30 Mar 2011

Handkey si Satpam Presensi

Bimillahirrahmanirrahim...

Kantor, rumah, bank, sekolah, atau bangunan apapun itu wajar jika mempunyai satpam. Biasanya satpam bertugas sebagai penanggung jawab keamanan di bangunan yang diamanahkan padanya. Walaupun Satpam atau satuan pengamanan menurut Wikipedia adalah "satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya." Namun dalam prakteknya tidak jarang satu bangunan dijaga hanya oleh 1 orang petugas saja, bukan kelompok petugas lagi.

Berbicara mengenai satpam, akhir bulan ini kantor kami kedatangan tamu yang kontroversial...'Satpam presensi'. Nama kerennya seh Handkey, tapi untuk menyesuaikan nama dengan lidah setempat,*sekaligus dipelesetin* temans kantor biasa menyebutnya dengan Hengky! :D Rumor kedatangannya sudah lama terdengar dan akhirnya bertugaslah ia sejak Senin kemarin, dia tidak bertugas menjaga keamanan, tapi memindai sidik jari tiap-tiap pegawai, merekam kehadiran berikut waktu kedatangan dan kepulangannya. Handkey... satpam yang hidupnya tergantung pada listrik ini cuma bisa bernafas 10 menit jika listrik padam, tapi jangan salah..walaupun hidupnya tergantung pada listrik, tapi banyak orang dibuat ketar-ketir karna kehadirannya *tapi ada juga jenis Handkey yang memindai telapak tangan secara utuh dan memakai baterai hingga tahan beberapa jam jika tidak ada listrik*.

Mungkin di tempat temans sudah ada atau bahkan sudah lama menggunakan jasa si Handkey tapi boleh dong saya ikut cerita tentang dampaknya bagi orang ndeso macam kami*banggaaa :p* Ow ya...waktu sedang menulis cerita ini, saya tiba-tiba punya ide untuk melakukan survey kecil-kecilan terhadap temans kantor*-:). Jadi begini: Saya bertanya kepada 21 orang responden dengan pertanyaan"Suka kah anda dengan adanya Handkey?"pilihan jawabannya hanya 2: Ya atau tidak, mereka terdiri dari 11 orang laki-laki dan 10 orang perempuan*termasuk saya sendiri*, dari 10 orang perempuan, 5 diantaranya sudah menikah dan dari 5 orang menikah itu 4 orang diantaranya sudah mempunyai anak. Kenapa saya cerita detail tentang responden perempuan? Karna urusannya biasanya ribet, ya dandannya, ya ngurus anaknya, ya ngurus rumahnya, yaaa...gitu dehh!hehe
Menyesuaikan jam pribadi dengan waktu yang tertera di Handkey

Daaaan...survey mengatakannnn....12 orang menyatakan suka dan 9 orang menyatakan tidak suka dengan kehadiran Handkey si Satpam Presensi. Kalau untuk yang suka, biasanya pegawai yang sudah biasa disiplin atau pegawai yang ingin maju dengan menjadikan kedisiplinan sebagai salah satu pola hidupnya. Dan bagi yang tidak suka, pada dasarnya mereka menyadari arti penting hadirnya Handkey, tapi banyak juga alasan yang bagi saya secara sosial masuk akal untuk mengatakan tidak suka, beberapa dari mereka ada yang tempat tinggalnya sangat jauh dari kantor, apalagi alasan dari para ibu yang harus mengurus anak-anaknya sebelum berangkat ke kantor, rumah mungkin bisa dibersihkan setelah pulang kantor, tapi anak-anak..apalagi anak bayi, tidak bisa dimandikan kalau anak itu masih tertidur lelap*kejam banget.hihi*. Mungkin solusinya bisa dengan menggaji baby sitter, tapi... begitulah, tetap saja akan ada kontroversi, Handkey si Satpam Absensi, teman atau lawan??

8 comments:

  1. wah itu sudah resiko pekerjaan mbak.....hehehhe yang sabar ngadepin hengki...hehehehe

    ReplyDelete
  2. keren banget namanya hengky..,dilematis sebenarnya.tapi kalau Gue yang diminta pendapat,gue kayaknya tergabung deh ama 12 teman mbak,hehe(maaf ya...)

    ReplyDelete
  3. @Mas Arief: Iya...dua sisi mata uang..ada enak, ada juga ga enaknya :)

    @Mas I-One:Gabung ma 11 teman saya kali mas...karna yang 1nya tuh saya :D

    ReplyDelete
  4. kalau yang ini tidak bisa disuap dan dibohongi ya

    ReplyDelete
  5. Tunggu aja, nti lama-lama kan ada juga yang bisa ngakali si hengky itu ^^

    ReplyDelete
  6. untung dikantor saya nggak pake beginian, masih yang manual pake jam ceklok.. jelas, kalo gini nggak bisa titip2an absen donk.

    banyaak yang proteees.. *terutama karyawan yang biasa telat. hehehe

    ReplyDelete
  7. @Mas Joe: Kalo yang ini untuk sementara gak bisa mas*lho??*

    @Mbak Nova: Haluuww mbak..mana jempolnya?biar saya setorin ke Hengky..heheh :D

    @Mbak Putri: Rencananya seh gitu mbak.xixixixi...

    @Mas Gaphe: betul...jalan satu-satunya nitipin jempol ke teman
    *bolos/telatnya niat banget yak?:D*

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...