16 Apr 2015

Ketika Ransel Menjadi Media Unjuk Diri

Bismillahirrahmanirrahim...

Entah kenapa semalam saya masuk fase ngantuk tapi ditahan-tahan(lagi). Bukannya tidur malah asik nengokin medsos dan sigap mengetik bahan untuk postingan. Tapi yang bertahan lama jelas kepo di medsos. *Ih Dasarr!

Nah.. waktu wara-wiri inilah saya kepincut 1 judul artikel The Price Paid to Fit In in Elementary Schools in Korea? yang ternyata bercerita mengenai harga ransel yang dibanderol dengan harga fantastis! Yang menarik apa? Saya seperti kembali Ter-Pinocchio! Pasalnya, preambule artikel itu mengingatkan saya pada kasus yang dilaporkan oleh para wartawan (di Drama Pinocchio) mengenai harga tas ransel untuk anak sekolah yang dijual dengan harga yang sangat mahal. Tau kan? Di Mall milik ibunya Bom Jo ituuu.. *Yang ga ngerti iyain ajalah :D

Dan saat membaca artikel ini saya mulai ternganga-nganga *ini udah ga bisa dibedain antara kaget ama ngantuk..hihi. beneran mahal boookk!

"Backpacks are all the rage in South Korea, specifically for students. Even elementary school students. If you’ve heard all the hullabaloo about education in South Korea and the costs of the socially compulsory private lessons to go along with public school education, add some more to the list: backpacks going for up to 700,000 KRW (approx. 640 USD) from Randoseru, backpacks with special “spine protecting” padding or 14 karat gold studs and zippers, pencil cases going for up to 88,000 KRW (approx. 80 USD), pens for 30,000 KRW (approx. 27 USD). And let me repeat, for elementary school students."

 "Give me one of those backpacks and let me pay off a month of my college loan." kata penulis atikelnya. Bisa buat bayar biaya kuliah penulis artikel? Kalau saya biasa buat apa tuh? Iseng deh saya ngitung..

Ransel  700,000 KRW = Rp. 8.337.000
Tempat pensil 88.000 KRW = Rp.1.048.080
Pulpen 30,000 KRW = Rp.357.300

Itu harga maksimum. Ya ampuun.. saya gak jadi tinggal di Korea Selatan kalau gini caranya..batal..batal..batalll..*Songong abis. Saya sedih melihat angka segitu hanya untuk peralatan sekolah.. Jaman SD punya buku tulis berwarna merek Kiki aja udah mewah bangett tuhh, tapi jangankan Kiki, yang kertasnya kualitas Sinar Dunia aja saya gak punya! Buku tulis yang gambar depannya artis aja tuh.. yang harganya murah meriah.hihi..*Malah curhat. Kalau mau dibandingin harga tas sekolah yang harganya diatas Rp. 50.000 aja dulu itu udah waaah.. kalau sekarang kisaran Rp. 100.000 lah ya kalau tas sekolah anak SD dengan berbagai macam model dan warna. Jadi coba saya hitung dengan harga 2 kali lipat.. Masya Allah.. Rp.8.337.000 itu bisa buat beli 41.685 buah ransel! Apalagi kalau duitnya dipakai untuk beli sabun colek.*Ngokkk

Detail ransel dengan aplikasi emas 14 karat
*Bisa-bisa anak diculik karna awalnya tergiur ransel nih..ckck

Eh..artikelnya juga bahas tentang Drama Pinoccio ternyata, bahwa episode ransel bukan dibuat semata-mata untuk tujuan drama. Daaan sayapun bernostalgia tentang bagaimana Ha Myung harus merekam diam-diam Yoo rae yang menyamar jadi anak sekolah yang hendak membeli tas, demi sebuah investigasi berita! Ahh.. saya jadi rindu Drama Pinocchio lagiii..hiks..

Untuk biaya yang tinggi ini di KorSel bahkan muncul istilah baru yaitu "6 pockets" atau 6 saku, ini mengacu pada fakta bahwa untuk satu anak dibutuhkan 6 saku yang harus dibuka, yaitu dari ibu, ayah, kakek-nenek dari ayah dan kakek-nenek dari ibu bahkan di beberapa tempat ada yang 8 saku! Saku siapa lagi tuh yang harus dirogoh?? *Tutup saku rapat-rapat.

But in a society where everything is a competition – even jumprope, says one elementary student, who eventually worked her way up to the “top level” of jump ropers – having the best and most expensive backpack is a must.

The competition isn’t just for the children at school, it’s for the parents at home, too. One parent says, “When we were young we never got a lot of the stuff we wanted. It’s a vicarious satisfaction, when our kid gets what they want. And when our child is carrying something really nice, they get that attention, and people think, ‘What kind of people are that child’s parents?’ and through that, I look better.”

Benar bahwa orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, tapi kalau tujuannya buat ajang pamer kemampuan mah salah ya? Saat bisa menahan diri untuk memamerkan kemampuan itulah sesungguhnya "mampu" yang sejati. Kasihan kelompok masyarakat yang tidak mampu dan terkena imbas kesenjangan sosial semacam ini, akan ada saja orang tua/anak yang bukannya bersyukur malah kemudian merasa malu dengan apa yang sudah dimilikinya.

Ealaahh..jadi ingat, itu investigasi tentang ransel di Drama Pinochio kan diawali karna ada bapak yang mencuri ransel di Mall untuk anaknya, katanya tas teman anaknya bagus dan bermerek makanya bapaknya ingin memberikan anaknya yang bagus juga karna takut anaknya akan dibully.Hikss.. Eh.. Mending Cho In Ha ngasih ranselnya yang di-endorse dari
Bruno Magli itu ya? Harganya beda tipis, lebih murah 50 KRW sama harga ransel diatas. *Emang enak kalo ngomong doang mah.

Lebih jauh, ini bukan hanya masalah ransel, tapi gaya hidup yang sebaiknya bibitnya pun tidak dibiarkan tumbuh di lingkungan keluarga kita. Bersainglah untuk hal-hal yang bersifat akhirat, bukan yang bersifat duniawi. Kekurangan amallah yang harusnya membuat kita tertunduk malu*Eeeh..ini kok jadi berat banget bahasannya yak? :D
 " Berbagilah, maka kau akan kaya."

34 comments:

  1. EBUSEEEETTTTTT!!!!! Itu sekolahnya berapa bayarannyaaaaaa? :O : O :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..saya udah ga berani cari, kalau nggak harga ranselnya yang lebay ngalahin biaya sekolah, ya saingan ama biaya sekolah :D

      Delete
  2. Iiih seriusan kaya gitu?? Ya ampun berat amat hidup para orang tua yg punya anak sekolah disono yah? Ransel anak aku aja 70rb dapet 2 di emperan sukajadi. Hihihi... Mending di Jepang donk ya, anak sekolahannya pada pake ransel nobita yg item polos itu (eh masih ga? Jangan2 uda pake ransel berlian pula) (><)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 70.000 dapet 2?? Tadi waktu survei harga tas ke temen yang punya anak SD, harga 1 tasnya 80.000, wajib paham sih.. ongkirnyaa..haha

      Ranselnya si Cho In Ha itu malah keliatannya biasa lhoo..ga ada blink2nya di ranselnya itu..tapi tetep aja mahal.. apa kabar ransel kotak Nobita ya? :D

      Delete
    2. Hihihi... iya di kaki lima gitu... satu gede satu kecil sih...tapi lumayaaan awet koook... lagian anak2 mah sebentar juga ada karakter baru pasti pengen...makanya beliin yg murmer ajah..kl di tab komen ini bisa aplot foto,ta' fotoin deh :)))

      Delete
    3. Iya..saya yakinlah harga segitu di kota besar sudah bagus kualitasnya, di sini harga bisa 2x lipat bahkan lebih dari harga asal.. Tapi bener sih..kalo anak-anak tuh sukanya tinggal nunjuk kalau lihat yang baru walaupun tasnya masih bagus. Kan menggagalkan pengiritan yak? Hihi...

      Delete
  3. baca postingan ini aku jadi berhenti bermimpi untuk pindah ke korea hihihih...
    iya nih waktu nonton pinocchio sempet kesengsem sama ransel yang di pake choi dal po tapi, eh busset pas baca di salah satu artikel itu tas harga nya mahal banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh..ga jadi migrasi ya kita?hihi..
      iya..tas-tas mereka bisa buat hidup 2 bulan T_T

      Delete
  4. gigit jari,wakz...pulpen harga 3ooan ribu..kek mana bentuknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Au'lah tu pulpen, isinya sepertinya bukan hanya tinta, tapi juga kasih sayang *Eaaa :D

      Delete
  5. Kalo tas harga segitu, segaramnya berapa tuh? Kain termewah gt ato gmn ya hehehe

    Harga 8jutaan itu di sini udah dapet motor seken yg kondisinya bagus banget Maak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. udah jadi kendaraan yang bisa membantu banget buat aktifitas sehari-hari..ckck

      Delete
  6. astaga mihil bingit >.< jadi kangen nonton drama korea *lhooo

    ReplyDelete
  7. Kayaknya Korea itu emang enakan dinikmati dari kpop/dramanya aja, ya :D
    *kemudian balik nonton Let's Eat Season 2*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..bener, jangan niru gaya hidup apalagi sampai ikitan operasi-operasian..hiiiyyy....

      Delete
  8. Saya malah jadi penasaran sama drama pinochio..seseru itu kah?? rasanya booming bgt sampe tmn2 saya bela2in tidur sampe larut krna nontonnya naggung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..seruuu.. jangan dilewatin..baca reviewnya dulu kalau mau lebih meyakinkan lagi :D

      Delete
  9. Busyet dah, itu tas mahal amat. Di lapisi emas ya pinggiran dan dalamnya.

    ReplyDelete
  10. Memang akan selalu ada 'golongan' yang gak masuk akal kayak gitu sih Lyyy...
    Di Indonesia juga banyak kok...
    Gak usah jauh-jauh ke korea lah, itu tas nya Syahrini juga harganya ratusan juta kok hehehe..
    *males banget ini jadi ngebahas Syahrini sih*

    Akh, aku mah pake tas baru kalo ada yang nge-endorse dari blog aja udah cukup lah, males banget lah kudu beli-beli tas segala bhahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, emang bakal ada aja, Syahrini itu mah udah ketahuan ya? Tapi untuk ransel-ransel anak SD saya baru kali ini dengernya...jadi amaijing...

      Delete
  11. beeeuhhhhh ransel dilapisi emas makkkk? lalu saya apa dong, ransel saya banyak di rumah, paling mahil 500 rebuan itu juga buat hiking heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ransel saya dulu banyak, ga perlu beli..hasil pelatihan, ada tulisannya survei apa, sensus apa...sekarang pas udah gak dilapangan lagi jadinya beli sendiri, ga mau mahal-mahal biar duitnya bisa dipakai beli yang lain..hehe...

      Delete
  12. bisa buat beli motor itu XD
    tapi ya kalau orang yang kebanyakan duit sih gak masalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya.. udah bisa kemana-mana bahkan nganter orang lain kemana-mana^^

      Delete
  13. Banyak keiinginan kita bukan dilandasi oleh benar-benar membutuhkan hal yang kita inginkan tersebut, tapi faktor di luar kebutuhan yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Nah..investasi jangka panjang kalo kata mak dewi di bawah :D

      Delete
  15. ranselnya bisa buat investasi jangka panjang yak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr.. nanti hasil investasinya nilainya naik, tasnya malah turun harganya..

      Delete
  16. Replies
    1. Karna gigi udah terlalu mainstream..xixixi..

      Delete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...