25 Jan 2017

Aplikasi yang Wajib dimiliki Bloger

Menjadi seorang bloger tidak sesimpel yang saya bayangkan dulu. Kita tidak sedang membicarakan hal berat seperti urusan mendatangkan uang dari blog. Tapi ada yang lebih berat lagi yang mungkin tidak banyak disadari oleh saya dan teman-teman.

Menulis dan membaca menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas kita. Saat menulis tentu ada aktivitas lanjutan untuk mengurangi kesalahan penulisan, baik susunan kata maupun bakunya kata yang kita pakai. Kita pasti membaca ulang tulisan kita.


Untuk saya pribadi, menulis blog secara tidak sadar menumbuhkan keingintahuan terhadap bakunya sebuah kata dan tata cara menulis yang baik dan benar. Bloger bukan saja sekedar menulis dan berbagi tapi juga ikut mempengaruhi gaya berbahasa pembacanya. Inilah yang saya saya maksud di atas tadi, secara tidak sadar kita adalah contoh dalam berbahasa.

Nah, untuk mendukung penggunaan bahasa yang baku, saya menggunakan aplikasi KBBI V. Aplikasi ini sangat membantu saya tidak hanya dalam hal menulis di blog, tapi juga saat berurusan dengan pekerjaan. Apalagi harus kita akui banyak kata yang sudah lekat dalam ingatan tapi ternyata kata itu sebenarnya bentuk yang tidak baku.

Contohnya pada tulisan saya yang berjudul Run For Indonesia, Bukan Sekadar #KawanLari kalau teman-teman memperhatikan, tautan di atas tidak sama dengan judul, ada satu huruf yang berbeda. Apa itu? SEKEDAR. Sekedar ini sudah melekat di ingatan saya, tapi ternyata bentuk bakunya adalah SEKADAR. Saya senang sekali salah seorang #KawanLari yang berprofesi sebagai seorang wartawan senior mengingatkan saya tentang hal itu.

Lalu, apakah kita HARUS menggunakan kata yang baku? Tidak juga sih, hanya saja sebisa mungkin hal ini saya jaga jika berurusan dengan blog. Kalau sudah di status media sosial kadang saya menggunakan bahasa pergaulan, bahkan bahasa Kendari yang lebih lokal lagi. :)

Oke.. sekarang kita bahas aplikasinya ya..

Aplikasi KBBI V ini pertama saya ketahui dari status FB Mas Ivan Lanin pada 17 November 2016 yang lalu. Saya unduh dan sangat bermanfaat sekali.


Aplikasi ini adalah aplikasi luring resmi Badan pengembangan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Berfungsi untuk pencarian kata, frasa dan ungkapan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V)


User Interface atau antarmuka pengguna aplikasi ini juga bagus. Sudah diunduh lebih dari 50.000 kali, pembaruan terakhir aplikasi ini adalah pada tanggal 9 Januari 2017 dengan ukuran 9.66 MB. Oh ya, untuk bisa menggunakan aplikasi ini diperlukan Android versi 4.2 dan lebih tinggi

Selain bahasa Indonesia, tersedia juga bahasa asing dan bahasa daerah, tapi kebanyakan pilihan bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Ada bahasa daerahnya juga, tidak banyak tapi rasanya akan cukup membantu :)

Menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, ada syarat agar kosakata bahasa daerah menjadi bagian dari KBBI, antara lain:
1. Tidak bertentangan dengan konsep yang sudah ada dalam bahasa Indonesia, misalnya, ponai, piring atau cangkir dari tanah liat (sudah ada tembikar),
2. Tidak bertentangan dengan kaidah bahasa Indonesia,
3. Tidak berkonotasi negatif,
4. Enak didengar (eufonik).

Blogger diserap menjadi Bloger
Offline dalam bahasa Indonesia menjadi Luring


Aplikasi ini tersedia di playstore dan iTunes. Cukup unduh dengan mengetikkan KBBI V atau melalui tautan di bawah ini:

Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=yuku.kbbi5
iOS: https://itunes.apple.com/us/app/kamus-besar-bahasa-indonesia/id1173573777

Teman-teman sudah punya belum? Yuk unduh.. agar bisa kekinian tapi tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita sama-sama belajar. ;)

26 comments:

  1. Makasih info review aplikasinya mba biasanya aku googling ternyata ada aplikasinya yang bisa didonlod di HP jadi lebih praktis

    ReplyDelete
  2. Hihihi.. sama nih, aku juga udah punya yang ini ^^

    ReplyDelete
  3. Manfaat seklai nih mba artikelnya, memang saya belum punya aplikasi ini,
    terima kasih sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  4. Baca artikel ini terasa, kayak ditambok muka ku ini, malu rasanya. Susunan bahasaku sangat kacau balau. Amburadul, tidak jelas kata-katanya. Bahkan aku menggunakan kata yang salah. Ah salung kabur saja deh, daripada tambah malu.

    ReplyDelete
  5. wih sekarang ada apliaksinya, makasih sharenya :)
    p[raktis banget ya

    ReplyDelete
  6. Woalah jadi perlu aplikasi itu ya Kak, pokoknya coba aja deh...

    ReplyDelete
  7. wahh saya belum pake aplikasi ini, nanti install ahh, soalnya saya masih sering gunakan bahasa tak baku, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. Instal kak.. saya kalau menulis sedikit-sedikit pakai aplikasi ini lho :)

      Delete
  8. Aku perlu banget ini mbak..kadang suka bingung buat nulis bahasa yang baku itu gimana..

    ReplyDelete
  9. Wah biasanya...online Gugel... udah ada aplikasinya...aku download lsg he2

    ReplyDelete
  10. mantap peet. sa blm download ini barang, eehh unduh :D
    TFS Jenk. ;)

    ReplyDelete
  11. Penting juga sih aplikasinya kalau saya mau bikin artikel di luar blog. Kalau pas lagi di luar rumah nggak bisa lihat buku KBBI, tinggal lihat hp aja.

    ReplyDelete
  12. Suamiku juga pake ini mbak.. Dia gunakan untuk belajar ujian masuk d4 di salah satu sekolah tinggi di Bintaro.. Kayak test psikotes geto yang soal antonim sinonim.. Bener2 praktis...

    ReplyDelete
  13. Wah perlu banget nih, buat kalau lagi pengen nulis dengan bahasa yang baik dan benar

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...