15 Dec 2015

Resolusi Gagal yang Harus Segera Diwujudkan

Setiap orang pasti punya keinginan yang ingin dicapai baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, ada yang berhasil mencapainya dalam waktu yang sudah ditargetkan, ada juga yang bahkan dalam jangka panjang tetap saja belum terwujud. Seperti resolusi gagal saya untuk segera bisa menyetir mobil.

Tahun ini sebenarnya saya sudah belajar menyetir mobil, tapi berhenti di tengah jalan. Hitungannya baru belajar 2 kali. Saat itu saya belajar bersama adik saya yang sekarang sudah bisa menyetir, sedangkan saya mentok bahkan mungkin harus belajar dari awal lagi. Di tahun 2016 nanti saya ingin segera bisa menyetir. Mumpung jalan raya sudah diperluas, perbaikan-perbaikan jalan juga kebanyakan sudah rampung.

Tapi karena resolusi tahun ini bisa dikatakan gagal, saya harus melakukan evaluasi terhadap penyebab gagalnya keinginan saya untuk bisa menyetir tersebut, jadi memang harus ada yang diubah atau ditingkatkan lagi agar resolusi itu bisa segera saya wujudkan tahun depan.


Penyebab gagalnya resolusi untuk bisa menyetir:
1. Sok Sibuk
Kegiatan kantor memang padat, keinginan berleha-leha dengan alasan butuh istirahat itu menguasai segala waktu lowong di hari libur. Senin - Jumat memang harus bekerja, tapi seharusnya di hari Sabtu dan Minggu saya bisa belajar menyetir dan mengurangi jam tidur-tiduran.

2. Masih suka panik
Saat belajar menyetir dan berpapasan dengan kendaraan lain saya otomatis akan mengarahkan kendaraan menjauh dari kendaraan tersebut, takut menabrak kendaraan orang lain, padahal kata sepupu yang mengajari saya, mereka juga akan menjaga jarak, jadi jangan takut dan panik. Kalau cerita ke teman-teman, mereka juga mengalami hal yang sama, tapi harus dilawan. Saya harus belajar dan harus lebih berani!

3. Tidak mendaftarkan diri pada lembaga kursus
Bukannya meragukan kemampuan sepupu yang mengajari saya, tapi dari pengalaman orang banyak, diajari oleh orang yang tidak kita kenal itu akan lebih baik, tidak akan banyak drama pertengkaran dan sebagainya. Dan jika mendaftarkan diri di lembaga kursus mengemudi juga saya yakin akan bisa lebih mendisiplinkan diri terhadap jadwal yang sudah ada. Kan sayang sudah bayar biaya kursus tapi malas-malasan.

4. Kurang kemauan
Dari semua hambatan diatas, kemauan adalah hal yang paling mendasar. Untungnya saya sudah mulai sangat bersemangat sekarang. Sudah banyak menanyakan testimoni dari teman-teman tamatan lembaga kursus menyetir yang ada di Kendari.^^

Mengapa belajar menyetir ini harus saya segerakan?
Saya punya beberapa alasan, antara lain:
1. Memotivasi Bapak
Bapak sudah lama ikut kursus menyetir, tapi selalu takut untuk menyetir mobil, apalagi jika harus memasukkan mobil ke dalam lorong rumah kami yang sempit. Jadi kebanyakan mobil hanya terparkir dirumah, jarang sekali dikendarai oleh bapak. Satu-satunya pengemudi yang ahli di rumah adalah adik bungsu saya.

Bukan tanpa alasan sebenarnya bapak memiliki ketakutan berlebih, gapura di depan lorong sudah pernah dicederai oleh bapak, bahkan tegel di teras rumahpun sudah pernah ditanduk dengan bumper mobil saat bapak hendak memarkirkan mobil, yang parahnya adalah saat itu mama sedang duduk-duduk santai di sekitar lokasi tandukan tersebut, mama pucat, kami tidak berkomentar banyak karena bapak juga jelas kaget. Untung saja tidak semakin membuat nyali bapak ciut.

Tegel teras yang cacat
 
2. Agar tidak menyusahkan orang lain lagi
Kadang ketika ingin kemana-mana terlebih sekarang memasuki musim hujan dan saya ingin keluar maka saya pasti akan menodong adik saya untuk diantar bahkan dijemput kembali jika pulangnya tidak menemukan kendaraan teman untuk menumpang. Dan baru saja kejadian kemarin sore, saat hujan lebat teman saya berbaik hati mengantarkan saya pulang, masuk lorong (lorong rumah saya sempit), dan akhirnya kami harus hujan-hujanan hanya agar mobil teman itu bisa keluar dari lorong. Saya tidak enak hati karena sudah banyak menyusahkan dia. :(

3. Lebih hemat
Jika sudah mendesak dan tidak bisa dapat orang yang menyetir tentu harus naik taksi atau menyewa sopir seperti saat saya hendak ke Pulau Senja. Sangat tidak ekonomis kalau harus selalu sepeti itu.
 
4. Membantu Orang Lain
Jika saya bisa menyetir tentu saja saya menjadi orang yang bisa diharapkan oleh orang lain, jadi sopir pengganti saat perjalanan jauh misalnya, atau saat mengendarai mobil dan ada orang lain yang ingin menumpang (seperti yang biasa saya lakukan), Insya Allah bisa saya bantu. Hal ini tentu berbeda dengan saat mengendarai motor, karena harus ada helm, sedangkan mobil bersifat lebih bebas.

Semoga bisa segera terwujud!! ^^

45 comments:

  1. alhamdulillah..resolusi 2015ku bisa nyetir dan punya sim A sudah terlaksana. mobilnya aja yang belum punya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera kesampaian punya mobilnya sendiri ya ^^

      Delete
  2. Wah bener itu.. belajar sama orang emang cepet soalnya malu kalo gak bisa bisa.. dan juga pasti sayang kalo sekali aja gak masuk..

    Aku mau belajar juga keseringan sok sibuk -_-

    Ayoo semangat belajar nyetirnya :D

    ReplyDelete
  3. Ayoooo Tante Ir, segera wujudkan resolisinya. Biar nanti Faraz dan Mama bisa nebeng klo pulang arisan, xixixix.

    Jadi ingat, 2010 lalu jg pernah posting keinginan menggebu2 pengen bisa nyetir juga, huaaaa sdh 5thn daaaan itu keinginan blm jg terwujud hoooaaammm :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh.. saya harus segera wujudkan kalau begitu ceritanya.. ndak mau mengikuti jejak 5 tahun ituuu.. noooo! :D

      Delete
  4. Ayoo ayoo ayooo semangat... resoles eh salah resolusinya 2016 harus terwujud ni... inget,2016 udah bulan depan lho. Are u readyyyyy???? he he he

    ReplyDelete
  5. Semangat buat resolusi yang gagal!!! Go go go !!!

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Ayo les bareng! *Kemudian biaya les meningkat drastis :D

      Delete
  7. Semoga resolusi bisa menyetirnya bisa terwujud, ya. Kalau aku malah agak gimana gitu kalau pergi sendirian. Soalnya kalau di mobil hobi ngobrol sambil nyanyi-nyanyi, hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urusan sendiri atau bawa boneka buat teman ngobrol belakangan aja dulu Teh.. yang penting bisa nyetir dulu.. hihi...

      Delete
  8. Aku malah belum bisa nyetir, soalnya dikampung jarang lembaga Kursus Setir mobil. Nggak ada mobil lagi! Heheheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat skill dong, kalau gak ada lembaga kursus, lembagakanlah orang-orang sekitar yang bisa nyetir #Eh

      Delete
  9. Semoga segera bisa terwujud ya, Mbak :)
    Saya doakan dengan sungguh2 dari Jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahumma aamiin..
      Sudah didoain pak ustad dan disemangtin teman-teman.. Insya Allah bisa! ^^

      Delete
  10. Moga bisa terwujud ya dan betul bisa mengendari kendaraan akan lebih hemat dan tentunya tidak akan menyusahkan orang lain. Good luck yaaak :)

    ReplyDelete
  11. Aku juga pingin bisa nyetir, etapi naek motor ajah gagal ihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok Nit.. ayokk biar gak ketergantungan ama Tamasmu ^^

      Delete
  12. Saya boro2 bisa nyetir.. punya mobil juga belum hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nyetir kan gak harus punya mobil.. tuh Mbak Nay di atas sudah bisa nyetir dan punya sim A padahal belum punya mobil ^^

      Delete
  13. Itu resolusi saya juga, Mbak... Heuheu... Sempat belajar sama kakak. Bisa sih jalan mobilnya. Hahaha... Ya iya lah pakai matic juga. Tapi suka gugup dan ngebelok belum bisa. Maunya jalan lurus dan cuma kita sendiri aja di jalanan. Hihihi...
    Ayo semangat di 2016 yaa... Sy rencananya jg mau kursus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyavAllah.. mari saling bertukar kabar baik ^^

      Delete
  14. Waahhh aku juga pengen belajar mobil, tapi mobilnya ga ada.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak harus punya mobil, yang harus ada itu semangatnya ^^

      Delete
  15. Eh aku baru tahu nih ttg GA ini. Semoga segera bisa menyetir mobil ya mbak

    ReplyDelete
  16. Aku juga pengen belajar nyetir mobil, Mbak. Biar bisa lebih mobile ke mana-mana :)

    ReplyDelete
  17. Semangat Maksist!!
    Sy juga pengen latiha yetir. Tapi yg gajari masih sok sibuk hahaha! Mudah2an 2016 udah bisa nyetir sendiri yaa

    ReplyDelete
  18. Terimakasih sudah ikut GA Tinta Perak mbak Irly, dan saya juga suka panik kalo di jalan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Uni..
      Tapi Uni sudah bisa nyetir kan ya ^^

      Delete
  19. Saya juga belum bisa nyetir mobil mbak, padahal sudah di kasih duit untuk kursus, tapi sampai sekarang belum berani pegang setirnya, masih enakan pegang setir motor,, hehe

    ReplyDelete
  20. asik asikk gomana resolusi tahun 2016 mbak e .. kalau saya pengen punya Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...