25 Jul 2016

4 Cara Memindahkan Kontak Dari HP Non-Android ke HP Android

Ganti HP bukanlah perkara yang mudah, selain butuh uang untuk membeli HP yang baru kita juga seringkali dipusingkan oleh permasalahan pemindahan kontak dari HP lama ke HP baru, dan HP dijaman kekinian ini sudah sangat berkiblat pada OS yang berbasis Android maupun IoS
Selanjutnya saya bahas Android karena menggunakan smartphone dengan OS Android ya..

Sejak tahun 2012, saya sudah familiar dengan Android, adanya Galaxy Note 1 sangat membantu saya dalam melaksanakan aktivitas terutama kegiatan me time bersama deretan drama dan variety show Korea :D.


Tapi, saya tidak ambil pusing dengan yang namanya pindah kontak, karena di Note 1 itu memang hanya digunakan untuk nonton dan internetan saja, sedangkan untuk berkomunikasi, saya menggunakan HP Blackberry (BB). Dan saat memberi reward pada diri sendiri Oktober tahun lalu, saya memutuskan membeli HP lain untuk berjaga karena BB memang sering kali mengalami koma tanpa opname.

Nah, saat si BB sudah semakin sering koma, saya memutuskan untuk segera menyalin kontak, dan kegiatan ini tidak gampang. Siapa suruh kontak gak ditaruh di sim card. Fiuhhh.. 

Akhirnya saya memutar otak, bagaimana caranya agar proses pemindahan tersebut tidak terlalu menguras tenaga. Ini sih cara ala saya ya.. kalau ada yang lebih cepat lagi mungkin bisa sekalian di share untuk teman-teman yang membutuhkan.

1. Dari BB ke Android
Sambungkan kedua HP pada internet (melalui paket data atau wifi), kemudian kirim melalui aplikasi chatting seperti BBM atau WA, setelah diterima di Android, kontak yang diterima tadi bisa disimpan, kali ini pastikan anda menyimpannya pada google drive. Cara ini memang lumayan melelahkan, tapi setidaknya kita tidak perlu mengetikkan lagi satu persatu nomor HP yang ingin disimpan.

2. Nokia ke Android
Dalam hal ini saya menggunakan HP Nokia tipe N-73, yang sedihnya justru jauh lebih mudah memindahkan kontak dibanding dari BB ke Android. Cukup dengan menggunakan media bluetooth, sekali kirim, terima, 1 kontak langsung tersimpan. Lega banget rasanya, cepat dan praktis.

3. Meminta pertolongan teman/keluarga
Minta tolong? Trus minta tolong apa? Minta mereka untuk mengirimkan SMS ke nomor yang dipergunakan pada HP baru Anda. Ga usah panjang-panjang, isinya hanya perlu nama saja. Saat sudah diterima Anda bisa langsung menyimpannya. :)

4. Saat tak ada pilihan lain
Saat tidak punya pilihan lagi mau tidak mau Anda harus melakukan olahraga jari dengan mengetikkan satu persatu kontak ke HP baru anda. Melelahkan, tapi kita tentu tidak ingin kehilangan kontak dari keluarga, sahabat, rekan kerja maupun teman-teman.

Nah.. itu dia opsi-opsi yang biasanya saya pakai untuk memindahkan kontak dari HP Non-Android ke HP Android, walaupun cara ke-3 dan ke-4 juga bisa digunakan dari HP manapun. :)

Teman-teman punya cara lain? Share yuk di kolom komentar ;)

6 comments:

  1. saya kalo ganti hp dan mindahin kontak biasanya suami yang lakukan, saya tinggal tunggu beresnya saja, hihihi :)

    ReplyDelete
  2. Paling enak dan tidak bikin malu ya itu, olah raga jemari saja. Kan malu nanya atau minta tolong ke orang lain. Nanti dikira pamer hape baru.

    ReplyDelete
  3. kalau nomor 4 harus membutuhkan kesabaran dan kecepatan yang ekstra :)) hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...