24 Sep 2018

Memilih Kosmetik yang Aman Saat Hamil

Berbadan dua atau sedang dalam kondisi hamil membawa sang ibu pada keadaan harus memilih dan lebih selektif. Banyak hal yang melibatkan opsi ini, mulai dari makanan, pakaian sampai pada penggunaan kosmetik. Berbicara tentang kosmetik gini berasa biuti bloher gak seeeh? Hihi..
Gak juga dong, emang biuti bloher ajah yang pakai kosmetik? Semua orang (apalagi wanita ya) pasti ingin tampil kece, minimal gak kucellah yaa.. Apalagi kalau kulitnya termasuk dalam kategori sehat. Duh.. Seneng banget pastinya. Termasuk ibu hamil yang tetap ingin tampil cantik tanpa mengganggu perkembangan janin. Hehe..

Nah, kali ini saya sedang kesambet bahas kecantikan lagi. Haha.. Gak ding.. Emang ini kewajiban, biasa utang nulis saya banyak *Duh.. ini jadi semacam beban hidup yaah?! Haha.. Jadi Bulan lalu si Beauty Blogger di Be Molulo jenk Dita, memberikan trigger post yang bertema kecantikan Beauty Talk, I Can't Life Without You jadi yang dibahas itu, yang basic banget dalam memenuhi kebutuhan hidup kulit wajah kita.

Kalau temanya seperti itu, saya yang sedang hamil ini tidak perlu susah payah memikirkannya. Apalagi kalau bukan  karena seleksi yang terjadi demi kebutuhan hidup kulit dan perkembangan janin yang tentunya saya harapkan tidak terkena dampak buruk kosmetik. Emak butuh cantik, tapi sungguh, bagaimanapun anak akan menjadi prioritas. Iya kan?


Saya lampirkan beberapa kandungan kosmetik yang harus dihindari oleh ibu hamil, hasil menggalau membaca saat sudah tahu saya positif hamil beberapa bulan yang lalu. Antara lain:

1. Retinoid
Bahan ini biasanya dapat ditemukan dalam kosmetik anti penuaan, obat jerawat dan pemutih ini sebaiknya dihindari saja ya karena efeknya cukup berbahaya.

2. BHA atau Beta Hydroxy Acids
Biasa ditemukan di obat jerawat atau produk pengelupasan kulit, ini wajib diwaspadai lho!

3. Tetracycline
Sejenis antibiotik yang bahaya kalau dikonsumsi saat hamil. Konsultasikan subtitusi obat ini dengan dokter ya.

4. Hydroquinone
Tak hanya wajib diwaspadai pada ibu hamil karena dikhawatirkan bisa memberikan efek yang buruk bagi janinmu.

5. Phthalates
Bahan yang biasa ditemukan di pewarna kuku atau parfum ini juga sebisa mungkin dihindari, demi menghindari penyesalan di kemudian hari.

6. Formaldehyde
Biasa ditemukan di produk pelurus rambut, pewarna kuku dan lem bulu mata ini konon zat karsinogen yang memicu kanker lho.

7. Toluene
Seringkali ditemukan ditemukan di pewarna kuku. Satu lagi alasan kenapa pakai pewarna kuku nggak boleh asal-asalan buat ibu hamil.

8. Amoniak
Sudah nggak asing kan sama amoniak? Bahan ini sangat sering ditemukan di formula pewarna rambut.

9. Dihydroxyacetone
Meski mungkin akan jarang terpapar di orang Indonesia, kamu pun wajib mewaspadai dihydroxyacetone yang menjadi bahan untuk spray penggelap kulit.

10. Thioglycolic Acid
Saat hamil atau menyusui, ada baiknya melakukan waxing atau cukur rambut di area yang diinginkan secara konvensional saja daripada terpapar kandungan thioglycolic acid ini.

11. Botulinim Toxin
Bahan yang biasa dikenal dengan nama botox ini juga sebaiknya dihindari saja ya kalau nggak perlu-perlu amat.

Sumber: https://www.hipwee.com/young-mom/dear-calon-mama-ini-lho-12-kandungan-kosmetik-yang-perlu-dihindari-saat-hamil-nggak-mau-kan-kamu-dan-janin-kenapa-napa/
***

Nah, biar tetap sejalan dengan postingan Dita, sekalian saya ceritakan pilihan kosmetik dan hasil memangkas pemakaian kosmetik saya hanya pada kebutuhan yang sangat mendasar saja yess.. Walaupun produk yang saya gunakan selalu saya pastikan sudah terdaftar di BPOM, walaupun pada akhirnya kulit saya tidak secerah dan semulus saat sebelum hamil. Setidaknya saya butuh kosmetik-kosmetik ini. Apa saja kosmetik yang saya gunakan saat sedang hamil?

1. Pembersih wajah
Saya menggunakan pembersih wajah merek Wardah, karena kulit saya berminyak saya menggunakan Wardah Facial Foam. Ini wajib banget walaupun saya kalau udah ngantuk bisa jadi gak cuci muka juga. Jorok? Entahlah, harus mendahulukan mana, bersih-bersih atau tidur karena takut gak bisa tidur lagi, kalau gak bisa tidur urusannya panjang kemana-mana apalagi untuk ibu hamil seperti saya. *Alesyaaaan!! Haha :p

2. Sun Care
Saya menggunakan Wardah Sun Care Sunscreel Gel SPF 30, fungsinya ya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sekaligus melembabkan kulit. Rutin menggunakan ini sebelum ke kantor atau keluar rumah membuat saya merasa lebih terlidung. Ya, walaupun memang kulit tetap saja menjadi lebih gelap dibanding saat sebelum hamil. Setidaknya ni wajah gak belang-belang amatlah. Cukup hidung saja *Eh :D

3. Foundation
Nah ini.. Entah kenapa saya tidak bisa lepas dari foundation. Saya menggunakan Pixy UV Whitening Stick Foundation. Kalau kepoin di internet sih, sekarang sudah ada produk barunya, foundation sekaligus concealing. Dari dulu selalu gunakan produk ini dulu baru kemudian bedakan.

4. Bedak
Bedak ini sesuatu yang sangat basic juga untuk saya. Maklum, wajah yang diberi anugerah sumber minyak melimpah ini akan sangat gampang terlihat kusam. Dengan adanya bedak, kekusaman akan mudah tersamarkan dari muka bumi. Hahaha.. Dan saya cocoknya pakai Pixy UV Whitening Two Way Cake Perfect Fit. Belajar bedakan pakai ini dan sampai sekarang gak pernah lepas. *Orangnya susah berpaling ke lain hati. Hihi..

5. Pensil Alis
Ini nih yang sering dikomentarin Abang, kegiatan gambar menggambar di pagi hari, tapi tetap aja jalan. Haha.. Seperti bedak, saya juga belajar menggambar alis dengan satu merek. Pensil alis Viva, kebanyakan juga sepertinya menggunakan merek ini. Hehe.. Awalnya saya menggunakan warna coklat saja, beberapa minggu terakhir saya menggunakan dua warna, hitam untuk bingkai dan coklat untuk isian. Ada style baru kata Abang yang memperhatikan saya sedang menggambar. :D

6. Lipstick/Lipgloss
Dan yang paling akhir dari rangkaian kosmetik yang saya gunakan adalah lipstick atau lipgloss. Keduanya saling melengkapi. Saya tipe yang bibir kering dulu baru pakai lipgloss, sungguh sangat perhatian kan yah? Ckck..

Untuk lipstick saya menggunakan berbagai merek, kalau warna sih gak jauh-jauh dari mocca, pink atau coral gitu. Kalau merek Purbasari habis, saya cari warna yang sama dengan merek Wardah atau Viva. Udah gitu ajah, pakainya tipis-tipis, kalau ke pesta aja pakainya agak tebal biar efek matte-nya lebih nampol.

***

Udah sih, cukup 6 rangkaian itu kalau mau keluar rumah. Kalau sudah balik dari kantor kembali ya kembali pakai pembersih wajah saja. Nanti setelah melahirkan sajalah baru kembali perawatan bersama krim malam dan segala rangkaian pencerah warna kulit itu, yang sekarang sekedar perlindungan saja dulu. So far juga hasil USG janin alhamdulillah gak ada masalah. Soalnya kalau baca-baca artikel tentang bahaya kosmetik dan kehamilan, agak ngeri juga. Siapa yang mau saraf anak terganggu atau adanya cacat pada anak dikarenakan ibunya kurang teliti dalam memilih kosmetik. Duh, semoga anak kita terhindar dari segala keburukan ya buibuuu..

Gimana dengan teman-teman bumil yang lain? Pastinya tetap waspada dengan kandungan bahan berbahaya di dalam kosmetik kan ya?

1 comment:

  1. beeuuh banyak diii yg ndk bolehnya..
    hmm, untungnya saya malasji makeupan jadi jarang kepo ttg kandungan itu *upsss

    gimana mau makeupan klo baru 5 menit depan cermin sudah dibawelin, huuuffft

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...