban penipuan, yuk simak tips menghindari penipuan dari saya..cekidooot ^^ :
  1. Jangan gampang tergiur iming-iming hadiah. Hadiah yang menggiurkan biasanya menjadi daya tarik yang membuat korbannya susah tidur *padahal ga bisa tidurnya karna banyak nyamuk* terlebih modus seperti ini biasanya disampaikan melalui sms dan hanya meninggalkan nomor kontak tanpa mencantumkan adanya biaya yang harus ditanggung pemenang, saat anda menelfon kontak tersebut dapat dipastikan anda akan segera diarahkan untuk mengirimkan uang ke rekening penipu. Jadi... sudahlah...abaikan saja sms-sms seperti itu.
  2. Cek dan ricek kembali segala keterangan yang diberikan.  Pada modus penipuan yang sama, penipu biasanya akan menyertakan alamat website yang dibuat menyerupai alamat website asli dari sebuah perusahan terkenal, bahkan dengan alamat yang serupa tapi tak sama. Tidak masalah, coba saja buka alamat website yang diberikan, lalu cermati isinya (jangan hanya membaca mengenai pengumuman pemenang).
    Beti, beda tipis
  3. Curigai saat anda diminta memberikan uang terlebih dahulu. Memberi terlebih dahulu baru kemudian hadiah anda akan dikirimkan, ohh..no.. jauhi transaksi-transaksi semacam ini, kalau memang mau hadiah bahkan tanpa mengirimkan uang, ikuti saja giveaway yang bertebaran di blog atau ikuti kuis dan undian resmi di televisi, akan lebih mendebarkan saat anda menunggu pengumuman dibanding sudah mengirim uang dan hadiahnya tidak kunjung datang. Bahkan jika anda terus memikirkan uang yang sudah hilang kemungkinan penyakitlah yang akan datang.
  4. Anda tidak rugi sedikitpun. Selalu pegang prinsip ini jika anda mulai tergiur dengan hadiah yang diberikan tetapi masih merasa ragu. Anda pasti akan berpikir bahwa hadiah yang dijanjikan adalah hadiah besar dan sayang sekali jika tidak diambil. Ingat! Anda tidak rugi sedikitpun jika tidak mengambil hadiah (?) tersebut, selalu percaya hasil analisa logika dan kata hati anda.
    Masih yakin ini web milik perusahaan terkenal? :D
Keberhasilan modus penipuan sangat dekat dengan emosi yang kita berikan, emosi ini dimanfaatkan tidak saja saat kita sedih, tapi juga saat kita sangat senang, bersikap tenang adalah perisai utama dalam membentengi diri, secanggih apapun kemampuan para penipu, dengan sikap tenang Insya Allah kelemahannya bisa terlihat. Demikian tips yang saya berikan berdasarkan pengalaman saya, semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. penipuan itu jahat sekali...

    saking kesalnya, aku ga tertarik ikut kuis/sayembara walau dari perusahaan asli dan terkenal

    ReplyDelete
  2. Kalau memang mau ngasih hadiah kenapa harus bayar? disini letak kejanggalannya, lebih-lebih tidak bisa ditemui dikantornya. dan hanya lewat SMS atau telpon saja.
    Lowongan Kerja Online Membuka Pendaftaran

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...