14 Mar 2016

Tips Memilih Helm Motor yang Aman dan Nyaman Digunakan


Berkendara menggunakan mobil bisa dikatakan jauh lebih aman dibandingkan dengan motor, karena bagian dalamnya tertutup sehingga jika terjadi benturan atau apapun pastinya tak akan membuat pengendara mengalami goncangan, bahkan karena beroda 4 tentunya keseimbangan tetap terjaga. Namun berbeda dengan kendaraan roda dua, sedikit saja benturan bisa mengakibatkan kecelakaan, dampaknya akan jauh lebih parah lagi saat pengendara tak menggunakan alat pelindung yaitu helm motor. Bagian yang satu ini berfungsi untuk melindungi bagian paling vital yaitu kepala.


Bisa dikatakan bahwa kepala adalah bagian paling rawan saat terjadi kecelakaan, untuk itulah ditetapkan aturan bahwa pada saat mengendarai kendaraan roda 2 diwajibkan baik itu pengemudi maupun yang dibonceng harus menggunakan pelindung kepala tersebut, memang ada berbagai macam alasan yang mengharuskan seorang pengendara menggunakan alat yang satu ini, khususnya demi mereka sendiri, namun tak semua helm juga bisa dijadikan sebagai pelindung, nyatanya belum tentu yang banyak diperjualbelikan di pasaran memenuhi standard keamanan. Begitu juga dengan perlengkapan pendukung lainnya seperti jaket motor yang banyak di jual di pasaran.
Jadi bagi Anda yang memutuskan ingin membeli perangkat yang satu ini berikut beberapa tips sebelum memilih helm motor yang tepat, yaitu: 

Sesuaikan dengan ukuran kepala, sangat salah jika Anda mengatakan bahwa semua helm cocok untuk Anda, karena nyatanya setiap orang memiliki ukuran kepala berbeda. Menyesuaikan dengan ukuran kepala ini sangat penting agar saat terjadi benturan yang kuat helm tersebut tak jatuh pada saat Anda pakai, jadi sebaiknya dicoba terlebih dahulu sebelum membelinya. Hindari pemilihan yang terlalu longgar maupun terlalu sempit karena akan terasa tidak nyaman saat dipakai.

Bentuk helm haruslah memenuhi standard keamanan, standard yang telah diberlakukan yaitu pada bagian luar dapat melindungi seluruh bagian kepala, namun memiliki satu bagian yang memungkinkan untuk mendapatkan jarak pandang yang sesuai. Salah satu helm yang direkomendasikan adalah jenis helm full face SNI . Bahan yang digunakan haruslah cangkang yang tebal sehingga pada saat jatuh mampu melindungi kepala Anda dari benturan dan tak pecah.

Gunakan helm dengan berat yang cukup, artinya tak terlalu ringan sehingga mudah jatuh maupun terlalu berat sehingga membebani kepala Anda, helm jenis ini biasanya akan mempengaruhi fokus saat berkendara.

Visor yang tak terlalu gelap, mika berpengaruh pada jarak pandang Anda saat berkendara, saat memutuskan untuk memilihnya, pastikan cahaya yang dibutuhkan mata pas, tak terlalu gelap maupun terlalu terang agar mata tetap bisa melihat secara normal.

Salah 1 contoh helm dengan visor yang tak terlalu gelap dan memiliki logo SNI

Pastikan bahwa helm tersebut dibekali dengan sertifikat keaslian produk yang sudah lulus dari standard keamanan yang ada.

Perhatikan juga fitur unggulan yang mungkin Anda dapatkan, biasanya semakin canggih helm harga yang ditawarkan juga cukup mahal.

Bagaimana, mudah bukan memilih helm motor yang aman dan nyaman untuk digunakan?

Setelah dipilih dengan baik dan benar, jangan lupa helmnya dipakai di kepala ya.. Jangan dianggurin di rumah lalu berkendara tanpa helm, atau... dibawa tapi pakainya di lutut atau di siku. Penting nih!^^

10 comments:

  1. waduh,kalau sampai sedemikian mendetailnya saat milih helm, bakalan nggak jadi berangkat deh nih :)

    ReplyDelete
  2. nice info mba... safety memang harus nomor 1

    ReplyDelete
  3. harus nabung buat beli helm bermutu berstandar SNI ..

    ReplyDelete
  4. Kadang suka lupa dengan peran utama dari helm itu sendiri, gara-gara kepincut sama model dan dsainnya terlebih dahulu. Terimakasih Informasinya :) jadi koreksi diri sendiri

    ReplyDelete
  5. di daerah saya banyak anak alay make helm nya di lutut pas dibonceng motor,
    saya bingung apa otaknya disitu juga hehe..
    pas banget infonya mbak, thanks.

    ReplyDelete
  6. sepertinya helm yang saya punya sudah memenuhi semua standar yang disebutkan di atas :)

    ReplyDelete
  7. saya pakai helm bawaan dari dealer mbak. malah dah standar betulan itu. yang belum tuh SIMnya. hihi...

    ReplyDelete
  8. Aku kdg klo yg fullface gitu, suka puyeng..
    Klo jarak dkt, biasanya pada no helm..

    ReplyDelete
  9. Kalo nggak pakai yg fullface suka nggak kuat apalagi udara dinginnya Malang saat malam hari. Harus ditangkal dg penutupnya hihihi ... makasih infonya mak ..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, mohon untuk tidak berkomentar sebagai Unknown atau Anonymous. Komentar dengan link hidup dan broken link akan dihapus, jadi pastikan untuk mengetik alamat blog dengan benar ya. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...