21 Jan 2017

4 Langkah Permulaan dalam Menjual Rumah

Penjualan rumah dijual di depok merupakan perkara yang sedang naik daun. Hal ini karena rumah merupakan salah satu aset properti yang tidak dapat merugikan pemiliknya. Justru setiap tahun harga penjualan sebuah rumah maupun aset properti yang lain dapat naik beberapa kali lipat dari tahun tahun sebelumnya.

Berikut yang dapat teman-teman lakukan sebagai permulaan sebelum menjual rumah.

1. Kualitas bangunan
Langkah pertama yang bisa dilakukan jika ingin menjual rumah adalah dengan mengecek kualitas bangunan yang akan dijual. Hal ini sangatlah menentukan karena calon pembeli tentu saja ingin mendapatkan yang terbaik untuk dirinya.

Jika memang terdapat kekurangan terhadap kualitas bangunan, teman-teman bisa melakukan langkah penting selanjutnya.

2. Melakukan renovasi
Lakukan beberapa renovasi terhadap rumah yang hendak dijual. Tetapi sebelum melakukan renovasi ada kalanya kita perlu memperhatikan budget yang dimiliki, begitupun dengan kisaran harga penjualan rumah nantinya. Karena tentunya penjualan rumah ini nantinya diharapkan mendatangkan keuntungan tapi juga membuat pembelinya tidak merasa dirugikan.

Dalam melakukan renovasi tidak perlu mengeluarkan budget yang sangat banyak. Cukup dengan beberapa renovasi sederhana kita dapat menaikan presentasi penjualan agar cepat laku oleh calon pembeli. Seperti melakukan beberapa pengecatan ulang di bagian tembok yang terlihat kusam, mengganti atau memperbaiki plitur pintu maupun jendela. Dan renovasi lainnya yang sekiranya tampak dilihat oleh calon pembeli.

3. Melengkapi beberapa dokumen rumah
Selain dua hal di atas, teman-teman dapat pula melengkapi beberapa dokumen rumah yang hendak dijual. Hal ini kadang sangat penting mengingat beberapa calon pembeli sangat meemperhatikan legalitas rumah yang hendak mereka beli.

Selain mengurangi dampak beberapa penipuan yang terjadi, hal ini dapat menjadi kelebihan rumah  karena dokumen rumah sudah siap dan calon pembeli tidak perlu repot melengkapi dokumen sendiri.

Baca juga: Tips Jual Beli Rumah yang Aman

4. Lakukan Survei Harga
Sebelum menjual rumah, teman-teman sebaiknya juga melakukan survei harga dibeberapa tempat maupun agen properti disekitar lingkungan rumah yang akan dijual. Terkadang melakukan hal ini sangatlah penting dalam menentukan harga jual rumah ini nantinya.

Hal yang meliputi tentang survei ini nantinya dapat berupa lokasi yang strategis, apakah dekat dengan beberapa layanan umum seperti pasar, sekolah ataupun perkantoran. Karena gal-hal tersebut menjadi dasar penting bagi beberapa calon pembeli dalam menentukan rumah yang hendak mereka beli.

Untuk menambah nilai jual, teman-teman dapat memberikan beberapa bonus untuk calon pembeli, baik bonus berupa hadiah langsung atau hadiah tidak langsung seperti memberikan kemudahan dalam mengurus notaris rumah dan lain sebagainya.

Demikian empat langkah dalam melakukan penjualan rumah. Semoga bermanfaat :)

10 comments:

  1. Lokasi menentukan harga juga, ya? Kalau dalam odisi bagus, harganya bis lebih tinggi lagi. :)

    ReplyDelete
  2. Yang mau jual rumah, memang 4 langkah itu harus diperhatikan. Nggak asal jual saja. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi kalau mau jual dengan harga yang relatif tinggi..

      Delete
  3. Yang pasti, sebelum dijual, rumah kudu dirawat secara berkala, biar tampak menarik. ^_^

    ReplyDelete
  4. eh, sekarang sidejob kamunya jadi makelar rumah yah?
    hahhaha
    #kabuur

    ReplyDelete
  5. Ortuku dulu jual rumah yang kondisinya agak2 rusak gitu. Itu jadi andalan pembeli buat minta turun harga. Harusnya diperbaiki dulu ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...