29 Mar 2016

11 Perbedaan BBM di Blackberry dan Android


Menggunakan BBM sejak tahun 2011-an, dan mulai menggunakan BBM android sejak akhir tahun 2015 lalu membuat saya merasakan perbedaan-perbedaan yang cukup mencolok dalam 2 aplikasi ini. Yang pernah menggunakan BBM langsung dari BB (kemudian akan saya sebut BBM) kemudian menggunakan BBM di Android (kemudian akan saya sebut BBM-A) mungkin akan sependapat dengan pengalaman saya.. apa saja perbedaan-perbedaan itu? Here we go...

1. Kualitas Display Picture (DP)
Yup.. yang ini terasa sekali, DP di BBM kualitasnya cenderung bagus dibandingkan dengan DP di BBM-A. Pada BBM-A gambar akan selalu mengalami pembesaran, makanya hasil gambar di BBM-A cenderung pecah.

2. Tampilan Recent Update
Nah.. yang juga sangat terasa bedanya adalah tampilan yang berbeda pada recent update. Pada BBM recent updatenya muncul dalam bentuk list dan singkat, kita bahkan bisa mengatur berapa jumlah recent update yang ingin ditampilkan. Akan tetapi pada BBM-A, memang juga disajikan dalam bentuk list, hanya saja "too much", dalam 1 tampilan layar hanya akan terlihat 2 atau 3 kabar, jauh lebih sedikit dari BBM. Setelah menggunakan BBM-A saya mengerti kenapa teman saya sangat malas membaca recent update. Seperti saya sekarang :D

3. Iklan
Tidak ada iklan pada BBM, tapi pada BBM-A, iklan berseliweran dengan menjengkelkan pada recent update. Mungkin ini juga yang mempengaruhi kemalasan untuk kepo membaca recent update.

4. Kecepatan Pengiriman Pesan
Ini benar-benar tidak berdasar, hanya saja banyak teman yang mengatakan bahwa BBM android lebih lama dalam mengirim atau menerima pesan. Entah terkena sugesti dari teman atau tidak, yang jelas saya juga merasakan hal yang sama.

5. Pengiklan bebas mengirim permintaan pertemanan
Buka BBM-A ada notifikasi permintaan pertemanan, setelah dicek ternyata dari pihak pengiklan. Mengganggu, tapi iklan ini memang ciri khas aplikasi gratisan sih. LOL.

6. Emoticon/emoji
Setelah tadi perbedaan yang kurang mengenakkan dari BBM-A, sekarang emoticon menjadi keunggulan, emoticon yang tersedia di BBM-A lebih banyak dan lebih ekspresif dibandingkan yang ada di BBM.

7. Tombol like dan Timer Chat
Saya gabungkan saja karena jarang menggunakan 2 fitur ini. Seperti namanya, timer chat akan memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengatur waktu terkirimnya pesan, waktu yang diberikan adalah 5-60 detik. Tapi saya belum merasa perlu menggunakan fitur ini, selain karena jaringan, sudah terkirimpun chat yang kita kirimkan belum tentu langsung dibaca. Sedangkan untuk tombol like yang belum lama ditambahkan di pada BBM-A, fungsinya sama saja seperti Facebook.

8. Grup
Saat belum menggunakan BBM-A, saya heran karena gambar yang dikirimkan oleh teman-teman tidak bisa saya simpan atau komentari. Setelah menggunakan BBM-A saya baru menyadari bahwa ada pada grup BBM-A gambar menyatu di dalam chat, sedangkan pada BBM gambar dan forum diskusi akan terpisah, mungkin inilah sebabnya saya tidak bisa menyimpan dan mengomentari gambar secara terpisah.

9. History pada recent update
BBM tentu saja punya history pada recent updatenya, hanya saja bersifat kumulatif dan mempunyai batas waktu tertentu. Sedangkan pada BBM-A recent update yang walaupun juga punya batas waktu 24 jam, tapi disimpan secara perorangan, tinggal klik nama, lihat profil kemudian historynya akan muncul. Ini penting untuk yang kepo.

10. About your DP / Status
Ada kemudahan berkomentar yang akan membuat teman yang ingin chatting bisa lebih nyambung di BBM-A, jika melihat update foto seseorang, kita tinggal klik aktivitasnya (ganti DP atau ganti status) kemudian berkomentar. Kadang kan suka gak nyambung ya yang chat ini ngomongin apa ujug-ujug komentar, ternyata tentang DP atau status. Dan yang kadang juga bikin gak nyambung adalah, yang punya DP/status sudah ganti lagi, tapi tampilan di HP kita masih sama. Fitur ini jelas mengurangi kemungkinan miskomunikasi.

11. Kategori pada kontak
Satu lagi yang hampir saya lupakan adalah, pada BBM-A kontak yang ada di aplikasi tidak bisa dikategorikan dalam sebuah nama, misalnya: Teman blog, teman kantor, teman kuliah, dll. Walaupun ada fitur pencarian tapi tetap saja adanya kategori akan lebih banyak membantu.

Nah.. itu dia perbedaan-perbedaan mencolok yang saya rasakan, bagaimanapun berpindah dari BBM ke BBM Android akan membutuhkan penyesuaian, untuk yang langsung menggunakan BBM Android ini bisa sebagai tambahan pengetahuan.

Bagaimana? Ada yang merasakan hal yang sama?

11 comments:

  1. ci eneng udah tau perbedaan pakai BBM di Blackberry dan di ANdroid sampai sebelas poin, lah saya malah punya akun BBM ajah juga nggak, hadeuh nggak kekinian banget ya saya teh atuh

    ReplyDelete
  2. belum pernah pakai BBM di BB asli cuma banyak yg bilang enakan pake BBM di BB

    ReplyDelete
  3. Suka sebel deh kalau di RU BBM Android suka banyak iklan-iklan gitu, jadi kerasa ngeganggu aja gitu :(

    ReplyDelete
  4. Iklannya emang bikin jengkel. Tapi kalo utk menunjang kegratisan yaa pa boleh buat

    ReplyDelete
  5. sampe sekarang saya masih nyaman pake yang BBM dan belum tertarik menggunakan BBM-A :)
    kalo yang no. 9 itu bisa jhe juga di lakukan di BBM, saya sering melakukannya kalo kepo dengan seseorang *LOL*

    ReplyDelete
  6. Baru tahu aku mbak, karena dari awal pakai BBM Android :)

    ReplyDelete
  7. Paling pengaruh dan bikin gedek itu di DPnya X(

    Pecah mulu, padahal poto2 bagus.. hiks..

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya BBM sih sudah OK tapi karena sering menggunakan BBM-A yang lemot dan kalah fitur dengan aplikasi chat lainnya akhirnya sudah jarang pakai BBM :)

    ReplyDelete
  9. To be honest: sebenarnya saya jg lbh suka BBM ori daripada yg versi A, tp apa daya, si bb kayaknya sudah lelah dgn jempolku, huhuhh

    ReplyDelete
  10. Ada yg udah pakai Aurora ga ya? Nah klo ntu gimana ? Apa sama aja ky bbmA?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...