26 Oct 2017

Hobi Yang Dibayar, Bukankah Itu Mimpi Setiap Orang?

Dulu, waktu saya masih menghabiskan banyak waktu di depan TV. Selain menikmati acara TV, mengagumi keindahan alam yang disajikan, saya juga sibuk berdecak kagum dalam hati, menghabiskan jatah iri pada host acara yang bisa berkeliling ke berbagai potongan surga yang berserakan di muka bumi ini sambil terus menerima bayaran.

Yup! Dulu saya sangat iri pada host acara jalan-jalan yang bertugas mempromosikan keindahan alam Indonesia kepada para penontonnya. Udah tau ya acaranya?

Bener.. My Trip My Adventure!!


Saya yang suka jalan-jalan ini membayangkan bagaimana menyenangkannya jika hobi saya tersebut bisa berjalan seiring dengan kebutuhan ekonomi mendasar setiap manusia. Uang.. Every body need it right?

Ya.. walaupun saya juga sadar bahwa tidak selamanya hal itu akan menyenangkan, akan ada duka juga pastinya, sama seperti pekerjaan lain, tapi bukankah melakukan hal yang disenangi/menjadi hobi itu akan membuat bekerja terasa seperti tidak sedang bekerja? :)

Sekarang...

Saya melepas besarnya rasa iri itu seiring merenggangnya hubungan saya dengan TV. :p Gak ding.

Jujur saja, selain tahu diri pihak TV tidak akan menerima saya, rasanya tidak mungkin melepas pekerjaan yang sudah saya jalani selama lebih dari 12 tahun ini. Dan sebut saja saya menemukan "jalan" untuk hobi yang sudah saya lakukan secara amatiran sejak zaman diary menjadi sahabat baik anak perempuan.

Menulis

Mungkin tidak seprofesional teman-teman yang menulis buku mulai dari antologi sampai buku yang hanya memajang namanya sendiri sebagai penulis. Blog menjadi jalan saya mewujudkan hobi yang dibayar.

Baca juga: Menjadi Bloger yang Merdeka

Sedikit saya ambilkan latar belakang pembuatan blog ini dari About Irly yang bisa dilihat di header blog:
Blog ini saya buat atas keinginan berbagi pengalaman dan hikmah selama bertugas di lapangan. Pengalaman yang tentu saja menyenangkan karena bisa bersosialisasi dekat dengan masyarakat. Walaupun tidak jarang dibutuhkan hati yang kuat karena selain rintangan selalu ada, kisah menyentuh hati juga bisa muncul tanpa terduga.
Sampai akhirnyapun saya sudah tidak terlibat langsung dengan lapangan saat ini, saya berharap pengalaman dan hikmah yang saya temui dalam kehidupan sehari-hari bisa saya sampaikan melalui blog ini.
Belakangan, blog ini saya buat mengikuti passion saya, tidak hanya mencoba berbagi tapi juga mengikuti hobi.
Daannn.. belakangan juga saya baru tahu bahwa blog ini, kesenangan curhat menulis ini, bisa menghasilkan, walaupun tak banyak, walaupun kadang tawaran datang dengan sendirinya, walaupun kadang kami sesama bloger juga harus mengisi form kerjasama yang tak berujung.

Naah kaaaan.. Curhat lagii.. Haha..

Oke, saya cuma memberi gambaran saja, bahwa ada jalan untuk membuat mimpi itu menjadi nyata, dan tak melulu harus jalan-jalan atau menulis blog. Seperti yang dituliskan Mak Diah Alsa di tulisan berjudul Hobby yang dibayar ada banyak profesi yang berawal dari sekedar hobi, misalnya fotografi, memasak, menulis, desain ataupun crafting.

Tidak punya hobi yang sama dengan yang sudah disebutkan di atas? Santai, tulisan di atas bukan patokan baku atau batasan terhadap jenis hobi yang bisa menghasilkan kok. Misalnya nih ya, kamu sukanya main lego, tinggal dilihat peluang usahanya seperti apa, mungkin bisa dibentuk jadi action figure dan dipasarkan ke grup atau komunitas yang suka mengoleksi pajangan action figure.

Atau mungkin kamu hobinya belanja, (ini saya juga sih, hehe..) Jadi kamu bisa menyalurkan hobi belanja tersebut dengan berbelanja langsung atau belanja online melalui tempat berbelanja terpercaya seperti hijup.com dan menjualnya kembali dengan mengambil sedikit keuntungan. Percaya deh, tidak semua orang punya waktu untuk memilah-milih pakaiannya di internet, yang notabene dianggap mudah dan murah sekalipun, target pasarnya ya mereka-mereka ini. Ssst.. saya sudah mencoba lhoo ^^
Intinya, kalau mau mencoba dan berusaha mencari tahu, akan ada jalan untuk mewujudkan hobi yang dibayar. Iya gak? :)

Jadi, hobi kalian apa teman-teman? Sudah bisa menghasilkan kebahagiaan batin dan ekonomi juga? Hihi..

Share di kolom komentar ya ^^

7 comments:

  1. Bekerja sesuai dengan hobi sangat menyenangkan. Jadinya segalanya berjalan dengan enteng dan tidak ada kata berat.

    Dan alhamdulillah, hobi menulis dan merencanakan sebuah desain yang saya jalani sudah menghasilkan pula. Nggak banyak memang, tapi rasa bahagianya sudah saya rasakan.

    ReplyDelete
  2. Hobi belanja jg bisa dibayar kan yaakk.. Ihaaaaa.. Mari banyak2 hunting jilbab yukks, eehh.

    Hobi yg dibayar itu emang menyenangkan yaahh. Mengerjakannya ndk jadi beban. :)

    ReplyDelete
  3. Benar sekali. Waktu menjalaninya senang, uang pun juga mengalir. :D Alhamdulillah, berprofesi sebagai blogger.

    ReplyDelete
  4. Betul banget tuh :D Itu memang mimpi setiap orang. Dan kita harus bersyukur, ya? :D

    ReplyDelete
  5. aku juga dulu pengen banget jadi host MTMA wkwkwk namun seiring usia aku sudah pengen jadi penulis aja apalagi bisa sampe keluarin buku :p

    ReplyDelete
  6. Menjalani hobi yang dibayar itu bahkan nggak mikir akan dibayar atau tidak, eee tau-tau mendapatkan bayaran. Betapa senangnya :)

    ReplyDelete
  7. bebas melakukan sesuatu yang kita sukai saja sudah senang banget yaa apalagi dibayar pula, surga banget lah itu, hehehe :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...