26 Sep 2016

Peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2016

Tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Statistik Nasional (HSN), peringatan ini bukan saja milik insan statistik atau peringatan milik bangsa Indonesia saja, tetapi juga merupakan peringatan yang diperingati oleh masyarakat di seluruh dunia.


Kami sebagai ASN yang pekerjaannya dekat dengan kegiatan statistik tahun ini juga ikut merayakan HSN, tidak heran jika time line FB saya dipenuhi oleh banyak foto-foto kegiatan HSN dari teman-teman BPS Provinsi lain, BPS Provinsi Sulawesi Tenggara tentu tidak mau ketinggalan. :)

Jika dibandingkan dengan perayaan HSN pada tahun-tahun sebelumnya, sesungguhnya perayaan tahun ini berjalan sangat sederhana karena sebelumnya (terakhir tahun 2012), setiap kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara akan mengirim beberapa perwakilan untuk ikut bertanding, selain itu jenis lomba yang diadakan juga cukup beragam. Lebih rame, lebih seru!

Tapiii... apalah daya.. kami harus mengikuti perintah penghematan anggaran. Tapi lagi, bukan berarti semangat untuk menggaungkan HSN menjadi ikut terpangkas, semangat HSN tetap menyala di kabupaten/kota sampai tingkat provinsi.

Hasil mengamati FB kawan-kawan di kabupaten, lombanya bahkan lebih variatif dari lomba yang diadakan di provinsi, di Kabupaten Konawe Selatan misalnya, ada lomba balap karung, lomba karaoke, domino, bola gotong dan catur. Sedangkan di kabupaten/kota yang lain lombanya tidak jauh berbeda, kalaupun tidak diadakan lomba, minimal ada apel peringatan Hari Statistik Nasional yang diadakan serentak di seluruh kantor BPS seluruh Indonesia pagi hari tadi.

HSN Kabupaten Konawe Selatan
Credit in pic

Di kantor BPS provinsi sendiri, lomba dimulai dengan pembukaan di hari Jumat, senam pagi, lalu dilanjutkan dengan lomba tenis meja dan pertandingan domino (gaplek). Hari sabtu dilakukan pertandingan persahabatan cabang bulu tangkis dan bola gotong. Beruntungnya hari Minggu tidak ada kegiatan, karena semua pegawai butuh mencuci. LOL

Ikut bertanding sebagai pelengkap penderita. LOL

Setelah melaksanakan apel pagi tadi, acara dilanjutkan dengan lomba/acara puncak yaitu lomba menghias nasi tumpeng. Ini lomba menghias nasi tumpeng pertama yang diadakan BPS Prov. Sultra. Kebetulan ada 3 kepala kantor kabupaten yang mengikuti lomba ini. Jadi ada 10 tim yang ikut berlomba. 

Yang membuat lomba ini seru adalah peraturannya:
1. Yang boleh menghias nasi tumpeng adalah pimpinan masing-masing bidang di BPS Provinsi, (termasuk kepala BPS Provinsi) atau kepala kabupaten/kota saja.
2. Cetakan dibuat sendiri dari bahan yang sudah disediakan oleh panitia (karton dan kertas anti lengket, itu lho.. yang biasanya dipakai buat nasi bungkus).
3. Tim hanya menyiapkan nasi dan lauk yang telah matang. Hiasan dibuat sendiri oleh peserta.
4. Tidak boleh meminjam bahan/alat apapun dari peserta lain.
5. Peserta tidak boleh menerima petunjuk ataupun instruksi dari anggota timnya.
6. Peserta harus memakai sarung tangan plastik, celemek dan topi chef/koki.

Ehm.. terbayang dong serunya melihat para pimpinan yang seringkali kami saksikan dalam urusan pekerjaan harus memegang pisau, mengupas timun, mengiris cabe, membuat pagar dari kacang panjang, bahkan membuat bunga mawar dari tomat! Apalagi laki-laki kan??!! Seru pokoknya! LOL


 Para Peserta Lomba

Sampai di sini, coba perhatikan.. hampir semua nasi tumpengnya miring. Ada yang miring setelah 1 jam lebih dicetak atau memang sejak awal sudah miring karena saat pencetakannya kurang padat, bahkan ada yang lebih memilih membuat kerucut dari tangan saja lalu dipadatkan di atas nampan. Kebayang dong hasilnya? Tapi si penghias pinter juga sih, puncak yang penampakannya kocak itu dibuatin penutup dari dari daun pisang, dan dari semua penutup, penutupnyalah yang paling cantik.

Kebingungan dan aksi (ada yang melempar-lebar bahan ke udara ala kungfu chef) peserta jadi hiburan tersendiri untuk penonton. LOL

Kenalin, chef dari Korea.. eh..kepala BPS Prov. Sultra.

Jadi, karena saya 1 tim dengan pak bos, saya jadi banyak merhatiin aksi bos dong ya.. Dan bapak jago bikin garnish dari tomat dan timun, belajarnya dari yutup dan pisaunya beli sendiri. Hahah..

Peserta yang lain juga gak kalah jago dong menghiasnya.. ada bunga dari lobak dan wortel + daun dan dahannya dari daun bawang, teratai dari bawang bombai, pohon dari wortel, angsa dari telur, dll

Semoga gambar dan sedikit ilustrasi yang ada bisa mewakili beberapa keseruan ya..

Saya sih pengennya nambahin video kalau besok gak kepepet kerjaan, it's time to back to work. Kegiatan kemarin benar-benar intermezzo.

Oh ya, jangan sampai nanti ada yang pengen tahu pemenangnya.. tentu saja buibu yang menang, no. 9 tuh yang menang.. nama tumpengnya "Tumpeng ikan terbang" selain temanya beda sendiri, hiasannya juga kece.

Setelah lomba diatas, udah ketebak dong kelanjutannya apa? Pengumuman, penyerahan hadiah dan... Makan-makan! Heheh

Selamat Hari Statistik Nasional! Mari "Kerja Nyata dengan Data" ^^

8 comments:

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...