20 Jul 2016

Sup Ubi Waode Aho, Sup Ubi yang Melegenda di Raha

Hai.. ketemu lagi di Rabu Review.. Kali ini saya review tentang makanan ya! ^^

Dari Judul sudah ketahuan ya, saya akan me-review tentang Sup Ubi, sebelumnya saya pernah menulis juga tentang Sup Ubi favorit saya di Kota Kendari, kali ini Sup Ubinya di Raha, Kabupaten Muna. Sedikit penegasan, kami di Sulawesi menyebut singkong sebagai ubi dan ketela rambat sebagai ubi jalar, biar gak ada yang bingung lagi seperti di blogpost sebelumnya yaaa ^^

Baca juga: Sup Ubi Podo Teko


Pernah 7 tahun lebih bertugas di Kota Raha, saya tentu punya tempat makan favorit. Salah satunya adalah Sup Ubi Waode Aho. Warung makan sup ubi yang sederhana ini sebenarnya tidak mempunyai nama, jadi oleh pengunjung diberi nama sesuai nama pemiliknya (sekarang sudah almarhumah). Sekarang usaha ini dilanjutkan oleh suaminya.

Sepi menjelang Maghrib

Sup Ubi Waode Aho adalah salah satu makanan yang sering kali kami (bersama teman kantor) datangi, apalagi saat musim hujan, rasa nikmatnya bertambah karena menjadi penghangat saat cuaca dingin. Pun jika kami tidak sedang ingin menyantap sup ubi, warung makan ini tetap jadi rujukan saat ingin ngemil. Rasa ubi (singkong) gorengnya kawin banget sama sambalnya. Ubinya empuk, sambalnya endess.. enak banget! Oh ya.. sambal untuk ubi gorengnya beda dengan sambal untuk sup ubinya lho!

Seperti umumnya warung makan, meja makannya tentu telah dibekali dengan berbagai jenis bumbu, bedanya (dengan sup ubi Podo Teko) tidak ada lontong ataupun buras di warung makan ini. Tapi pembeli diperbolehkan menambah ubi goreng. Sama saja kan sumber karbohidrat juga? Saya sendiri lebih suka dengan konsep penambahan ubi goreng ini. ^^

Seporsi sup ubi dan ubi goreng lengkap dengan sambal endessnya! ^^

Walaupun produk utama warung makan ini adalah sup ubi, namun pembeli dibolehkan hanya membeli ubi gorengnya saja, penjualnya memang sudah stok banyak ubi, bahkan kadang ubinya baru saja selesai digoreng. Kebayang enaknya ubi goreng hangat dicocol ke sambal. Hmmm... Sayang banget jauh dari Kendari. Makanya waktu libur akhir tahun lalu saya sengaja singgah di kabupaten ini, bernostalgia di tempat wisata maupun kulinernya.

Sup ubinya dijual dengan harga Rp. 13.000/porsi dan ubi gorengnya dijual seharga Rp.5.000/4 potong. Murah meriah dengan rasa yang memuaskan! *Ngeces*

Kalau sempat mengunjungi Kabupaten Muna, cobalah sup ubi yang melegenda di Kota Raha ini, dijamin enak!

Sup Ubi Waode Aho
Jalan Gatot Subroto (Gatsu)
Kelurahan Laiworu
Kecamatan Batalaiworu
Kabupaten Muna
Sulawesi Tenggara
Buka: Setiap hari
Pukul 11.00 - Habis

12 comments:

  1. Ternyata ubi di sulawesi adalah singkong
    #manggut2

    O itu singkong goreng dipisah dengan kuah supnya yah kak ir, kupikir tadinya nyampur gitu
    Itu bulet buletnya kacang merahkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ikutan manggut-manggut, abisnya tak kirain ubi teh seperti halnya ubi cilembu, ternyata teh singkong yah....kayanya sup ubi waode nya lezat tuh...bagi ih

      Delete
  2. Ih, kayaknya enak tuh Ir... Di Kalbar juga ada kuliner tradisional dari ubi. Nanti deh ya, klo bikin saya tulis juga di blog. Tukar info biar tambah ilmu kita. ^^

    Thanks for sharing, Ir..

    ReplyDelete
  3. Enak banget kayanya sup ubi pas ujan2 lg. Ngileerr

    ReplyDelete
  4. Ya ampun ubi tuh singkong yah. Kirain ubi beneran. Dulu aku bilang ke mertua mau beli ubi, mertua bingung ubi apaan, ternyata ngertinya telo, ahaha.

    ReplyDelete
  5. kalo di Bau-Bau, sup ubi banyak kita temukan di kota mara :)

    ReplyDelete
  6. Sup yang mengenyangkan ya mbak Ir, ada bakmi dan ubi/singkong. Kalau saya sih biasanya makan singkong goreng dimakn gitu aja nggak pakai cocolan. Jadi pengin nyoba nih makan singkong dicocol sambal :)

    ReplyDelete
  7. sup ubi ?
    aku ngebayanginya kayak gimana gitu ,,,

    ReplyDelete
  8. Makanan yang sering saya incar kalau udah ikut 17 Agustusan. Biasanya kalau sudah ke ibukota kecamatan, selalu cari warung yang jual beginian.

    ReplyDelete
  9. wah baru tahu kalau ubi bisa jadi sup, jadi penasaran

    ReplyDelete
  10. ooh baru tau kalau ubi bisa dijadikan sop..kayaknya segerr gitu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya.

Untuk teman-teman yang mencari kontak saya tapi membaca melalui HP, silakan klik versi website, bisa dilihat laman kontak, atau menghubungi melalui sosial media yang tertera di sebelah kanan tampilan blog.

Jangan lupa difollow yaa.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...